Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas Dengan Baik


Ternyata tidak hanya untuk menyimpan, sayur mayur, buah dan daging saja, kulkas juga dapat dipergunakan untuk menyimpan obat dan kosmetik yang memerlukan tempat bersuhu tepat. Agar sayur-sayuran yang disimpan didalam kulkas tetap segar, ada beberapa teknik penyimpanan makanan yang dapat digunakan.

Kulkas merupakan tempat yang tepat untuk membuatnya dapat tetap segar dan tahan lama. Sehingga untuk menjaga kesegaran dua bahan makanan ini, memasukkannya ke dalam lemari es adalah jawaban. Namun, hati-hati saat Anda menyimpan buah dan sayur ke dalam lemari pendingin. Jika caranya salah, maka sayur dan buah malah akan semakin cepat membusuk.

Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas Dengan Baik

Yuk cari tahu bagaimana cara menyimpan sayuran di kulkas yang tepat!

Lakukan sortir pada sayuran sebelum menyimpannya dalam kulkas

Agar tahan lama saat disimpan di dalam lemari es, terlebih dulu pilihlah sayuran yang sudah busuk dan yang masih segar. Beberapa sayuran seperti bayam dan kangkung umumnya memiliki beberapa helai daun yang sudah menguning. Jika tidak dibersihkan, maka daun yang sudah menguning ini akan semakin busuk di dalam kulkas. Singkirkan juga akar pada sayuran supaya terlihat lebih bersih dan fresh.

Cuci sayuran

Mencuci sayuran dapat mengurangi bakteri yang terdapat di sayuran. Bakteri tersebut bisa berasal dari pestisida yang digunakan oleh petani maupun kuman yang ada di pasar ketika Anda membelinya. Lalu, bagaimana cara mencuci sayuran yang tepat? Yaitu dengan mencuci seluruh bagian sayuran, lalu keringkan dengan cara diangin-anginkan dan dilap supaya kering sempurna.

Membungkus sayuran dengan kertas

Di samping perlu dicuci, agar tahan lama sayuran juga harus dilapisi dengan kertas untuk mencegah udara lembap kulkas meresap secara langsung. Dengan memberikan lapisan kertas, maka ada penghalang antara sayuran dengan udara lembap yang sebenarnya bisa mempercepat pembusukan.

Memisahkan buah dan sayur

Untuk menjaga kesegaran sayur, maka jangan letakkan buah tepat berdampingan dengan buah. Ini karena buah mengeluarkan zat etilen yang dapat mempercepat proses pemasakan sayur dan buah itu sendiri. Meski di suhu yang rendah, zat ini tetap aktif bekerja sehingga jika Anda tidak ingin sayur cepat membusuk, pisahkan keduanya saat di dalam lemari es.

Memasukkan sayur dalam plastik berlubang

Untuk menyimpan sayur dan buah secara berdekatan, jika memang tidak tersedia space yang cukup, maka masukkan sayur ke dalam plastic berlubang untuk memberikan oksigen kepadanya. Lubang pada plastic tempat penyimpanan sayuran dimaksudkan untuk menjaga kesegaran selama disimpan.

Kini Anda sudah tahu bagaimana cara menyimpan sayuran di kulkas dengan tepat. Meski dapat memperlambat pembusukan dan menjaga sayur tetap segar, namun Anda tidak diperbolehkan menyimpan sayur lebih dari tiga hari untuk memastikan kandungan nutrisi didalamnya cukup lengkap untuk dikonsumsi.

Cara menyimpan obat-obatan dan kosmetik didalam kulkas

Nah, bagaimana kalau kita perlu menyimpan obat-obatan atau kosmetik, kira-kira bagaimana cara penyimpanan yang tepat? Yuk cari tahu bagaimana cara menyimpan obat-obatan dan kosmetik di kulkas!

Biasakan baca tanggal kadaluarsa

Biasanya, setiap obat memiliki petunjuk kadaluarsa. Perhatikan dengan baik, agar kita dapat memastikan obat masih dapat dikonsumsi setelah disimpan. Akan lebih baik bila kita dapat memberi penanda menggunakan kertas tempel kapan tanggal kadaluarsa agar mudah dilihat

Jangan pindah obat dari pembungkus asli

Sebaiknya obat tetap disimpan menggunakan bungkus aslinya. Ini untuk memudahkan kita melihat petunjuk penggunaan dan hal lain yang perlu diketahui terkait obat yang akan dikonsumsi.

Simpan di tempat khusus

Menyimpan obat atau kosmetik di dalam kulkas sebaiknya di tempat khusus agar terhindar dari bahan makanan lain, dan terhindar dari jangkauan anak-anak.

Itulah beberapa tips menyimpan sayuran, buah serta obat dan kosmetik dalam lemari es Sobat AQUA Elektronik. Salah satu kulkas terbaik yang dapat Anda pilih adalah AQR-D270 dan AQR-D275R dari AQUA Elektronik. Keduanya sudah dilengkapi dengan Extra Large Vegetable Box, tempat penyimpanan sayuran dengan kapasitas yang besar dan luas. Selain itu, kulkas ini juga dilengkapi dengan fitur Detachable Cosmetic Box fitur yang merupakan keunikan dari lemari es tipe AQR-D270 dan AQR-D275R ini, sebuah kotak penyimpanan khusus untuk kosmetik dan obat-obatan. Dengan demikian kosmetik dan obat-obatan dapat disimpan dalam keadaan suhu sesuai dengan aman tanpa takut terkontaminasi bahan makanan atau minuman di dalam kulkas dan sebaliknya. Ini berarti kosmetik dan obat-obatan aman disimpan dalam lemari es. Produk ini dapat menjadi alternatif bagi sobat AQUA.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003