Tips Bagaimana Cara Memperbaiki Kulkas Dengan Mudah

Halo sobat AQUA Elektronik ! Kini kita akan membahas tentang tips seputar cara memperbaiki kulkas 2 pintu yang tidak dingin. Khususnya bagi Anda yang menggunakan kulkas AQUA Elektronik type dua pintu dengan nomor seri AQR-270, AQR-275R, AQR-315R AQR-370R dan AQR-460R.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan kulkas dua pintu AQUA Elektronik. Jika ada beberapa kendala yang terjadi, jangan buru-buru mengatakan kulkas Anda mengalami kerusakan. Kemungkinan kulkas hanya mengalami masalah minor dan bukan hal yang serius. Sebaiknya Anda mengetahui apa saja penyebab kulkas mengalami masalah minor. Dengan begitu, Anda dapat menyelesaikan kendala tersebut tanpa harus membawanya ke tempat layanan service atau bahkan menggantinya dengan kulkas yang baru.

Untuk itu, kami akan memberikan beberapa tips dalam bagaimana untuk mengatasi masalah minor pada kulkas atau kendala yang umumnya dialami oleh kulkas.

Lemari Es Tidak Beroperasi atau Kurang Dingin

Salah satu kendala yang sering dijumpai oleh lemari pendingin adalah mesin pendingin tidak beroperasi secara maksimal. Penyebabnya utama biasanya akibat terlalu banyak makanan yang disimpan dan pintu kulkas yang kurang rapat. Namun, ada beberapa faktor lain yang membuat kulkas menjadi tidak beroperasi maksimal atau kurang dingin. Diantaranya adalah

Penyebab kulkas kurang dingin


  • Freon Mengalami Penyumbatan

Kerap kali beberapa lemari es mengalami penyumbatan freon sehingga membuat suhu dalam kulkas menjadi lebih hangat atau tidak terlalu dingin. Seperti yang kita tau CFC atau freon adalah salah satu zat kimia yang membuat kulkas tetap dingin. Penyumbatan freon sendiri dapat terjadi karena pada kulkas memiliki filter, jika filter tersebut mengalami penyumbatan akan membuat aliran freon menjadi tidak dapat bersirkulasi dan menyebabkan kulkas menjadi kurang dingin.

  • Saluran Freon Yang Bocor

Saluran freon yang bocor juga menjadi salah satu penyebab utama yang menyebabkan kulkas menjadi tidak dingin. Kebocoran freon kemungkinan terjadi akibat usia pipa freon yang sudah uzur sehingga membuatnya rapuh dan mudah bocor. Atau mungkin disebabkan oleh pemilik kulkas sendiri. Ketika membersihkan bunga es dengan menggunakan pisau atau benda tajam lainnya, tanpa disadari merusak jalur pipa freon dan menyebkan bocornya pipa.

Suara Gaduh Pada Kulkas

Hampir semua lemari es memiliki suara yang cukup mengganggu ketika sedang dinyalakan. Namun, pada beberapa kasus tertentu kulkas menimbulkan suara yang sangat gaduh atau berisik. Hal ini merupakan salah satu kendala yang harus dihadapi oleh hampir semua pemilik lemari es. Berikut adalah penyebab terjadinya suara gaduh pada kulkas dan beberapa cara untuk mengatasinya.

  • Terlalu Mepet Dengan Dinding

Salah satu penyebab utamanya adalah mesin kompresor pada kulkas yang terletak dibelakang kulkas diletakan terlalu mepet dengan dinding atau barang lain. Sehingga suara yang dihasilkan kompresor menjadi memantul dan menghasilkan suara yang cukup bising. Untuk itu, diperlukan penataan tata letak lemari es yang ideal agar suara bising dapat berkurang.

Embun Air Di Dalam Kulkas

Untuk persoalan yang satu ini umumnya terjadi akibat apa yang terjadi di dalam kulkas. Salah satu penyebab utamanya adalah kerusakan freon di dalam kulkas maupun rusaknya magnet pintu kulkas sehingga kulkas tidak dapat tertutup dengan rapat dan terjadi peningkatan suhu di dalam kulkas. Ada beberapa penyebab lain yang menyebabkan terjadinya embun pada kulkas Anda. Diantaranya adalah

Tetesan air dalam kulkas

  • Menyimpan Makanan Panas

Menyimpan makanan panas dalam kulkas dapat menyebabkan kulkas mengeluarkan embun. Sebaiknya jangan pernah menyimpan makanan panas pada kulkas karena dapat menyebabkan kerusakan kompresor di dalam kulkas

  • Kebiasaan Lupa Menutup Pintu Kulkas

Ini adalah kebiasaan yang sering dilakukan oleh para pemilik lemari es, seringkali lupa menutup pintu kulkas ketika sudah selesai mengambil keperluan didalamnya. Ini dapat membuat kulkas berembun dan menjadi tidak dingin.

Bagaimana sobat AQUA Elektronik? Apakah informasi yang disampaikan cukup bermanfaat? Kami harap dapat menjawab segala pertanyaan yang berkaitan dengan penyebab kulkas 2 pintu yang tidak dingin. Jangan lupa membaca update tentang lemari es AQUA Elektronik untuk mendapatkan informasi terkini serta tips dan trik yang dapat diaplikasikan pada peralatan AQUA Japan yang ada di rumah Anda!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003