5 Tips Jitu Cegah Anak Nonton TV Berlebihan!

5 TIPS JITU CEGAH ANAK NONTON TV BERLEBIHAN!


Saat si Kecil masih usia dini atau belum masuk sekolah, menjaga mereka untuk tidak telalu banyak menonton TV, bahkan menghalanginya untuk menontonnya sama sekali mungkin cukup mudah. Namun saat si kecil sudah memasuki usia sekolah, lingkungan sosial mereka akan membuka cakrawala dan ketertarikannya terhadap acara tertentu karena perbincangan dengan kawannya di sekolah.

Membiarkan anak mencari tahu apa yang telah diceritakan teman-temannya tidaklah salah, namun ingat, tidak semua acara yang ditonton teman-temannya akan cocok dengannya. Selain itu, membiarkan mereka duduk diam di depan TV untuk terlalu lama dapat membuatnya menjadi malas bergerak sehingga menimbulkan resiko obesitas jika tidak beraktifitas dengan giat.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu sobat AQUA Japan mengurangi kegemaran si Kecil menonton TV berlebihan.

1. Mengajak anak menonton acara TV bukan sekedar nonton TV

Apakah Sobat AQUA Japan punya kebiasaan membiarkan TV menyala walaupun sedang tidak ditonton? Selain boros energi, kebiasaan ini memberi contoh yang buruk pula pada anak-anak. Biasakan untuk hanya menyalakan TV hanya saat acara yang ingin ditonton mulai dan setelah selesai mematikannya kembali. Dengan begini, anak akan belajar untuk minta ijin saat ingin menonton acara yang mereka inginkan.

2. Jadi menonton TV sesuatu yang sulit untuk dilakukan

Dengan menyimpan TV di dalam lemari ,mencabut colokan listrik dan antennanya bahkan menyimpan remote TV ditempat khusus, anak kita akan lihat bahwa menonton TV bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Dengan begini, mereka akan pilih melakukan kegiatan yang jauh lebih mudah untuk dilakukan.

3. Hindari memberi jadwal menonton TV baginya

Walau memberi jadwal nonton TV tampaknya sebuah solusi tepat, ternyata tidak seluruhnya benar. Dengan membatasi waktu nonton TV anak sampai sejam atau dua jam tiap hari, mereka justru akan berusaha menonton lebih banyak dalam waktu yang tersedia, tanpa memperhatikan bobot dari acara yang ditonton.

4.Sebisa mungkin nonton TV bersama anak

Jika anak sudah meminta ijin untuk menonton TV dengan orang tuanya, jangan biarkan mereka nonton sendiri, tontonlah bersamanya. Hal ini berguna bagi orang tua agar dapat menilai seberapa pantas acara tersebut ditonton olehnya. Kita juga dapat memberinya pengertian atas hal-hal yang mungkin mereka kurang pahami dari acara yang ditonton.

5. Jadilah panutan bagi anak

Orang tua adalah guru pertama dan terbaik bagi anak, kita sebagai orang tua harus memberi contoh yang baik pula bagi mereka. Jika kita tidak ingin anak terlalu banyak nonton TV, kita pun tak boleh sering terlihat suka malas-malasan depan TV. Sebaiknya gunakan TV sebagai media untuk mendidik maupun menghibur, bukan sebagai selingan mengisi waktu kosong.

Semoga tips tersebut bermanfaat bagi seluruh anggota keluarga sobat AQUA Japan ya!

LE32AQT6500

USB Movie

Video Recorder

Child Lock

SEE MORE

LE55AQT6500CU

Smart TV

4K Curved LED TV

HDMI

SEE MORE
CALL CENTER BEBAS PULSA | 0800 1 003 003 | JAM OPERASIONAL SENIN - JUMAT : 08:00 - 18:00, SABTU: 08:00 - 17:05