4 Cara Mengatasi Kendala Pada Kulkas Side by Side

Cara Mengatasi Masalah pada Kulkas Side by Side

Kulkas side by side adalah peralatan yang jamak digunakan di rumah tangga. Kulkas jenis ini menjadi pilihan banyak pengguna karena memiliki banyak kelebihan seperti ruangan yang cukup besar sehingga dapat menyimpan berbagai jenis bahan makanan menjadi daya tarik utama.

Namun, sebagai peralatan elektronik. Tak jarang juga kulkas side by side mengalami berbagai kendala seperti tidak lagi dingin, freon habis, bunga es yang terlalu tebal dan sebagainya. Jika masalah seperti itu muncul, tentu akan membuat bahan makanan yang disimpan menjadi tidak segar dan akhirnya tidak dapat dipakai.

Cara Mengatasi Kendala Umum Pada Kulkas Side by Side

Untuk dapat mengatasi kendala yang muncul tersebut, ada beberapa cara memperbaiki kulkas side by side yang dapat sobat AQUA Elektronik lakukan. Diantaranya adalah :

Lemari Es Tidak Dingin

Ada beberapa faktor yang menyebabkan lemari es tidak dingin. Beberapa penyebabnya adalah kabel listrik copot atau kendor, tegangan listrik tidak stabil, Sikring MCB turun dan mungkin pengatur suhu sedang berada dalam posisi “off”.

Solusinya adalah dengan memastikan apakah aliran listrik pada lemari es sudah terpasang dengan tepat atau belum. Dan juga memastikan tidak ada masalah sepanjang aliran listrik dari kabel listrik hingga sikring MCB. Jika masalah terletak pada kabel listrik atau MCB maka sebaiknya mengganti dengan yang baru agar dapat tetap berfungsi. Ini sangat penting karena barang elektronik sangat bergantung pada listrik. Jika terjadi masalah, akan sangat rentan terhadap fungsi lemari es itu sendiri.

Baca juga: Kulkas 2 Pintu dengan Fitur Full Insulation

Lemari Es Berbunyi Berisik

Masalah selanjutnya yang sering terjadi pada setiap lemari es adalah seringnya timbul suara-suara yang cukup berisik. Ini cukup menggangu dan mengkhawatirkan bagi pemilik lemari es. Selain membuat suara yang cukup bising, tidak menutup kemungkinan akan terjadi kerusakan yang lebih parah.

Biasanya suara berisik dapat muncul akibat beberapa hal. Diantaranya adalah seperti diletakkan pada permukaan yang tidak rata sehingga kerja kompresor menjadi lebih berat dari biasanya diletakkan di tempat yang rata. Kemungkinan lainnya adalah kulkas diletakkan terlalu dekat dengan benda disekitarnya yang membuat suara kompresor memantul kepada tembok disekelilingnya.

Solusinya yang dapat dilakukan adalah meletakkan lemari es pada tempat yang memiliki permukaan rata dan juga tidak terlalu rapat dengan tembok disekitar. Dengan cara ini maka akan mengurangi suara bising yang dihasilkan oleh kompresor lemari es.

Terdapat Tetesan Air Dari Dalam Kulkas

Masalah lain yang sering muncul adalah munculnya tetesan air dari dalam kulkas kerap terjadi dan membuat khawatir pemilik kulkas apakah kulkas sedang rusak atau tidak. Ada beberapa penyebabnya diantaranya adalah seperti meletakkan kulkas di tempat lembab dan basah, selain itu penyebab lainnya bisa disebabkan oleh makanan panas yang diletakkan di dalam kulkas. Ini cukup berbahaya bagi kulkas, karena dapat merusak saluran pendingin yang ada di dalam kulkas.

Sebaiknya menghindari meletakkan lemari es di daerah yang lembab dan meletakkan masakan panas agar lemari es tidak mengeluarkan cairan berupa embun dari dalam. Alternatif lainnya adalah pastikan selalu menutup rapat pintu kulkas setiap menggunakan.

Baca juga: Cara Mencuci Menggunakan Mesin Cuci Otomatis

Bodi Lemari Es Merambat Listrik

Pernahkah Anda merasakan tersengat listrik ketika menyentuh lemari es. Jika Iya mungkin hal tersebut terjadi karena ada masalah pada aliran listrik. Kemungkinan yang paling jamak adalah kabel listrik biasanya terkelupas sehingga aliran listrik tidak dapat terinduksi dengan baik dan menyebabkan listrik merambat pada bodi kulkas.

Untuk menghindari kejadian tersebut, sobat AQUA Elektronik dapat melakukan pengecekan berkala terhadap kabel listrik. Kemungkinan terbesar terkelupasnya kabel listrik disebabkan korsleting dan juga digigit tikus. Jika ada kabel yang terkelupas sebaiknya ganti kabel lemari es untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

Setelah menyimak berbagai kendala umum yang sering ditemui dan cara mengatasinya pada kulkas side by side, semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat bagi sobat AQUA Elektronik dalam mengatasi masalah-masalah yang kerap muncul pada kulkas side by side.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003