Inilah 5 Kelebihan Kulkas Inverter yang Perlu Anda Ketahui

5 Kelebihan Kulkas Inverter yang Perlu Anda KetahuiSelama ini kulkas dianggap sebagai salah satu perabotan elektronik rumah tangga yang paling penting, terutama dalam menjaga bahan makanan dan lainnya. Jenis kulkas ini terbagi menjadi dua, yakni kulkas konvensional dan kulkas dengan kompresor inverter. Apa saja kelebihan dan fungsi inverter pada kulkas ini? Berikut ulasannya yang perlu Sobat AQUA Elektronik perhatikan.

Dapat menghemat energi

Isu mengenai penggunaan barang teknologi yang ramah lingkungan saat ini memang sedang menjadi perbincangan hangat. Memilih kulkas dengan teknologi inverter merupakan langkah tepat bagi Anda. Hal ini dikarenakan fungsi inverter pada kulkas mampu untuk menghemat energi. Bahkan adanya teknologi ini mampu menghemat konsumsi listrik hingga 70 persen.

Ini karena kulkas inverter bekerja sesuai dengan fluktuasi derajat suhu dingin dan kinerja kompresornya. Pada kulkas biasa, motor utama akan mati ketika suhu di dalam kulkas diatur dalam derajat tertentu. Ketika suhu menjadi tinggi, kompresor akan bekerja dengan daya yang besar. Namun, hal ini tidak terjadi pada kulkas berteknologi inverter yang kompresornya tetap aktif dengan laju pelan meski di suhu yang telah ditentukan.

Pendinginan yang cepat dan tahan lama

Fungsi inverter pada kulkas juga berkaitan dengan proses pendinginannya. Fungsi inilah yang membuat pendinginan lebih cepat dan dapat mempertahankan suhu dalam kondisi stabil, sehingga tidak mudah untuk naik dan turun. Kinerja kompresor inverter ini bisa mempertahankan suhu dingin di kulkas dengan fluktuasi suhunya yang hanya berada di kisaran 0,5 derajat celcius.

Fitur kompresor pintar ini pada akhirnya akan membuat bahan makanan lebih tahan lama. Kemudian jika dibandingkan dengan kulkas konvensional, fungsi inverter pada kompresor kulkas mampu menekan fluktuasi suhu hingga 50 persen, sehingga dapat menekan daya listrik yang diperlukan dan hemat energi.

Baca juga: Begini Cara Memilih AC Low Watt 1 PK yang Tepat

Tidak bising dan tidak cepat rusak

Sementara itu, dari segi penggunaan kompresor, adanya fungsi inverter pada kulkas ini membuat suara yang dihasilkan tidak bising. Ini dikarenakan minimnya gesekan di antara komponen inverter. Hal tersebut juga dikarenakan penggunaan komponen di dalam kompresor inverter lebih sedikit dan tidak menghabiskan energi jika dibanding kulkas biasa.

Kemudian, keunggulan lainnya dari berkurangnya tingkat gesekan pada perangkat elektronik ini membuatnya bisa bertahan lebih lama dan tidak cepat rusak. Beberapa produk kulkas inverter dapat bertahan dalam kurun waktu cukup lama paling tidak lima tahun ke atas. Inilah mengapa kulkas inverter dikenal sebagai perabotan elektronik rumah tangga yang hemat di kantong selain hemat listrik.

Memiliki tempat penyimpanan lebih besar dan mudah dibersihkan

Selain fungsi inverter pada kulkas di atas, masih ada kelebihan lainnya dari kulkas jenis ini, yakni dari segi ukuran ruang penyimpanannya yang lebih besar. Dengan begitu, Anda dapat menyimpan bahan makanan dalam jumlah yang cukup banyak. Adanya fitur door in door di kulkas inverter juga membuat Anda lebih mudah dalam menempatkan bahan makanan.

Pada kulkas inverter merk tertentu seperti dari AQUA Elektronik, ruang penyimpanannya terbuat dari bahan tempered glass tray. Selain kuat dan membuat penyimpanan menjadi semakin nyaman juga mudah dalam hal pembersihannya, sehingga kulkas akan lebih awet.

Baca juga: Cara Menggunakan Mesin Cuci Otomatis dengan Benar

Terdapat garansi

Kelebihan lainnya ketika Anda memilih kulkas inverter untuk rumah ialah memiliki garansi dalam kurun waktu tertentu. Garansi ini bisa Anda gunakan ketika terjadi masalah pada kulkas inverter. Merk maupun brand kulkas ternama biasanya memiliki masa garansi sekitar 10 tahun untuk kompresor inverter. Dengan demikian, Anda menjadi nyaman saat menggunakannya.

Itulah beberapa kelebihan dan fungsi inverter pada kulkas yang perlu Anda ketahui sebelum memilih kulkas inverter terbaik. Salah satu kulkas inverter yang bisa Anda pilih salah satunya adalah AQR-315 R dari AQUA Elektronik. Semoga bermanfaat!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003