Ini Dia Cara Mengetahui Kebocoran Freon Chest Freezer

Kebocoran freon freezer merupakan salah satu dari sekian hal yang tidak diinginkan oleh para pengguna chest freezer ataupun kulkas. Peran freezer yang krusial untuk menjaga bahan makanan tetap beku agar saat dibutuhkan masih dalam keadaan segar akan terganggu dengan adanya kerusakan pada freezer tersebut.

Freon sendiri merupakan senyawa alifatik yang mengandung hidrogen, klorin atau bromin. Freon sendiri berfungsi sebagai bahan pendingin yang berbentuk gas atau cairan yang tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak mudah terbakar. Di dalam freezer gas tersebut disimpan di dalam sebuah tabung freon yang biasanya terletak di bagian belakang freezer tersebut.

Masalah pada freezer biasanya ditandai dari beberapa hal diantaranya mati total, kurang dingin ataupun tidak dingin. Hal ini harus sobat tindak lanjuti dengan mengecek tabung gas dari freon yang biasanya ada di bawah bagian belakang atau samping, dua hal umum yang sering terjadi adalah kebocoran freon atau habisnya freon chest freezer.

Cara Mengetahui Freon Chest Freezer Habis

Masalah lain yang paling sering menjadi penyebab chest freezer tidak dingin adalah karena freonnya yang habis. Kondisi freon freezer bisa diketahui dengan cara memegang bagian belakangnya yang berdekatan dengan grill chest freezer. Bagian ini seharusnya akan terasa panas karena gas freon akan dilepaskan di sini. Namun, jika bagian belakang ini tidak terasa panas, itu berarti freon freezer sudah habis dan perlu untuk diisi kembali.

Selain itu, sobat AQUA Japan juga perlu memastikan Bila takut untuk memegang mesin kompresor dalam keadaan listrik tertancap, cukup mendengar dan memegang compressor sesudah listrik di lepas apakah badan mesin kompresor dingin, hangat atau panas.

Bila mesin compressor panas tidak bergetar kuat dan ada tanda bunyi klik, berarti kerusakan ada pada PTC Relay atau kompresor itu sendiri. Jika mesin tidak hidup sama sekali, tidak hangat atau panas, kemungkinan kerusakan pada pengatur suhu ( thermostat ), Overload mesin kompresor atau masalah kabel putus atau terlepas.

Namun, jika mesin kompresor hidup bergetar hangat atau panas namun chest freezer kurang dingin atau tidak dingin, kemungkinan terjadi kebuntuan atau bocor pada gas freon (refrigerant). Hal ini perlu perhatian khusus untuk melakukan perbaikan.

Cara Mengetahui Kebocoran Freon chest freezer

Cara Mengatasi Freon Chest Freezer yang Bocor

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan diatas, freezer dengan freon yang bocor akan mengalami suhu yang kurang dingin atau tidak dingin dengan mesin kompresor hidup bergetar hangat atau panas. Ada beberapa hal yang harus sobat AQUA Japan lakukan jika terjadi kebocoran freon pada freezer, diantaranya:

  • Mengganti Evaporator

Untuk kerusakan yang menyebabkan lubang hingga lebih dari 5 mm, maka cara memperbaikinya hanya dengan mengganti evaporator. Apalagi untuk freezer yang sudah lebih dari 1 bulan mengalami kebocoran. Maka satu-satunya jalan, yaitu dengan mengganti evaporator dengan yang baru.
.

  • Menambal Evaporator

Ada dua teknik penempelan evaporator pada freezer yaitu dengan menggunakan lem hijau, atau menggunakan pakan kawat las aluminium. Sobat bisa menempel bagian yang bocor tadi, dengan menggunakan lem hijau ini, secara khusus dapat digunakan untuk menambal evaporator yang bocor.

Bentuknya mirip seperti kapur tulis. Untuk memperkuatnya, bisa menggunakan lem Alteco. Bisa juga dengan menambal menggunakan kawat las aluminium, namun cara ini cukup sulit.

  • Mengganti Oli Kompresor dan Filter Kapiler

Mengganti oli kompresor dan filter kapiler diperlukan ketika oli kompresor bercampur dengan air, maka perlu mengganti oli kompresor. Sedangkan penggantian filter kapiler, diperlukan apabila proses pengisian ulang gas freon terjadi kebocoran pipa.

Jika sobat AQUA Japan ragu untuk memperbaikinya sendiri, kami menyarankan sobat AQUA Japan untuk menghubungi service center terdekat kami.

Itulah beberapa cara mengetahui dan memperbaiki secara sederhana mengenai kebocoran freon dalam freezer.Kami merekomendasikan untuk menggunakan chest freezer AQUA Japan yang memiliki daya tampung yang luas dan memiliki kompresor dengan freon R600. Selain lebih kuat untuk jangka panjang, kompresor dengan freon R600 juga lebih hemat listrik hingga 25%.


Chest freezer yang memakai kompresor dengan freon R600 adalah tipe AQF-350R milik AQUA Japan. Selain itu, freezer tipe ini memiliki fitur yang lengkap diantaranya ada Super fast freezing, Bigger Capacity, Cooling Retention, White Coating Inner Liner, LED Interior Light, Extra Thickness Lid, Counterbalanced Lid, dan Eco-Friendly. Untuk produk yang lain dan lebih lengkapnya kamu bisa cek di halaman produk AQUA Japan.

AQUA JAPAN PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA JAPAN Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:30 - 16:30 WIB
Sabtu
08:00 - 16:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:30 - 16:30 WIB
Sabtu
08:00 - 16:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003

EMAIL

custcare@haier.co.id