Mengetahui Penyebab Utama Kulkas Tidak Dingin

Lemari es atau kulkas merupakan su atu peralatan elektronik yang sudah hampir pasti dimiliki oleh setiap keluarga. Kulkas berfungsi untuk menyimpan makanan agar tetap segar dan tidak cepat busuk. Kulkas sendiri memiliki sistem pendinginan untuk menjaga kesegaran makanan yang disimpan.

Namun, biasanya setelah digunakan selama bertahun-tahun muncul kendala yang umum terjadi. Yakni kulkas tidak dingin atau dengan kata lain, suhu di dalam kulkas sudah mengalami penurunan suhu dingin. Sehingga tidak dapat menjaga kesegaran makanan secara maksimal. Berikut kami akan membahas mengenai penyebab utama kulkas tidak dingin dan cara mengatasinya.

Faktor Penyebab Kulkas Tidak Dingin

1. Freon Yang Sudah Habis

Ini merupakan faktor yang sering menjadi penyebab kulkas tidak dingin. Karena untuk dapat mengalirkan suhu dingin. Kulkas membutuhkan freon yang nantinya akan dikonversi menjadi suhu dingin oleh mesin kompresor.Ada baiknya untuk selalu mengecek ketersediaan freon secara berkala.

Bisa dalam jangka waktu 6 bulan atau bahkan 3 bulan sekali tergantung dari kapasitas kulkas. Semakin besar kulkas maka tentu akan semakin membutuhkan freon lebih banyak. Untuk itu, jika freon sudah habis sebaiknya segera panggil teknisi ataupun jasa service kulkas agar suhu dingin dalam kulkas tetap terjaga

2. Perhatikan Stop Kontak

Karena semua peralatan rumah tangga umumnya menggunakan stop kontak sebagai sumber energinya. Termasuk juga lemari es, Namun sering kali tidak menyadari apabila stop kontak yang digunakan tersebut apakah sudah berfungsi dengan baik? Stop kontak yang tidak berfungsi dengan baik bisa menjadi salah satu penyebab kulkas tidak dingin.

Untuk dapat mengetahuinya, kamu bisa mencoba menyambungkan peralatan elektronik lain ke sumber listrik tersebut. Apabila bisa berfungsi dengan baik, bisa jadi kabel kulkas tersebut hanya tidak kencang ketika dipasangkan ke stop kontak. Atau kemungkinan lainnya adalah stop kontak mengalami korsleting arus listrik yang membuat listrik tidak mengalir dan membuat kulkas jadi tidak dingin

3. Menyimpan Makanan Panas di Dalam Kulkas

Ini mungkin terdengar sepele, namun justru menimbulkan masalah yang membuat kulkas Anda menjadi tidak dingin dan tidak dapat digunakan. Dengan meletakkan bahan makanan yang memiliki suhu panas cukup tinggi. Maka akan membuat suhu dalam kulkas menjadi panas karena bunga es menjadi mencair dan menyebabkan saluran udara dingin mengalami kerusakan akibat suhu panas tersebut.

4. Pintu Kulkas Yang Tidak Tertutup Rapat

Pintu kulkas juga seringkali menjadi penyebab kulkas menjadi tidak dingin. Jika ini masalahnya, Anda harus tahu bagaimana cara memperbaiki karet pintu kulkas. Karena sering dibuka tutup, karet pintu kulkas rawan mengalami kerusakan sehingga menjadi longgar dan tidak tertutup rapat.

Tidak heran jika setelah beberapa lama, karet pintu kulkas akan mengalami kerusakan yang menyebabkan pintu kulkas tidak tertutup rapat dan udara dingin keluar. Memang, jika penutupnya kurang rapat, maka udara yang di dalam kulkas akan keluar dan berinteraksi dengan udara bebas sehingga suhu dingin di dalam kulkas akan menurun menyebabkan kulkas tidak dingin lagi.

Cara Mengatasi Kulkas Yang Tidak Dingin

Meskipun dapat mengganggu penggunaan pada kulkas. Namun, Anda dapat melakukan pencegahan dengan memaksimalkan beberapa cara berikut ini tanpa harus membawanya ke layanan service.

1. Lakukan Defrost Bunga Es

Cara memperbaiki kulkas tidak dingin ini bisa dilakukan jika penyebabnya adalah lubang angin yang tertutup bunga es. Hal ini paling sering terjadi. Ketika bunga es sudah terlalu tebal, sering kali lubang angin tertutup dan menyebabkan kulkas tidak dingin.

Pada jenis kulkas baru yang menggunakan sistem no frost, kulkas selalu menggunakan kipas untuk memastikan sirkulasi udara dingin ke dalam ruangan pendingin. Saluran inilah yang sering kali tertutup oleh bunga es. Cara memperbaikinya adalah dengan melakukan defrost atau mematikan kulkas untuk beberapa jam sebelum dihidupkan kembali. Pastikan seluruh pintu terbuka dan semua bunga es di sekitar kipas hingga selang sudah mencair.

Langkah terakhir adalah dengan membersihkan lapisan bagian dalam kulkas dengan kain kering. Ini bertujuan agar supaya sisa es yang dicairkan tidak membekas dan akhirnya membuat kulkas Anda lembab dan berjamur sehingga tidak sehat untuk menyimpan makanan.

2. Ganti Karet Kulkas

Pintu kulkas yang menggunakan lapisan karet juga seringkali menjadi penyebab kulkas tidak dingin. Karena sering dibuka tutup, karet pintu kulkas rawan mengalami kerusakan.

Tidak heran jika setelah beberapa waktu, karet pintu kulkas akan mengalami kerusakan yang menyebabkan pintu kulkas tidak tertutup rapat dan udara dingin keluar.

Memang, jika penutupnya kurang rapat, maka udara yang di dalam kulkas akan keluar dan berinteraksi dengan udara bebas sehingga suhu dingin di dalam kulkas akan menurun menyebabkan kulkas tidak dingin lagi.

3. Cek Bagian Belakang Kulkas

Karena freon merupakan elemen yang sangat penting. Mengetahui kondisi freon kulkas bisa diketahui dengan cara memegang bagian belakang kulkas yang berdekatan dengan kulkas. Bagian ini seharusnya akan terasa panas freon akan dilepaskan di sini. Jadi, jika bagian belakang ini tidak terasa panas, itu berarti freon kulkas sudah habis dan perlu diisi lagi.

Selain karena freon kulkas habis, freon juga dapat mengalami kebocoran. Freon kulkas bocor sering terjadi karena kesalahan penggunaan, dimana orang membersihkan bunga es menggunakan benda tajam seperti sendok atau garpu. Hal ini dapat menyebabkan evaporator tertusuk dan terjadilah kebocoran freon. Jika freon kulkas bocor, Anda harus menambal kebocorannya terlebih dahulu menggunakan lem khusus sebelum mengisi freon kulkas lagi.

4. Pilih Kulkas Yang Berkualitas

Ini merupakan salah satu opsi yang bisa Anda pilih untuk mengatasi masalah kulkas yang tidak dingin. AQUA Japan selalu memberikan kualitas terbaik terhadap produk elektroniknya. Termasuk untuk kulkas atau lemari es.

Dengan kulkas AQUA Japan AQR-405IG berbagai masalah yang menjadi penyebab kulkas tidak dingin dapat diatasi. Karena memiliki berbagai fitur canggih yang membuat lemari es memiliki suhu dingin yang stabil.

Salah satu fitur Andalan yang dimiliki adalah 360° Air Flow yang mampu menyalurkan udara dingin hingga ke sela-sela bagian dalam secara menyeluruh sehingga dinginnya menjadi merata. Udara dingin dialirkan secara merata melalui sebuah sistem pendinginan melingkar ke seluruh permukaan lemari es, dengan saluran udara yang tersembunyi rapi.

Selain itu, teknologi inverter juga menjadikan penggunaan energi listrik lebih hemat dan memberikan dingin lebih cepat. Jadi tidak perlu khawatir akan masalah yang menjadi penyebab kulkas tidak dingin di rumah Anda.

AQUA JAPAN PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA JAPAN Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:30 - 17:00 WIB
Sabtu
07:30 - 16:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:30 - 17:00 WIB
Sabtu
07:30 - 16:00 WIB

LIVE CHAT

0858-1000-3003

EMAIL

custcare@haier.co.id