Tata Cara Mengeringkan Pakaian di Mesin Cuci Yang Tepat

Pakaian merupakan salah kebutuhan dasar manusia. Untuk itu, pakaian harus tetap bersih agar dapat nyaman dipakai sehari-hari. Selain itu aktivitas yang tinggi khususnya di perkotaan membuat pakaian menjadi cepat lusuh dan kotor sehingga harus sering dicuci.

Jika jaman dahulu orang mencuci pakaian dengan menggunakan tangan dan alat bantu seadanya. Kini berkat kemajuan teknologi, kegiatan mencuci pakaian dan mengeringkan pakaian dapat menjadi lebih mudah menggunakan mesin cuci.

Cara Mencuci dan Mengeringkan Pakaian di Mesin Cuci Anda

untuk dapat mencuci pakaian dengan tepat, dibutuhkan teknik yang benar. Masih banyak orang yang belum memahami bagaimana pentingnya cara mencuci dan cara mengeringkan pakaian di mesin cuci. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan tips yang bisa digunakan oleh sobat Aqua. Simak terus ya!

Perhatikan Putaran Mesin Cuci

Setiap mesin cuci memiliki siklus pengeringan dan siklus putaran yang berbeda-beda. Gunakan siklus putaran yang sesuai untuk setiap jenis bahan pakaian Anda. Idealnya setiap bahan pakaian dicuci pada putaran seperti dibawah ini :

  • Siklus rendah (sekitar 500-800 rpm) untuk bahan wol dan bahan tipis seperti pakaian dalam.
  • Siklus sedang-rendah (sekitar 800-1000 rpm) cocok untuk bahan sintetik.
  • Siklus sedang-tinggi (1000-1200 rpm) cocok untuk bahan katun.
  • Siklus tinggi (1200 rpm ke atas) cocok untuk bahan pakaian yang sangat tebal tebal dan kuat macam handuk atau jeans.

Jika Anda bingung dengan banyaknya pilihan mesin cuci dan pengering, mulai dari mesin cuci satu tabung atau dua tabung serta yang bertipe front loading atau top loading.

Setiap jenis mesin cuci memiliki cara mengeringkan yang berbeda-beda. Begitupun dengan fungsi-fungsi dan fitur yang terdapat dalam mesin cuci. Tujuannya adalah memberikan kemudahan serta dapat memberikan hasil cuci yang bersih dan bebas dari kuman, virus serta bakteri.

Sesuaikan Kapasitas Tabung Pencucian/Pengeringan

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan menyesuaikan kapasitas mesin cuci Anda. Umumnya mesin cuci dapat menampung beban pakaian hingga 7-8 kilo tergantung kapasitasnya. Namun meskipun begitu, alangkah baiknya untuk memberikan ruang yang cukup ketika akan melakukan proses pengeringan pada pakaian. Dengan begitu pakaian dapat menjadi lebih cepat kering secara merata jika dibandingkan dengan memaksakan kapasitas mesin cuci.

Jemur Pakaian di Terik Matarahari

Meskipun terdengar klasik, menjemur pakaian di terik matahari dapat mempercepat proses pengeringan. Dengan bantuan sinar matahari pakaian menjadi lebih cepat kering dan bebas dari kuman. Fungsi panas matahari dapat membunuh kuman dan bakteri yang menempel pada pakaian dari sisa cucian. Sehingga membuat pakaian lebih mudah disetrika dan nyaman digunakan.

Perbedaan Cara Mengeringkan Baju di Mesin Cuci Satu Tabung dan Dua Tabung

Mesin cuci yang beredar di pasaran sekarang ini kebanyakan adalah mesin cuci top loading (bukaan atas) dan mesin cuci front loading (bukaan depan). Meskipun demikian, mesin cuci dua tabung juga masih digunakan di beberapa rumah.

Cara Mengeringkan Mesin Cuci Satu Tabung (Otomatis)

Untuk mesin cuci dengan tipe seperti ini, siklus pencucian dan siklus pengeringan akan berjalan dengan otomatis. Anda tinggal memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci, menambahkan detergen, lalu memilih pengaturan siklus yang sesuai. Mesin cuci akan bekerja otomatis sampai pengeringan selesai dan Anda tinggal menjemur pakaian.

Pada setiap mesin cuci biasanya terdapat fitur yang memudahkan Anda dalam melakukan proses pengeringan pakaian. Pada mesin cuci Aqua Japan seri FQD-105728QD

FQW-105826QD terdapat fitur Anti Bacterial Technology yang membuat pakaian menjadi lebih bersih dan bebas bakteri serta kuman penyakit.

Cara Mengeringkan Pakaian di Mesin Cuci Dua Tabung

Cara mengeringkan pakaian di mesin cuci dua tabung. Dengan mesin cuci tipe ini, Anda harus menjalankan mesin terlebih dulu untuk siklus pencucian dengan langkah-langkah awal yang sama seperti di atas. Bedanya, setelah siklus pencucian selesai, Anda harus memindahkan pakaian yang telah dicuci untuk dikeringkan di dalam tabung yang kedua.

Kekurangan dari mesin cuci satu tabung adalah proses pencuciannya yang memakan waktu. Anda membutuhkan beberapa kali proses pencucian mulai dari perendaman, pencucian hingga memindahkan ke tabung pengeringan. Namun, begitu meskipun prosesnya cukup panjang tetap memberikan hasil pengeringan yang maksimal.

Kesimpulan

Setelah menyimak penjelasan diatas tentang cara mengeringkan pakaian di mesin cuci. Semoga dapat memberikan informasi yang cukup bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara mengeringkan pakaian baik di mesin cuci satu tabung ataupun dua tabung.

Fitur Anti Bacterial Technology Mampu Bunuh Kuman dan Virus

Salah satu manfaat yang didapat dari mengetahui cara mengeringkan pakaian yang baik adalah dapat membasmi kuman dan bakteri yang melekat di pakaian setelah proses pencucian. Selain itu fitur mesin cuci juga dapat membantu untuk menghilangkan bakteri tersebut. Aqua Japan sendiri memiliki teknologi Anti Bacterial Technology pada product Mesin Cuci FQW-120876QD yang membuat pakaian menjadi lebih bersih dan bebas bakteri serta kuman penyakit.

Jadi sobat Aqua dapat menggunakan pakaian secara bersih dan bebas bakteri. Mengingat kondisi saat ini, bakteri dan virus dapat tumbuh dan berkembang tanpa kita sadari. Maka fitur Anti Bacterial Technology pada Aqua Japan dapat memberikan proteksi maksimal pada pakaian Anda.

AQUA JAPAN PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA JAPAN Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:30 - 16:30 WIB
Sabtu
08:00 - 16:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:30 - 16:30 WIB
Sabtu
08:00 - 16:00 WIB

SMS

0858-1000-3003

EMAIL

custcare@haier.co.id