Memilih TV dengan Ukuran yang Tepat untuk Anda

Perkembangan teknologi membuat perkembangan TV menjadi semakin canggih. Ada banyak fitur yang ditawarkan oleh produsen pembuat TV. Mulai dari kualitas gambar yang ditawarkan mulai dari High Definition (HD), Full High Definition (FHD), Ultra High Definition(UHD) hingga kemampuan untuk mengakses internet yang biasa disebut tu dengan Smart TV.

Layar dengan resolusi FHD mungkin menjadi satu-satunya pertimbangan saat membeli TV. Padahal, masih banyak bahan pertimbangan lain yang harus dipikirkan saat memilih TV. Jika kamu mengabaikannya, bisa jadi TV menjadi kurang nyaman untuk ditonton. Lalu bagaimana cara untuk memilih TV dengan ukuran yang tepat untuk Anda? Simak tipsnya berikut.

Pahami dulu jenis TV

Ada baiknya sebelum bingung dengan memutuskan ukuran TV yang akan dibeli, memahami jenis-jenis TV yang tersedia di pasaran. Kebanyakan yang beredar sekarang adalah jenis LCD TV, LED TV, dan TV tabung. Ketiganya memiliki karakteristik masing-masing.

TV tabung misalnya, perbedaan yang paling jelas adalah desain body TV yang lebih tebal dari model TV lainnya. Model ini menggunakan teknologi lama sehingga fitur-fitur terbaru seperti resolusi full HD. Meski demikian, TV Tabung tetap memiliki keunggulan tersendiri, yakni harganya yang jauh lebih terjangkau dari LCD TV dan LED TV.

Model TV berikutnya adalah LCD TV dan LED TV. Dua model TV ini jika dilhat sekilas memang terlihat serupa. Namun LCD TV masih menggunakan teknologi cold cathode fluorescent lamps (CCFL) untuk backlight. Teknologi ini dikenal boros energi sehingga dapat membuat tagihan listrik tinggi.

Sedangkan LED TV sudah menggunakan teknologi yang lebih modern untuk sebagai backlight. Model TV ini menggunakan LED Lamp yang lebih hemat energi. Dengan begitu, konsumsi listrik LED TV pun lebih rendah.

Memilih resolusi TV yang tepat

Saat sedang membanding-bandingkan TV, Anda mungkin akan sering mendengar istilah resolusi. Sebenarnya apakah resolusi itu? Pada TV, resolusi adalah jumlah pixel yang ada pada layar. Semakin banyak pixel yang terdapat pada sebuah layar maka semakin baik pula kualitas gambar yang dihasilkan.

Anda harus mencermati tentang resolusi ini baik-baik karena mempengaruhi kenyamanan saat menonton TV nantinya. Selain itu, perbedaan resolusi juga akan membantu Anda mengetahui kejernihan grafik yang dihasilkan TV. Untuk itu, jangan hanya terpancang dengan ukuran layar, Ukuran layar yang besar belum tentu memiliki resolusi yang besar pula.

Saat ini sudah ada bermacam-macam resolusi layar TV. Sebut saja resolusi HD, resolusi FHD , resolusi UHD 4K (3840x2160), ketika Anda memilih layar TV yang besar maka otomatis Anda memerlukan resolusi yang tinggi pula untuk menjaga kualitas gambar yang ditampilkan tetap jernih dan fokus.

Baca juga: Begini Cara Memilih AC Low Watt Terbaik

Sesuaikan dengan kebutuhan

TV merupakan salah satu media untuk menampilkan hiburan. Maka tidak mengherankan lagi jika setiap rumah memiliki TV. Walau begitu, masing-masing rumah tentu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Ada yang menggunakan TV untuk menonton acara televisi, ada yang menghubungkan TV dengan home theatre untuk membuat bioskop mini, dan ada juga yang menggunakan TV untuk bermain game. Kebutuhan yang berbeda-beda ini tentu akan membutuhkan layar TV yang berbeda-beda pula.

Untuk TV yang dengan penggunaan biasa, Anda bisa memilih TV yang ukuran layarnya tidak terlalu besar. Anda bisa memilih layar resolusi HD dengan jumlah pixel 1280 x 720. Meski kualitasnya tidak sebesar resolusi UHD 4K , namun kualitas grafiknya sudah cukup baik.

TV untuk disambungkan dengan home theater misalnya, jelas akan membutuhkan layar yang memiliki resolusi tinggi. Tujuannya adalah agar grafik film terlihat bagus dan nyaman untuk dilihat mata. Sebagai contoh ada Aqua Japan LE40AQT6900F dengan teknologi resolusi Full HD. Salah satu model terbaru TV dari Aqua Japan ini menawarkan resolusi FHD.

Jangan lupa menyesuaikan ukuran ruangan

Sekarang Anda sudah memahami tentang resolusi layar dan sudah menetapkan pilihan. Namun jangan sampai melewatkan tentang ukuran ruangan. Jangan sampai ukuran TV dengan resolusi full HD pilihan Anda kelihatan terlalu besar di ruangan Anda. Cara yang paling mudah adalah dengan membandingkan ukuran ruangan dengan ukuran TV (ukuran dalam centimeter atau meter). Di samping itu Anda juga harus memperhatikan bagaimana TV akan ditempatkan, entah diletakkan atau ditempel di dinding.

Fitur spesial sebagai pertimbangan

Selain resolusi, agar pengalaman menonton menjadi lebih maksimal ada satu hal lain yang perlu Anda perhatikan ketika memilih TV, salah satunya adalah mengenai pengaturan volume TV. Untuk yang satu ini, jangan khawatir karena ada fitur Audio Volume. Fitur spesial ini secara otomatis menyamakan volume level dari beragam segmen acara TV yang sedang Anda tonton. Fitur pintar ini mengeliminir suara TV yang tiba-tiba kencang jika iklan dan berubah normal atau kecil ketika segmen atau sebaliknya. Fitur ini sudah ada di TV AQUA Elektronik LE40AQT6900F . Kini Anda dapat menikmati pengalaman menonton TV dengan suara lebih maksimal.

Untuk bisa mendapatkan TV dengan ukuran yang tepat memang tidak mudah. Namun Anda bisa mengikuti beberapa tips di atas. Setelah mendapatkan TV yang sesuai dengan ukuran yang tepat untuk Anda, jangan lupa untuk selalu merawatnya. Saat ingin membersihkan TV, Anda dapat mengikuti langkah-langkah membersihkan layar LED TV berikut.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003