Mengatasi Mesin Cuci Yang Tidak Berputar

Tips mengatasi mesin cuci tidak berputar

Halo sobat AQUA Elektronik! Mesin cuci merupakan salah satu alat yang sering digunakan. Tidak jarang mesin cuci mengalami gangguan-gangguan ringan. Seperti mesin cuci tidak berputar ataupun mesin pengering pakaian tidak berfungsi. Penyebab mesin cuci tidak berputar biasanya terjadi karena beberapa hal. Berikut adalah beberapa cara yang dilakukan untuk mengatasi penyebab mesin cuci tidak berputar atau kerap mengalami masalah.

Mesin Cuci Mati Total dan Tidak Menyala

Mesin cuci tidak berputar dan mati total

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi apakah mesin cuci benar-benar tidak dapat dihidupkan. Karena hal ini merupakan cara paling awal mengetahui masalah yang terjadi pada mesin cuci Anda. Ada 3 cara mudah yang bisa dilakukan, yang pertama adalah dengan mengecek aliran listrik pada stop kontak, kemudian cek juga apakah kabel power mesin cuci sudah tersambung dengan stop kontak dan ketiga pastikan tombol power sudah diaktifkan sebelum menggunakan mesin cuci

Mesin Cuci Tidak Mau Berputar

Mesin cuci tidak berputar

Selanjutnya hal yang kerap terjadi pada mesin cuci adalah seringkali proses pencucian mengalami masalah, yaitu mesin cuci tidak berputar meski sudah diaktifkan. 4 langkah diatas adalah langkah yang perlu dicek untuk memastikan masalah yang terjadi. Salah satu penyebab yang paling sering luput dari perhatian adalah mengenai batas ketinggian volume air. Pastikan Anda perhatikan mengenai batas air. Biasanya mesin cuci tidak beroperasi sampai mesin cuci memiliki air dengan volume ketinggian air tertentu. Nah, pastikan Anda memperhatikan batas volume pengisian air, sehingga mesin cuci dapat dijalankan maksimal.

Baca juga: Cara Menggunakan Mesin Cuci Otomatis yang Benar

Namun perlu diketahui, mesin cuci tidak berputar juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada dinamo. Biasanya kerusakan ringan yang sering dialami oleh dinamo adalah kotor atau bisa juga tersumbat. Untuk mengatasi permasalahan ini maka sebaiknya Sobat AQUA melakukan pembersihan mesin cuci secara berkala.

Proses Pengeringan Bermasalah

Proses pengeringan mesin cuci bermasalah

Setelah proses pencucian, maka tahap selanjutnya yang dilakukan adalah pengeringan. Pada mesin cuci dua tabung, umumnya proses pencucian dan pengeringan terjadi pada dua tabung yang berbeda. Kerusakan pada tabung pengeringan cukup sering terjadi. Untuk mengetahuinya Anda dapat mengecek fungsi tombol untuk proses pengeringan apakah masih berfungsi atau tidak.

Biasanya mesin pengering juga tidak dapat berfungsi apabila mesin terisi terlalu penuh, dan biasanya ini mengakibatkan tutup mesin cuci sedikit terbuka. Jadi pastikan ketika akan melakukan pengeringan pakaian, bagian dalam tabung sudah terisi tidak terlalu penuh agar dapat memutar dengan sempurna. Pastikan juga tutup tabung sudah tertutup rapat. Karena jika tidak, tabung tidak akan berputar.

Getaran Bising Pada Mesin Cuci

Getaran pada mesin cuci

Getaran pada mesin cuci sering terjadi dan cukup mengganggu. Ini bisa terjadi karena beberapa hal seperti posisi mesin cuci yang tidak sejajar sehingga membuat mesin cuci menjadi tidak seimbang dan ketika pencucian kerap terjadi getaran yang menghasilkan suara bising. Selain itu muatan yang terlalu penuh juga dapat membuat mesin cuci menghasilkan suara bising. Solusinya adalah menempatkan mesin cuci sesuai dengan permukaan yang datar dan juga mengatur volume pakaian yang akan dicuci sehingga suara bising dapat dihilangkan.

Baca juga: Cara Memilih AC Low Watt yang Tepat

Suara Mesin Tidak Normal

Suara mesin yang tidak normal

Suara mesin cuci yang tidak normal dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari mesin cuci itu sendiri ataupun ada material lain yang tercampur dan menyebabkan mesin cuci mengeluarkan suara yang aneh. Kebiasaan meletakan barang seperti uang atau jam pada kantong celana yang tertinggal juga dapat menjadi penyebab kenapa mesin cuci mengeluarkan suara yang aneh. Pastikan Anda memeriksa seluruh kantung untuk menghindari barang-barang lain selain baju ikut tercuci di dalam mesin.

Itulah tips untuk mengatasi mesin cuci tidak berputar dan gangguan mesin cuci lainnya. Jika Anda masih mengalami kendala pada mesin cuci, Anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut dengan menghubungi call center 0800-1-003-003 ataupun mengunjungi gerai AQUA Elektronik di kota Anda. AQUA Elektronik selalu memberikan Garansi serta pelayanan prima terhadap segala jenis produk. Semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat AQUA Elektronik sekalian!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003