Perawatan Berkala Freezer Pada Kulkas

perawatan berkala pada kulkas freezer


Untuk menyimpan makanan, Anda mungkin membutuhkan kulkas freezer. Berfungsi mendinginkan dan membekukan bahan makanan untuk kebutuhan sehari-hari, Anda perlu melakukan perawatan berkala pada freezer Anda. Dengan melakukan perawatan berkala, Anda bisa membuat freezer pada kulkas tetap awet dan dapat bekerja secara optimal. Yuk, ketahui cara perawatan berkala freezer pada kulkas dengan menyimak informasi di bawah ini!

Cabut tegangan freezer

Bagi banyak orang, membersihkan mesin pendingin berarti hanya mengeluarkan semua makanan dan membiarkannya mencair. Pencairan es adalah langkah penting, tetapi bukan satu-satunya hal yang harus dilakukan. Untuk memastikan kinerja yang optimal dan menjaga konsumsi listrik tetap rendah dan hemat, Anda perlu membersihkan freezer untuk mencegah kontaminasi silang dan kondisi freezer tidak sehat. Untuk melakukannya, Anda harus mencabut tegangan lemari es.

Meskipun freezer Anda mungkin mempunyai fitur off switch, sebaiknya Anda tetap mencabut steker freezer sebelum membersihkannya. Langkah ini akan mencegah risiko sengatan listrik dan cedera yang dapat terjadi akibat proses pencairan es dan pembersihan freezer yang Anda lakukan. Pastikan freezer Anda terletak di tempat yang tidak akan menyebabkan kerusakan pada lantai. Jika perlu, letakkan koran bekas dan handuk di bawah lemari es Anda.

Baca juga: Yuk Ketahui Cara Mencuci dengan Mesin Cuci Otomatis yang Baik

Keluarkan semua makanan beku dalam freezer

Freezer yang berfungsi membekukan makanan harus Anda kosongkan. Anda bisa mengosongkan freezer dengan memindahkan semua makanan ke dalam keranjang. Langkah ini juga bisa Anda manfaatkan untuk membuang sejumlah makanan yang sudah kadaluarsa dan tidak bisa lagi digunakan. Saat Anda mengeluarkan makanan beku dari freezer, tuliskan nama dan tanggal yang tertera di label dan wadah. Lihatlah makanannya dan cium baunya.

Buanglah semua makanan beku yang rusak. Indikator umum makanan beku yang rusak adalah:

  • Jika Anda melihat perubahan warna yang tidak biasa atau aneh
  • Tercium bau menyengat dan busuk
  • Terdapat lapisan es atau es di makanan, di dalam wadah
  • Menyimpan makanan beku di luar jangka waktu yang disarankan

Berikut informasi berapa lama Anda bisa menyimpan makanan beku:

  • Simpan bacon atau sosis beku hingga dua bulan
  • Sisa dan casserole dapat dibekukan hingga tiga hingga empat bulan
  • Sup, semur, dan kaldu bisa dibekukan hingga dua bulan
  • Daging sapi mentah dapat dibekukan hingga empat bulan
  • Ayam mentah bisa dibekukan hingga sembilan bulan
  • Daging sapi dan unggas yang dimasak bisa dibekukan hingga empat bulan
  • Buah dan sayuran beku dapat disimpan selama dua belas hingga delapan belas bulan.
  • Es krim dan makanan olahan walaupun dibekukan anda tetap harus cek masa kadaluarsanya secara berkala
Pembersihan

Freezer yang berfungsi pula untuk membuat es, harus Anda bersihkan setelah semua es di dalamnya mencair. Cabutlah drainase atau tabung drainase di freezer dan biarkan semua air mengalir. Gunakan pembersih ringan seperti deterjen, atau soda kue dan cuka yang lebih ramah lingkungan untuk membersihkan freezer Anda. Masukkan sedikit deterjen, cuka, atau soda kue ke dalam mangkuk dan tambahkan air hangat yang cukup ke dalamnya.

Selanjutnya, celupkan handuk atau kain ke dalam larutan pembersih dan cuci bagian dalam freezer Anda. Singkirkan rak, dan cuci di wastafel untuk menghilangkan zat yang tumpah dan noda yang kuat. Bilas bagian dalam alat untuk menghilangkan residu yang tersisa. Biarkan seluruh lemari es anda kering sendiri atau gunakan kain katun untuk mengeringkannya. Untuk menghilangkan bau bau yang tidak sedap tersisa, letakkan sekotak soda kue di dalam dan tutup freezer selama beberapa jam.

Atur ulang lokasi makanan di kulkas freezer

Tempatkan semua makanan beku Anda kembali ke dalam freezer. Untuk mencegah makanan beku terkontaminasi dan dilupakan, atur makanan dengan tepat. Simpan semua makanan yang bisa digunakan dalam waktu lama di bagian bawah. Simpan semua daging di satu area di bagian bawah, dan tempatkan jenis makanan lain di kompartemen lain. Anda bisa menempatkan tas kecil berisi makanan beku yang paling sering digunakan di atas makanan beku lainnya.

Membersihkan freezer box, baik di kulkas 2 pintu atau jenis kulkas lainnya, penting untuk Anda lakukan agar fungsinya dapat dirasakan secara maksimal. Meskipun tidak ada satu cara cepat untuk membersihkan freezer, Anda dapat membuat prosesnya jauh lebih mudah dengan membersihkannya dua kali dalam sebulan Semoga bermanfaat!

AQUA JAPAN PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA JAPAN Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:30 - 16:30 WIB
Sabtu
08:00 - 16:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:30 - 16:30 WIB
Sabtu
08:00 - 16:00 WIB

SMS

0858-1000-3003

EMAIL

custcare@haier.co.id