Kenali Jenis Kulkas Fridge, Freezer dan Showcase Sebelum Membeli

Halo sobat Aqua! Kulkas atau pendingin ruangan memiliki beberapa jenis. Setiap jenis memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda-beda. Umumnya kita mengenal beberapa jenis kulkas yang dijual di pasaran seperti kulkas refrigerator, chest freezer dan showcase cooler.

Perbedaan Antara Jenis Kulkas Fridge, Freezer dan Showcase

Pada artikel kali ini kami akan mencoba membahas mulai dari bentuk fisik, fungsi hingga kinerja yang diberikan oleh masing-masing perbandingan kulkas diatas. Jadi Anda sebagai konsumen dapat mengenali dan menyesuaikan kebutuhan sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli kulkas tersebut.

Bentuk Fisik

Bentuk Fisik Kulkas Fridge

Secara umum kulkas berbentuk fridge adalah salah satu yang paling sering kita temukan. Bentuknya yang vertikal ke dan terkesan ramping sangat cocok untuk di tempatkan di dalam rumah sehingga tidak membutuhkan ruang yang terlalu banyak. Begitu juga untuk rumah yang tidak terlalu kecil akan sangat cocok dan mudah untuk di tempatkan.

Selain itu, kulkas jenis ini memiliki banyak varian yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Mulai dari kulkas satu pintu, kulkas dua pintu hingga kulkas multi door yang memiliki kapasitas cukup besar untuk dapat menyimpan makanan dan minuman bagi seluruh anggota Keluarga Anda.

Bentuk Fisik Chest Freezer

Sedangkan bentuk chest freezer sendiri agak berbeda dibandingkan dengan kulkas fridge. Karena bentuknya lebih melebar atau memanjang secara vertikal. Dengan demikian ada banyak ruang yang bisa digunakan untuk menyimpan bahan makanan.

Umumnya jenis makanan yang disimpan ini berupa makanan beku seperti daging sapi,kambing, ikan, ayam maupun jenis sayuran yang dapat bertahan di suhu freezer. Di dalam chest freezer sendiri biasanya terdapat beberapa sekat di dalamnya. Ini juga berfungsi untuk menghindari terjadinya percampuran aroma atau bau yang akhirnya membuat makanan yang disimpan menjadi tidak segar lagi.

Perbedaan Antara Jenis Kulkas Fridge, Freezer dan Showcase


Bentuk Fisik Showcase Cooler

Begitupun dengan jenis kulkas showcase cooler. Meskipun berbentuk seperti kulkas fridge dengan memanjang ke atas, namun perbedaan terletak pada interior dalam showcase. Karena bertujuan sebagai showcase atau etalase minuman umumnya. Bagian dalam showcase adalah berupa rak-rak yang akan dipenuhi oleh minuman yang akan dipajang.

Kapasitas dan Pengaturan Letak Kulkas

Ini juga merupakan hal yang dapat menjadi pertimbangan Anda dalam menentukan kulkas mana yang dibutuhkan baik untuk keperluan apapun. Misal di rumah ataupun bisnis dan lain-lain.

Dalam hal kapasitas penyimpanan, kulkas fridge memiliki kemudahan dalam proses pengaturan tata letak. Selain bentuknya yang ramping dan vertikal sehingga tidak memakan ruangan terlalu banyak. Kapasitasnya juga bisa disesuaikan dengan banyaknya kebutuhan di rumah Anda.

semakin banyak pintu maka akan semakin banyak bahan makanan yang bisa disimpan. Bahkan pada kulkas Aqua Japan terdapat fitur cosmetics box yang mampu menyimpan berbagai kebutuhan kosmetik dan juga obat-obatan sehingga aman dari jangkauan anak-anak.

Sedangkan chest freezer juga tidak kalah luasnya apabila dibandingkan dengan kulkas fridge ataupun showcase cooler. Namun fungsinya yang berbeda juga dapat diperhitungkan lagi karena hanya dapat digunakan untuk menyimpan makanan atau minuman yang mampu dibekukan saja. Karena cenderung didesain melebar, sehingga cenderung memakan ruangan yang cukup besar. Sebaiknya Anda meninjau ulang jika hanya memiliki space yang tidak terlalu besar.

Sementara itu showcase cooler tampaknya lebih ditujukan bagi para pengusaha yang membutuhkan etalase atau tempat penyimpanan bagi minuman yang dijual. Meskipun cenderung ramping dan hemat ruang. Lagi-lagi faktor fungsi dan kebutuhan menjadi pertimbangan ketika akan memboyong showcase cooler di rumah Anda.

Namun, karena fungsinya yang hanya untuk mendinginkan makanan dan minuman, sering kali anda merasa kesulitan ketika akan mengatur tata letak yang sesuai untuk berbagai barang di dalamnya karena banyaknya slot atau bahkan ruang yang kurang luas untuk menaruh bahan mentah dengan ukuran dan jenis yang berbeda-beda.

Fitur Unggulan Kulkas Fridge, Freezer dan Showcase

Fitur

Fridge

Freezer

Showcase

Fungsi

Menyimpan makanan dan minuman di rumah. Berfungsi sebagai tempat penyimpanan utama

Membekukan makanan. Umumnya digunakan sebagai tempat menyimpan makanan beku seperti berbagai jenis daging daging dan sayuran. Juga biasa digunakan di toko es krim.

Biasa digunakan penjual minuman dan makanan. Bertujuan agar terlihat langsung dari depan sebagai etalase dan juga pemanis ruangan.

Suhu Maksimal

Mampu mencapai suhu 0 derajat celcius. Bahkan lebih pada bagian freezer

Merupakan yang paling dingin karena merupakan tempat penyimpanan makanan beku. Mampu mencapai suhu hingga -30 derajat celcius.

Karena hanya merupakan tempat etalase minuman maka showcase cooler dapat mendinginkan di suhu 0 - 10 derajat celcius.

Konsumsi Daya Listrik

90 - 250 watt

100 - 500 watt tergantung ukuran freezer

180 - 350 watt

Kesimpulan

Setelah mendapatkan informasi yang cukup mengenai perbedaan kulkas fridge, freezer dan showcase. Semoga dapat membantu Anda dalam memahami dan menjawab kebutuhan Anda akan kulkas yang tepat digunakan di dalam rumah Anda. Untuk Anda yang mencari chest freezer yang dingin maksimal, bisa coba seri Chest Freezer Turbo Fan Series dari Aqua Japan.

Chest Freezer Dari Aqua Japan, Dingin Maksimal!

Aqua Japan memiliki pilihan chest freezer yang mampu mengakomodasi kebutuhan Anda seperti pada seri AQF-150TF yang merupakan Chest Freezer Turbo Fan Series. Dengan berbagai fitur unggulan dari Aqua Japan seperti 48H Cooling Retention yang menjamin freezer tetap dingin meskipun tidak memiliki daya atau sudah dimatikan selama 48 jam. Jadi Anda tidak perlu khawatir makanan yang disimpan tidak fresh lagi jika terjadi mati listrik.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003