Cara Membersihkan Kaca Kulkas Showcase Dengan Mudah dan Aman

Kulkas showcase yang saat ini menjadi tren, banyak digunakan di area-area perbelanjaan, restaurant sampai warung-warung kecil. Hal yang menyebabkan kulkas showcase ini banyak dicari adalah pintu depan dari kulkas tipe ini yang terbuat dari kaca. Sehingga bisa menunjukan isi dari kulkas tersebut tanpa harus membukanya.

Selain berfungsi untuk mendinginkan minuman, juga bisa berfungsi untuk menampilkan minuman sehingga menarik untuk konsumen, dan juga di dalam kulkas tersebut terdapat rak yang tersusun rapih. Showcase cooler atau mesin pendingin minuman ini mempunyai suhu kisaran 2 sampai dengan 8 derajat celcius sehingga suhu tersebut cocok untuk minuman kemasan atau minuman botol.

Salah satu hal yang penting dari kulkas ini adalah kaca dari bagian depan kulkas. Untuk mengetahuinya, kita akan membahas apa sebenarnya kaca showcase dan kaca tipe apa yang cocok untuk kulkas tipe ini.

Kaca Showcase

Selain memiliki beragam bentuk, kulkas dengan tipe showcase ini juga memiliki berbagai macam tipe kaca untuk pintu depan kulkas. Ada kulkas showcase yang menggunakan kaca Low-E dan ada pula kulkas yang terbuat dari kaca tempered glass. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup mendasar, diantaranya:

Kaca Low-E

Low-e glass (low-emissivity glass) adalah kaca dengan emisivitas rendah, sehingga mampu memfilter penerimaan panas matahari. Emisivitas (emissivity) adalah kemampuan permukaan material untuk melepas energi panas. Kemampuan lain low e-glass adalah memantulkan sebagian besar energi agar tidak keluar, sehingga mengurangi terjadinya udara yang keluar seperti berembun.

Kaca Tempered Glass

Berbeda dengan kaca Low-E tipe kaca tempered glas lebih mengedepankan kekuatan lapisan kaca dan tampilanya yang berkilau. Kaca tipe ini tidak banyak merefleksikan sinar cahaya matahari, namun untuk kebutuhan di dalam ruangan kaca tipe ini akan memiliki penampilan yang menarik.

Kedua kaca tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga sobat Aqua bisa bebas memilih apa kebutuhanya. Setelah memahami dua tipe kaca, Sobat juga harus memahami beberapa cara untuk membersihkan kaca dari kulkas showcase tersebut.

Cara Membersihkan Kaca Kulkas Showcase

Untuk membuat kulkas showcase memiliki umur yang panjang, sobat Aqua perlu membersihkanya secara berkala. Salah satu satu masalah dari kulkas showcase ini adalah kacanya yang cepat berembun atau kaca yang mulai kotor dan buram.

Salah satu cara untuk membersihkan kaca kulkas showcase adalah dengan menyemprotkan cairan pembersih kaca secara berkala. Selain itu, untuk membersihkan embun, Sobat hanya perlu menyeka dengan lap kain yang kering. Lalu untuk mengurangi pengembunan kembali sobat bisa menggeser showcase ke posisi yang lebih sejuk atau mengatur suhu showcase agar tidak berbeda jauh dengan suhu ruangan. Embun terjadi akibat perbedaan suhu ruangan dengan suhu di dalam ruang showcase.

Selain kaca kulkas showcase hal yang harus juga diperhatikan adalah perawatan di beberapa komponen seperti:

1. Bagian dalam Showcase

Bersihkan kulkas showcase dengan lap kering yang lembut jika sangat kotor, bersihkan dengan kain basah dengan sedikit deterjen. Jangan menggunakan deterjen alkali atau asam atau hal semacamnya karena akan menyebabkan permukaan kulkas showcase rusak.

2. Kondensator

Lakukan pengecekan dan perbaikan secara berkala Setiap 6 bulan Sekali

Cara membersihkan kondensor:

  • Lepaskan steker listrik dari soket
  • Lepaskan sekrup yang menahan panel dengan obeng dan lepaskan panel depan.
  • Lepaskan sekrup di dasar mesin produk dan tarik alas ke sisi depan secara perlahan (harap berhati-hati terhadap semua pipa dan semua kabel listrik).
  • Bersihkan debu dan kotoran yang melekat pada kondensor dengan sikat dengan menyikat ke atas dan ke bawah.

3. Wadah Air (tray)

Cuci Dengan Air sekali setiap bulan. Bersihkan wadah dari kotoran dengan air, setelah dibersihkan pasang kembali wadah ke tempat semula dan pastikan pengaitnya terpasang kembali.

4. Steker Listrik

Lepaskan steker listrik dari soket, dan bersihkan semua debu atau kotoran pada terminal. Juga, bersihkan debu dan kotoran di sekitar kabel listrik. Tunggu 5 menit sebelum menyambungkan kembali kabel daya setelah dibersihkan.

Untuk membersihkan saluran drainase, mesin kulkas dan lampu pada kulkas showcase, ada baiknya kamu meminta teknisi dari Aqua Japan. Selain lebih profesional, perbaikan dari teknisi juga akan mendapatkan garansi tertentu. Sobat Aqua bisa mencari layanan service kami pada halaman service center.

Setelah mengetahui tipe kaca dan cara membersihkanya. Untuk kebutuhan kamu kami merekomendasikan kulkas showcase type AQB-340VL untuk berbagai kebutuhan. Fasilitas dari kulkas showcase Aqua Japan ini diantaranya:

- Vertical LED

Tambahan lampu LED vertikal membuat cahaya dapat tersebar sampai ke bagian bawah.

- Double Panes Low E-Glass Door

Dapat mengurangi panas dari sinar UV dan menjaga suhu didalam lebih stabil.

- Low Voltage Starting

Dilengkapi dengan kompresor yang mampu bekerja di tegangan rendah hingga 160V.

- Business / Home Use

Dapat digunakan untuk keperluan usaha atau penggunaan rumah tangga.

- Digital Temperature

Dengan adanya penunjuk suhu lebih memudahkan anda dalam mengatur suhu pada unit.

- Anti Fog & Dew

Kaca anti embun untuk tampilan produk yang lebih baik.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003