5 Tips Menggunakan Mesin Cuci Dengan Benar, Supaya Baju Tidak Gampang Rusak!

5 TIPS MENGGUNAKAN MESIN CUCI DENGAN BENAR, SUPAYA BAJU TIDAK GAMPANG RUSAK!


Tips Menggunakan Mesin Cuci Dengan Benar-1.png

Mesin cuci adalah salah satu perabotan rumah yang sangat membantu mengurangi beban pekerjaan rumah tangga. Dengan mesin cuci, sobat AQUA Japan tak perlu lagi repot-repot merendam, mengucek dan memeras baju sebelum digantung di jemuran. Cukup memasukkan tumpukan baju ke dalam mesin cuci lalu dinyalakan dan kamu bebas melakukan hal lain sambil menunggu sampai selesai. Tapi ada beberapa hal yang bisa sobat AQUA Japan lakukan untuk memaksimalkan manfaat dari mesin cucinya agar cucian selalu bersih dan bajunya tidak mudah rusak. Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan mesin cuci dengan benar.

1. Memisahkan pakaian

Sama seperti mencuci baju dengan cara tradisional, jika menggunakan mesin cuci disarankan untuk memisahkan pakaian berdasarkan warna. Pewarna pada pakaian, terutama yang masih baru, mudah luntur saat dicuci. Daripada membagi pakaian berdasarkan warna masing, biar lebih mudah, bagi pakaian antara yang berwarna terang dan gelap.

  • Warna gelap termasuk hitam, abu-abu, biru gelap, merah hati, dan ungu gelap
  • Warna terang termasuk warna pastel seperti putih, pink, kuning, biru muda, hijau muda, dan ungu muda
  • Karena jeans cenderung mudah luntur, disarankan dicuci terpisah dari baju yang lain

Sebaiknya berat bahan juga menjadi pertimbangan saat membagi cucian. Baju berbahan ringan seperti pakaian dalam jangan dicuci dengan pakaian biasa karena dapat merusaknya. Handuk, jaket tebal atau baju berbahan wol tidak disarankan untuk dicuci bersama baju biasa karena dapat merusak baju biasa.

2. Memasukkan pakaian

Jika kamu pikir untuk mencuci pakaian cukup memasukkan baju kotornya ke dalam mesin cuci, pastikan bajunya tidak di tumpuk begitu saja. Jika baju tidak dimasukkan ke dalam mesin cuci dengan benar, mala jadi boros air dan deterjen. Ada beberapa mesin cuci yang memberi kita opsi untuk memilih jumlah air yang digunakan untuk mencuci baju. Pengaturan air berdasarkan banyaknya baju yang kamu cuci sebagai berikut:

  • Untuk beban baju ringan, isi baju sampai sepertiga dari mesin cuci
  • Untuk beban baju sedang, isi baju sampai setengah dari mesin cuci
  • Untuk beban baju penuh, isi baju sampai tiga perempat dari mesin cuci

3. Mengatur putaran mesin cuci

Siklus dari mesin cuci yang kamu pilih untuk mencuci baju harus sesuai dengan bahan pakaian yang dicuci untuk memaksimalkan kemampuan mencucinya sekaligus menjaga keawetan pakaian. Berikut adalah penjelasan singkat dari pilihan siklus yang pada umumnya terdapat pada mesin cuci.

  • Siklus Normal: Cocok untuk membersihkan pakaian kotor dan mencuci baju harian.
  • Siklus Lembut: Sesuai namanya siklus ini memperlakukan pakaian dengan lembut. Cocok untuk mencuci pakaian dalam yang berenda dan berbahan sutra.
  • Siklus Permanen: Karena bahan sintetis seperti rayon, polyester, asetat atau rajutan cenderung menggumpal saat dicuci, siklus ini dapat mencegah hal ini sehingga tidak perlu memetik bola-bola bulu yang menumpuk.

4. Menambahkan deterjen dan pelembut/pengharum

Jika mesin cuci kamu adalah jenis front loading, gunakan kotak dispenser sabun agar sabun dikeluarkan pada waktu yang tepat. Jika mesin cuci kamu tipe top-loading, disarankan untuk memasukkan sabun sebelum memasukkan baju, agar sabun tidak menodai pakaian.

5. Segera jemur setelah dicuci

Jangan biarkan baju yang selesai dicuci diam terlalu lama dalam mesin cuci karena sisa air yang terdapat pada baju dapat membuat baju bau. Walau baju telah dijemur, kadang baju bahan basah menempel. Oleh karena itu, sebaiknya langsung dijemur.

Sekarang sobat AQUA Japan tahu bagaimana mencuci baju dengan baik dan benar menggunakan mesin cuci, baju kamu akan selalu tampak bersih dan tahan lebih lama.

AQW-121QD

Double Drive Technology

Pillow Drum

DD Inverter Motor

SEE MORE
CALL CENTER BEBAS PULSA | 0800 1 003 003 | JAM OPERASIONAL SENIN - JUMAT : 08:00 - 18:00, SABTU: 08:00 - 17:05