Berapa Hal Terkait Garansi AC yang Perlu Anda Tahu

Garansi AC yang Perlu Anda Ketahui

Salah satu hal yang wajib dalam mempertimbangkan saat memilih AC tidak hanya jenis-jenis dari AC tersebut, melainkan juga garansi AC. Garansi ini sangatlah penting untuk diperhatikan, terutama ketika Anda sedang membeli peralatan elektronik baik online maupun offline.

Sebab garansi inilah yang akan melindungi Anda, apabila barang yang dibeli terjadi kendala atau kerusakan di kemudian hari. Baik karena kesalahan pabrikan maupun human error yang disebabkan oleh penggunaannya. Pada artikel kali ini, AQUA JAPAN akan membahas hal-hal apa saja yang harus Anda perhatikan terkait garansi AC.

Yuk, simak selengkapnya!

5 Hal Terkait Garansi AC yang Wajib Diperhatikan

Jenis Garansi

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah jenis garansi yang dimiliki oleh AC tersebut. Tanya baik-baik kepada penjual mengenai jaminan garansi apa saja yang dimiliki oleh AC tersebut. Misalnya produk yang dijual adalah garansi toko, garansi distributor, garansi resmi nasional, hingga garansi global.

Perbedaan jenis garansi ini biasanya akan berpengaruh pada pelayanan jaminan yang diberikan, durasi hingga berpengaruh pada harga beli dan harga jual kembali produk elektronik Anda. Selain itu, mengenali perbedaan jenis garansi ini juga berpengaruh terhadap lingkupan apa saja yang akan dijamin nantinya. Apakah jika terjadi kerusakan hanya akan mendapatkan garansi penggantian elemen pada AC tersebut atau garansi penggantian produk secara keseluruhan.

Tanyakan secara mendetail dan pahami dengan seksama mengenai jenis garansi ini, sehingga nantinya Anda tidak kebingungan ketika terjadi kerusakan pada AC.

Mendaftarkan Kartu Garansi

Setelah membuka kotak, perhatikanlah syarat dan ketentuan pada kartu garansi yang diberikan. Selain itu, pastikan bahwa Kartu Garansi tersebut cukup untuk disimpan oleh Anda saja atau perlu didaftarkan. Sebab biasanya ada garansi yang harus dikirim atau di daftarkan kembali melalui website ada juga yang tidak.

Jika menemukan kartu garansi yang harus diisi dan didaftarkan, sebaiknya sesegera mungkin dilakukan agar garansi tersebut berlaku dan terdaftar atas nama Anda.

Simpan Kartu Garansi

Meskipun sudah didaftarkan, simpanlah baik-baik kartu garansi Anda beserta invoice pembelian. Sebab kartu garansi fisik memudahkan Anda saat melakukan pengajuan garansi dan invoice menjadi bukti kuat Anda dalam pengurusannya.

Penyebab Pembatalan Garansi

Perhatikan dan tanyakan dengan rinci mengenai hal-hal apa saja yang membatalkan garansi AC yang Anda beli. Misalnya kesalahan penggunaan seperti tersiram zat cair, kerusakan akibat membongkar produk sendiri atau dibongkar oleh teknisi tidak resmi, merusak segel garansi, dan lainnya.

Dengan mempelajari penyebab pembatalan garansi ini, Anda dapat menghindari kerusakan-kerusakan yang dapat membatalkan garansi yang telah Anda miliki. Kesalahan ini sering terjadi pada kebanyakan orang ketika hendak mengklaim asuransi yang mereka miliki, namun ternyata terjadi pembatalan garansi. Jadi jangan sampai ceroboh, ya!

Lamanya Garansi

Terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah lamanya garansi yang diberikan dan cakupannya. Setiap brand AC memberikan garansi yang berbeda-beda. Ada yang 3 tahun, 5 tahun, hingga 10 tahun.

AC Standard dari AQUA Elektronik dengan seri AQA-KCR5ANR dan AQA-KCR9ANR kini telah dilengkapi dengan garansi spare parts dan jasa selama 2 tahun dan garansi kompresor selama 10 tahun. Sobat AQUA tidak perlu khawatir lagi jika terjadi kerusakan pada kompresor, Anda bisa melakukan pengklaimannya. Eits, tapi jangan lupakan syarat dan ketentuannya juga, ya!

Yuk, bawa pulang AC Standard AQUA JAPAN seri AQA-KCR5ANR dan AQA-KCR9ANR sekarang!


AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003