7 Tips Hemat Menggunakan AC

Dengan cuaca di Indonesia yang tropis dan cenderung panas, pasti Sobat AQUA Elektronik memiliki AC di rumah untuk menjaga ruangan agar tetap sejuk. Sayangnya penggunaan AC yang tidak tepat, biaya listrik setiap bulannya akan melambung. Berikut adalah beberapa tips menggunakan AC untuk menghemat biaya listrik di rumah.

1. Pilih ukuran AC yang sesuai dengan ruangan

Ukuran AC harus sesuai dengan ruangan, apakah cocok dengan AC 1 PK atau dengan AC dengan daya lebih. Jangan sampai ukuran AC di ruangan terlalu kecil sehingga dingin tidak maksimal, begitu pula sebaliknya jika ukuran AC terlalu besar akan menjadi terlalu dingin. Sobat AQUA Elektronik bisa baca artikel “Cara Memilih AC yang Tepat” untuk mengetahui cara menentukan ukuran AC sesuai dengan ruangan.

2. Tempatkan AC di ruangan tertutup

Hal ini merupakan salah satu cara yang ampuh untuk menghemat listik, sebab penggunaan AC di ruangan dengan pintu terbuka membutuhkan waktu lama untuk mendinginkan ruangan. Sehingga mesin tidak bisa standby dan akan menyala terus, hal ini tentu membutuhkan daya listrik yang lebih banyak.


3. Atur suhu AC sesuai kebutuhan

Standar setting suhu pada remot AC adalah 20°C, jika suhu AC terlalu rendah bisa membuat mesin cepat standby dan kompresor akan lebih sering start. Pada saat start inilah membutuhkan daya yang lebih besar dari pada saat mesin menyala terus. Namun jika Sobat AQUA Elektronik ingin ruangan lebih cepat dingin bisa gunakan suhu dibawah 20°C, setelah dirasa cukup dingin tinggal naikkan suhu AC tersebut.


4. Bersihkan filter udara seminggu sekali

Disarankan mencuci filter udara indoor seminggu sekali. Tujuannya agar AC tetap dingin, hemat listrik, serta udara pada ruangan tetap bersih dan sehat. Sobat AQUA Elektronik bisa melakukan hal ini dengan mudah, pertama buka casing indoor bagian atas kemudian ambil filternya dan cuci dengan sabun. Setelah bersih keringkan terlebih dahulu lalu pasang kembali, mudah bukan?

5. Servis AC tiga bulan sekali

Seringkali Sobat AQUA Elektronik melupakan hal ini karena AC dirasa masih dingin padahal sudah waktunya servis perawatan. Selain mencegah kerusakan dini, membersihkan AC secara rutin juga dapat menghemat listrik. AC yang kotor akan membuat kinerja mesin menjadi lebih berat dan membutuhkan daya listrik yang tinggi.

6. Tidak merokok di ruangan ber-AC

Merokok di ruangan saat AC dinyalakan dapat membuat AC menjadi cepat kotor dan tentunya akan menambah daya listrik. Selain dapat mencemari udara yang dihirup, tidak merokok di ruangan ber-AC dapat menghemat biaya listrik.

7. Gunakan AC sesuai kebutuhan

Nyalakan AC saat berada di ruangan dan menjaga pintu ruangan tetap tertutup, jangan sampai AC Sobat AQUA Elektronik tetap menyala saat tidak berada di ruangan tersebut. Untuk itu sebelum bepergian keluar rumah pastikan peralatan elektronik yang tidak terpakai dimatikan.

Baca Juga : Begini Cara Memilih AC Low Watt 1 PK yang Tepat

Itulah beberapa tips sederhana menggunakan AC agar tetap menghemat biaya listrik. Pemilihan AC yang tepat juga bisa membantu Sobat AQUA Elektronik untuk berhemat yaitu memilih AC dengan teknologi inverter. Seperti AC Nebula Inverter Series dari AQUA Elektronik, yang hemat energi. Dilengkapi dengan filter multi-fungsi yang terdiri dari filter ion silver, filter antioksidan, dan filter vitamin C untuk memenuhi kebutuhan Anda secara bersamaan. Selain itu, fitur Wi-Fi control dapat memudahkan Anda untuk mengendalikan AC melalui wi-fi dimanapun dan kapanpun Anda berada. Dengan AC Nebula Inverter Series, Sobat AQUA Elektronik tidak perlu khawatir memiliki ruangan yang nyaman, segar, dan tentunya dapat menghemat biaya listrik di rumah.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003