Tips Memperbaiki Mesin Cuci AQUA Japan

Halo sobat AQUA Japan Aqua! Kali ini kita akan memberikan tips mengenai bagaimana cara memperbaiki mesin cuci 2 tabung. Bagi Anda yang sudah akrab menggunakan mesin cuci otomatis dua tabung AQUA Japan seperti pada produk QW-870XT dan QW-871XT, sebelum membawanya ke service center sebaiknya memahami apa yang terjadi pada mesin cuci Anda. Berikut kami akan membedah bagaimana langkah-langkah dalam mengenali gejala-gejala kerusakan yang umumnya terjadi pada mesin cuci dua tabung. Diantaranya adalah :

Mesin Cuci Mengalami Mati Total

Dalam menggunakan mesin cuci salah satu kendala yang sering dihadapi oleh para pengguna adalah seringnya mesin cuci mengalami mati total.

Ada beberapa masalah yang dapat terjadi, salah satunya seperti apakah sudah teraliri listrik dengan baik. Jika memang belum, ada kemungkinan stop kontak atau aliran daya listrik Anda mengalami korsleting atau mengalami kerusakan. Untuk mencegah kerusakan semakin parah sebaiknya mengganti komponen stop kontak atau kabel yang digunakan.

Proses Mesin Cuci Bermasalah

Masalah selanjutnya yang sering dihadapi oleh pengguna mesin cuci adalah mesin pulsator atau dinamo yang berputar mengalami masalah. Karena ini merupakan komponen penting dalam sebuah mesin cuci. Untuk dapat bekerja secara maksimal, mesin harus dapat terus berputar.

Umumnya kerusakan yang terjadi pada pulsator atau mesin pemutar di mesin cuci dapat disebabkan beberapa hal. Yang pertama adalah beban pakaian yang terlalu penuh atau terlalu berat sehingga memaksa mesin tetap berputar. Alhasil daya yang dikeluarkan akan berkurang seiring berjalannya waktu kerja dinamo akan semakin berat sampai akhirnya mengalami kerusakan.

Penyebab kedua adalah banyak benda yang tertinggal pada pakaian lalu jatuh kedalam mesin pulsator. Otomatis benda yang jatuh seperti koin atau kancing celana yang berbahan logam sangat berbahaya bagi mesin pulsator.

Proses Perendaman Bermasalah

Diantara beberapa masalah pada mesin cuci yang umum terjadi, proses perendaman merupakan salah satu yang terpenting dalam kegiatan mencuci pakaian. Namun, tak jarang mesin cuci mengalami kendala pada proses perendaman.

Yang paling sering terjadi adalah rusaknya tombol “soak” untuk merendam pakaian. Umumnya terjadi karena tombol yang digunakan mengalami konsleting. Sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik tidak dapat menahan air untuk melakukan perendaman. Kemungkinan lainnya adalah penahan air mengalami kebocoran pada penampung tempat air. Yang akhirnya menyebabkan Anda tidak dapat melakukan perendaman atau soaking process.

Baca juga: Cara yang Baik Memilih AC Low Watt

Proses Pengeringan dan Pembuangan Bermasalah

Proses terakhir dalam mencuci pakaian adalah melakukan pengeringan dan pembuangan air pada pakaian. Seringkali pada proses pengeringan Anda kerap merasakan kendala-kendala seperti suara yang keras pada pada pengeringan pakaian membuat pengering tidak dapat bekerja secara maksimal. Sedangkan untuk proses pembuangan air sering mengalami kebocoran atau mampet.

Ada beberapa penyebab hal tersebut dapat terjadi diantaranya adalah pada saat akan mengeringkan pakaian tabung tidak terisi dengan penuh sehingga mengeluarkan bunyi gaduh yang sangat bising. Jika dibiarkan terus-menerus seperti itu, tabung pengering akan mengalami kerusakan pada mesin cuci. Untuk mencegahnya pastikan pakaian yang akan dikeringkan harus memenuhi tabung dengan sepenuhnya. Dengan begitu tabung akan berputar maksimal dan tidak membenturkan ke dinding atau pintu mesin cuci.

Untuk pembuangan yang bermasalah, biasanya disebabkan oleh kotoran sisa-sisa deterjen yang akhirnya menjamur dan membuat pembuangan air menjadi bermasalah. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat melakukan beberapa hal seperti membersihkan secara berkala buih-buih sisa deterjen yang membandel dengan menggunakan cuka. Cuka dapat berfungsi untuk mengangkat jamur karena sifat kimianya akan membasmi secara alami pada dinding atau bawah mesin cuci.

Panduan Keselamatan Dalam Menggunakan Mesin Cuci AQUA Japan

Hal terakhir adalah Anda harus memperhatikan faktor keamanan saat menggunakan mesin cuci. Baik bagi diri sendiri ataupun bagi orang disekitar Anda. Berikut adalah panduan keselamatan bagi Anda sobat AQUA Japan ketika akan mengoperasikan mesin cuci dua tabung AQUA Japan di dalam rumah Anda.

Semoga artikel ini dapat memberikan sobat AQUA Japan informasi dalam menjawab pertanyaan tentang bagaimana cara memperbaiki mesin cuci dua tabung AQUA Japan. Sampai jumpa sobat AQUA Japan!

AQUA JAPAN PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA JAPAN Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:30 - 16:30 WIB
Sabtu
08:00 - 16:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:30 - 16:30 WIB
Sabtu
08:00 - 16:00 WIB

SMS

0858-1000-3003

EMAIL

custcare@haier.co.id