Cara Tepat Mencuci Baju Batik Agar Warna Tidak Pudar

Mungkin sobat Aqua sudah sangat familiar dengan kain batik. Kain batik sendiri merupakan pakaian yang biasanya dipakai pada saat hari-hari besar atau upacara yang bernuansa formal seperti pernikahan, hari besar agama, pelantikan jabatan dan sebagainya.

Sejak ditetapkannya Hari Batik Nasional, menjadikan baju batik sebagai baju wajib yang ada di dalam lemari kita semua. Beberapa kegiatan kadangkala mewajibkan untuk memakai pakaian batik.

Motif batik pun saat ini semakin beragam, hampir setiap daerah di Indonesia memiliki motif yang beragam. Sehingga batik selalu cocok dipadu padankan dalam segala kegiatan formal atau semi formal. Namun, banyak orang yang kurang mengetahui bagaimana cara mencuci baju batik agar tidak pudar. Berikut ini akan diulas beberapa cara mencuci baju batik yang benar bagi sobat Aqua.

Cara mencuci kain batik yang benar

Cara mencuci baju batik sangat berbeda dengan kain lainnya, agar desain dan warnanya tidak luntur. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mencuci baju batik, seperti :

1. Dicuci secara manual

Ketika mencuci baju batik sebaiknya dilakukan secara manual atau menggunakan tangan. Sebab ketika mencuci dengan tangan akan menjaga serat kain batik tetap awet.

2. Hindari penggunaan deterjen

Kandungan kimia keras yang terdapat dalam deterjen sangat tidak cocok dengan batik. Sebaiknya gunakan sabun berbahan alami yang mengandung buah lerak.

3. Jangan diperas

Baju batik rentan luntur warnanya, jadi sebaiknya setelah dicuci tidak meremasnya terlalu keras. Hal ini juga dapat menghindarkan kain batik ketika kering menjadi kaku. Oleh karena itu, baju batik sebaiknya hanya dibentangkan saja.

4. Hindari terkena sinar matahari langsung

Sinar matahari langsung dapat membuat warna dan malam yang terdapat di kain batik menjadi luntur. Baju batik sebaiknya cukup dianginkan saja hingga kering.

Hati-hati ketika menyetrika baju batik. Cara merawat baju batik agar warna tidak cepat pudar adalah melapisi dengan kain lain saat hendak menyetrikanya. Gunakan temperatur suhu yang tidak terlalu tinggi ketika menyetrika baju batik agar malam pada kain tidak luntur.

Cara mencuci kain batik tulis

Cara merawat batik tulis perlu hati-hati. Karena proses pembuatan batik tulis yang tidak mudah dan teknik pewarnaannya yang dibuat dengan tangan. Sehingga membuat batik tulis menjadi barang istimewa yang harus kita jaga dan rawat dengan baik. Lalu bagaimanakah cara mencuci kain batik tulis yang disarankan?

1. Cuci pakai tangan

Penggunaan mesin cuci dapat merusak serat kain, warna dan tekstur kain.

2. Gunakan lerak atau shampo

Buah lerak banyak dijumpai di toko kain tradisional. Jika sulit mendapatkannya kamu bisa menggunakan shampo.

3. Bersihkan noda membandel dengan sabun mandi atau kulit jeruk

Sabun mandi/ kulit jeruk dapat dipakai untuk menghilangkan noda membandel pada kain batik tulis. Caranya usapkan sabun mandi/ kulit jeruk di atas noda membandel. Diamkan kurang lebih 10 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat.

4. Jangan langsung diperas

Sebaiknya batik tulis yang basah tidak langsung diperas agar tekstur dan serat batik menjadi kaku.

5. Jemur di tempat teduh

Sinar matahari langsung yang terik akan membuat warna kain batik cepat pudar.

Bagi sobat Aqua tidak perlu pusing memikirkan bagaimana cara mencuci baju batik agar tidak pudar. Karena mesin cuci Aqua Japan yang memiliki fitur hand wash akan memutar pakaian dengan lembut. Baru-baru ini, Aqua Japan mengeluarkan beberapa washing machine dengan fitur batik care atau batik mode.

Produk AQW-910DD yang diluncurkan oleh Aqua Japan memiliki beberapa fitur unggulan seperti Fuzzy logic yang dapat menyesuaikan jumlah air dengan berat pakaian. Mesin cuci ini juga berfitur air intake technology yang dapat mempercepat proses pengeringan dengan menarik udara dari luar.

Mesin cuci ini merupakan mesin yang memiliki fitur batik care yang digunakan untuk mencuci kain batik secara khusus. Fitur batik care ini adalah fitur pencucian khusus batik dengan pencucian lembut dan menyeluruh. Sehingga serat pada batik tidak akan rusak dan warna kain tidak pudar.

AQUA JAPAN PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA JAPAN Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:30 - 16:30 WIB
Sabtu
08:00 - 16:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:30 - 16:30 WIB
Sabtu
08:00 - 16:00 WIB

SMS

0858-1000-3003

EMAIL

custcare@haier.co.id