Tips Cara Memilih AC

Halo sobat AQUA! Udara yang panas pada musim kemarau tentu sangat menganggu kenyaman penghuni rumah dalam berisitirahat atau kegiatan di dalam rumah. Untuk itu, peran AC (Air Conditioner) sangat penting dan seolah sudah menjadi kebutuhan bagi setiap rumah tangga. Terlebih dengan negara seperti indonesia yang memiliki iklim tropis dan cukup panas di musim kemarau.

Namun, untuk dapat memilih AC yang tepat digunakan di rumah perlu mempertimbangkan beberapa faktor. Faktor kesehatan, kemudahan dan fitur-fitur unggulan menjadi kunci dalam memilih AC. Berikut adalah tips memilih AC dari AQUA Elektronik :

1. Pehatikan Ukuran Ruangan

Ukuran ruangan adalah faktor utama yang harus dipertimbangkan jika ingin menggunakan AC split. Karena untuk menentukan jenis AC yang pas, harus memperhitungkan kekuatan kinerja AC dan luas ruangan dimana AC diletakkan. Sebagai contoh daya yang dihasilkan sebuah AC dinamakan satuan Paardekracht (PK). Untuk menghitungnya dapat menggunakan rumus panjang (x) lebar (x) tinggi / 3 (x) 500 dan menghasilkan sejumlah satuan panas yang dinamakan BTU (British Thermal Unit). Ini adalah satuan yang digunakan untuk mengukur panas suatu ruangan.

Jadi semisal ruangan memiliki luas 12 meter persegi maka akan menghasilkan sekitar 5000 BTU itu setara dengan kekuatan AC ½ PK. Jadi kesimpulannya dengan rumus tersebut adalah 1 ruangan dengan ukuran 12 meter masih aman jika menggunakan AC dengan kekuatan ½ PK. Dengan semakin besar ukuran ruangan maka akan semakin besar pula tenaga PK AC yang dibutuhkan untuk mendinginkan seluruh ruangan.

2. Tempat Pemasangan AC Yang Tepat

Setelah menentukan daya AC yang tepat untuk ruangan, maka langkah selanjutnya adalah memilih tempat yang tepat untuk pemasangan AC. hindari tempat-tempat yang terhalang oleh objek-objek besar seperti lemari ataupun buffet. Selain itu tempatkan di tengah-tengah ruangan sehingga mencapai suhu dingin pada ruangan yang diinginkan.

3. Jumlah Orang Dalam Ruangan

Masih berkaitan dengan suhu ruangan jika menggunakan AC, sebaiknya memperhatikan orang yang ada di dalam ruangan tersebut. Seperti yang sudah disinggung diatas mengenai penggunaan daya listrik yang dihasilkan oleh sebuah AC. Mungkin berdasarkan perhitungan sudah menggunakan tipe AC yang tepat. Namun ini bisa jadi tidak tepat jika di dalam ruangan tersebut diisi oleh banyak orang, dengan begitu perhitungan yang dilakukan menjadi tidak relevan.

Jika AC ½ PK digunakan pada kamar 12 meter persegi dan diisi oleh 2 orang, kondisi ini sudah sangat ideal. Namun jika diisi oleh orang banyak tentu suhu dingin menjadi berkurang dan perlu menggunakan AC berdaya 1PK atau 1.5 PK. Jadi selalu sesuaikan orang dalam suatu ruangan/rumah sebelum memilih AC.

4. Fitur-Fitur Unggulan

Fitur unggulan seperti teknologi inverter, fast cooling dan hemat listrik menjadi incaran para konsumen dalam memilih AC di rumah mereka. Dengan begitu Anda sebaiknya memahami berbagai fitur yang ditawarkan tersebut. Hampir semua produsen berlomba-lomba untuk menampilkan fitur AC terbaik masing-masing. Jangan mudah silau oleh harga murah yang ditawarkan oleh brand. Pilihlah AC yang sesuai dengan kebutuhan dan cocok untuk digunakan di rumah Anda.

AC AQUA Elektronik AQA-KCR5ANE

Untuk menjawab segala kebutuhan AC diatas, AQUA Elektronik Hadir dengan AC AQA-KCR5ANE yang dapat memenuhi kebutuhan Anda. Ada banyak fitur yang ditawarkan oleh AC ini, seperti :

Teknologi Inverter

Teknologi inverter sedang ramai digunakan oleh pada AC split. Dengan teknologi inverter, memungkinkan untuk penggunaan listrik yang lebih efisien. Ini dimungkinkan karena, pada AC inverter menggunakan tegangan arus balik yang akan diubah menjadi tegangan searah sehingga dapat menghemat listrik hingga 63% dibandingkan AC konvensional.

Fast Cooling

Seringkali jika baru menyalakan AC, membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat mendinginkan suhu ruangan. Namun dengan menggunakan AC AQUA Elektronik AQA-KCR5ANE, proses pendingan ruangan dapat dilakukan lebih cepat hanya sekitar 5 menit saja ruangan sudah dingin merata. Hal ini dimungkinkan karena AQUA Elektronik menggunakan kipas blower yang lebih besar dan juga dapat menjangkau sejauh 12 meter.

Wide Voltage

Fitur wide voltage memungkinkan AC mampu bekerja secara stabil dan optimal pada tegangan 160-240v. Dengan voltase seperti ini membuat tegangan listrik dapat lebih stabil dan Anda tidak perlu lagi repot-repot untuk memasang stabilizer guna mengatur tegangan listrik yang mengalir ke AC.

Blue Fin & Pure Copper

Dengan evaporator dan kondensor yang dilapisi oleh 100% tembaga, mampu meningkatkan pendinginan 25% lebih cepat. Karena aliran listrik menjadi lebih stabil dan merata. Lapisan blue fin juga untuk membuat unit AC menjadi lebih awet karena dapat mencegah korosi dan karatan pada permukaan AC. Sehingga udara yang dihasilkan jadi lebih bersih dan segar. Dengan banyaknya fitur yang dimiliki oleh AC AQUA Elektronik AQA-KCR5ANE, semakin menjawab kebutuhan Anda terhadap AC yang memiliki fitur unggulan dan dapat diandalkan di rumah Anda. Semoga tips memilih AC yang kami berikan dapat bermanfaat bagi sobat AQUA.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003