YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PERAWATAN AC

Selain Freon AC, hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan AC

Kebutuhan rumah tangga yang saat ini rasanya tidak mungkin untuk tidak dimiliki adalah AC. Cuaca yang panas, hingga membuat tubuh berpeluh keringat serta gerah pastinya membuat kamu tidak nyaman, bukan? Maka dari itu, keberadaan AC di ruangan wajib ada.

Ketika kamu sudah memiliki AC, maka kamu perlu merawatnya agar awet dan bisa digunakan dalam waktu yang lama. Selain itu, perawatan AC secara rutin akan menghindarkan kamu dari pendingan ruangan yang tidak memberikan suhu dingin maksimal. Dengan perawatan, seperti mencuci filter udara juga salah satunya dalam urusan freon AC, maka AC milik kamu bisa bekerja lebih maksimal. Apa saja yang perlu diperhatikan dalam perawatan AC? Berikut cara-cara yang paling tepat.

Belilah AC dengan PK yang tepat

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum memulai perawatan AC adalah belilah AC dengan PK yang tepat. Ya, sebelum kamu membeli AC dan merawatnya dengan baik, kamu perlu memperhatikan hal ini, agar bisa mendapatkan tipe AC yang bekerja optimal dan cocok dengan kondisi ruangan.

Ketika kamu membeli AC, pastinya kamu harus memilih ukuran PK yang cocok. Ada yang ukurannya ½ PK, ¾ PK, 1 PK hingga 2 PK. Untuk bisa menentukan mana yang paling tepat, kamu perlu mengukur ruangan yang nantinya akan menggunakan AC tersebut. Dengan melakukan hal ini, kamu tidak akan membeli tipe AC yang salah. Jika kamu menggunakan AC dengan ukuran PK yang tidak sesuai dengan luas ruangan, maka AC akan bekerja lebih keras atau lebih boros listrik untuk mendinginkan ruangan dan malah membuat AC tidak awet lagi. Panduan untuk menentukan ukuran PK AC dapat menggunakan rumus Panjang x Lebar (meter) x 500Btu/h.

Pemasangan AC dengan pengaturan posisi yang tepat atau mengikuti arahan buku petunjuk pun juga wajib dilakukan agar tidak berada di posisi yang salah. Pemasangan AC memang harus diperhatikan betul-betul.

Matikan AC jika ruangan tersebut tidak digunakan

Hal kedua yang perlu diperhatikan dalam perawatan AC adalah mematikan AC jika ruangan tersebut tidak digunakan. Pastinya banyak orang yang melihat AC sebagai benda yang tidak perlu dimatikan, padahal kamu perlu mematikan AC jika memang tidak digunakan lagi. Jika kamu memasang AC secara terus menerus, maka AC yang kamu gunakan akan cepat rusak. Masalah yang timbul ini juga bisa membuat kamu harus mengeluarkan biaya lebih dalam perbaikan AC.

Jangan mengatur suhu di bawah 22 derajat secara terus menerus

Hal ketiga yang perlu diperhatikan dalam perawatan AC adalah jangan mengatur suhu di bawah 22 derajat secara terus menerus. AC saat ini memang bisa dipasang hingga 16 derajat. Suhu udaranya pun juga pasti akan lebih dingin, tapi jika kamu terus memasang AC dengan suhu di bawah suhu 22 derajat, AC akan bekerja terlalu keras. Normalnya suhu AC ada di temperatur 22 sampai 24 derajat.

Sama dengan kasus AC yang tidak dimatikan sepanjang waktu, maka AC kamu bisa rusak dengan lebih cepat. Gas freon yang ada di dalamnya pun juga menjadi lebih cepat habis sehingga kamu perlu menambah gas freon setiap kali AC diservis.

Lakukan pembersihan secara rutin dan cek freon AC

Hal terakhir yang perlu diperhatikan dalam perawatan AC adalah melakukan pembersihan secarat rutin dan cek freon AC. Biasanya, dianjurkan untuk melakukan pembersihan AC setiap 3 bulan sekali agar bisa bekerja dengan baik.

Selain itu, jangan lupa untuk cek gas freon yang ada di dalam AC. Apakah sisa gas freon sudah tepat atau perlu ditambah. Selain itu, jangan lupa melihat jenis freon yang digunakan karena tidak hanya satu saja, tetapi ada beberapa jenis freon yang tersedia di pasaran saat ini seperti Freon R410A dan Freon R32 yang ramah lingkungan dan sesuai regulasi pemerintah.

Dengan melakukan beberapa langkah di atas, kamu akan memiliki AC yang paling tepat dan paling awet yang bisa kamu gunakan sehari-hari. Salah satu AC yang direkomendasikan adalah AC AQA-KCR9ANS dari AQUA Japan. Dengan teknologi fast cool yang bisa membuat ruangan menjadi dingin dalam waktu 5 menit saja dan powerful cooling yang membuat kinerja pendinginan lebih baik 10% daripada tipe sebelumnya, AC keluaran AQUA Japan ini layak kamu gunakan. Jangan khawatir untuk membeli, karena fitur low watt pun juga ada di dalam AC ini sehingga kamu bisa lebih hemat lagi.

CALL CENTER BEBAS PULSA | 0800 1 003 003 | JAM OPERASIONAL SENIN - JUMAT : 07.30 - 17:00, SABTU: 07.30 - 16:00