Cara Pemakaian Kulkas Agar Tetap Awet

Cara Pemakaian Kulkas Agar Awet

Kebutuhan lemari es menjadi kebutuhan bagi setiap keluarga. Lemari es atau kulkas adalah tempat utama bagi anggota keluarga, mungkin para ibu khususnya yang kerap menjadi pemegang urusan tanggung jawab soal dapur dan makanan. Ada banyak bahan makanan juga dapat disimpan di dalam kulkas. Seperti sayuran, daging, ikan buah-buahan diletakkan secara berdampingan.

Cara Pemakaian Kulkas Agar Awet

Karena diperuntukkan untuk penyimpanan semua bahan makanan. Tidak heran, kondisi kulkas perlu menjadi perhatian. Baik dari segi kesegaran maupun ketahanan penggunaannya. Umumnya sebuah lemari es dapat digunakan secara bertahun-tahun. Umur lemari es juga sangat bergantung dari segi perawatannya. Berikut ini kami akan memberikan beberapa tips bagaimana cara merawat kulkas dengan baik.

Perhatikan Peletakan Tempat Kulkas

Penempatan lemari es sangat berpengaruh terhadap keawetannya. Sebelum meletakkan lemari es di tempat tertentu, sebaiknya memperhatikan beberapa faktor yang mungkin bisa mengganggu kinerja lemari es. Suhu ruangan yang terlalu lembab membuat lemari es berjamur. Ini dapat membuat kulkas menjadi rusak dan tidak dingin.

Beri jarak antara lemari es dengan dinding. Ini untuk mengantisipasi jika ada getaran yang terjadi selama proses pendinginan berlangsung. Gelombang panas yang dihasilkan lemari es karena terlalu dekat tembok akan memantul kembali ke mesin cuci. Inilah yang membuat mesin pada lemari es menjadi rusak jika dibiarkan terlalu lama.

Selalu Tutup Rapat Pintu Kulkas

Apakah kulkas Anda sering tidak dingin? Ataupun berair ketika dibuka? Mungkin salah satu penyebabnya adalah pintu kulkas yang tidak tertutup rapat. Hal ini umumnya terjadi karena dua hal. Yaitu kebiasaan pemilik kulkas yang sering lupa menutup secara rapat pintu lemari es atau mungkin magnet yang membuat pintu tertutup rapat mengalami kerusakan. Sehingga setelah ditutup pintu kulkas tetap terbuka kembali. Ini juga dapat membuat freon cepat habis

Solusi yang dapat dilakukan adalah merubah kebiasaan ketika menggunakan kulkas. Atau Anda dapat memberikan peringatan untuk selalu menutup pintu kulkas dengan rapat ketika tidak sedang digunakan. Jika mengalami kerusakan sebaiknya Anda menghubungi call center atau layanan service resmi untuk mengetahui solusi terbaik bagi kulkas Anda.

Baca juga: Rekomendaasi Kulkas Aqua 2 Pintu Hemat Energi

Perhatikan Beban Dalam Lemari es

Meskipun kulkas memiliki kapasitas penyimpanan yang banyak. Namun Anda juga harus memperhatikan beban yang dapat ditampung oleh kulkas. Karena semakin banyak barang atau bahan makanan yang diletakkan di kulkas akan membuat mesin pendingin tidak dapat bekerja secara maksimal. Usahakan untuk memberikan ruang antara barang atau makanan yang diletakkan di dalam kulkas agar hawa dingin dapat tersebar secara merata

Secara Rutin Membersihkan Kulkas

Untuk umur kulkas yang tahan lama, Anda dapat melakukan pembersihan kulkas secara rutin. Dapat dilakukan sebulan sekali atau tiap beberapa bulan sekali. Ini juga penting agar tidak ada saluran freon yang mampet akibat bunga es yang terlalu tebal. Bagian belakang terdapat kondensor sebagai penyaring panas pada kulkas juga perlu dibersihkan. Jika banyak debu atau kotoran pada kondensor akan dapat menghambat sirkulasi udara yang terjadi pada mesin. Ini yang membuat mesin mudah panas dan mengalami kerusakan

Tetap Tutup Kulkas Ketika Listrik Padam

Ketika listrik padam, sebaiknya jangan buka kulkas. Karena pada umumnya kulkas memiliki kemampuan untuk mempertahankan suhu selama beberapa waktu. Pada kulkas Aqua Japan misalnya memiliki fitur cooling retention selama 72 jam. Jadi Anda tidak perlu khawatir kulkas akan mencair meski terjadi pemadaman listrik untuk waktu yang cukup lama.

Jangan Memasukkan Makanan Panas

Meskipun kulkas merupakan tempat penyimpanan makanan. Tapi jangan pernah memasukkan makanan atau air panas langsung ke dalam kulkas. Hal ini sangat berbahaya dan dapat merusak kulkas. Karena hawa panas dapat mencairkan bunga es dan juga membuat kompresor di dalamnya mengalami kerusakan

Baca juga: Cara Memilih AC Low Watt yang Hemat Listrik

Pilih Lemari Es Yang Berkualitas

Aqua Japan sebagai salah satu perusahaan elektronik yang mengedepankan kemajuan teknologi selalu mencoba untuk memberikan yang terbaik bagi para konsumennya. Salah satu produk lemari es seri AQR-355IM dengan berbagai fitur unggulan seperti :

Navi Cooling 5+1 Mode Pendinginan

Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan navigasi dari 5+1 mode pendinginan yang tersedia. Ini dapat memastikan makanan dapat menjaga kesegaran makan untuk waktu lama.

360 Precise Cooling system

Memungkinkan penyebaran suhu sama hingga di sudut terjauh bagian dalam lemari es

Setelah memahami bagaimana cara merawat lemari es dengan baik, maka Aqua Japan AQR-355IM dapat menjadi pilihan sobat Aqua dalam menentukan pilihan lemari es di rumah Anda.

Itulah beberapa cara pemakaian kulkas yang perlu diperhatikan agar kulkas awet dan dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama. Jadi, jangan sembarangan pakai kulkas lagi ya sobat AQUA!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003