Kompresor AC Mati? Ini Dia Penyebabnya

gak sih kalau hal tersebut terjadi dikarenakan kompresor AC yang mati? Nah, faktanya masih banyak dari kita yang sering mengabaikan kerusakan komponen yang satu ini, lho!

Padahal komponen ini sangat penting untuk mengatur aliran freon AC yang nantinya berguna untuk menghasilkan suhu dingin. Sebenarnya apa sih penyebab kompresor AC mati dan cepat rusak? Yuk, simak selengkapnya!

Penyebab Kompresor AC Mati

Arus dan Tegangan Listrik Tidak stabil

AC bekerja dengan optimal apabila tegangan dan arus listrik sesuai dengan kebutuhan AC. Kebutuhan suplai listrik untuk tiap tipe AC berbeda-beda. Jika suplai listrik yang tidak berimbang antara kebutuhan AC dengan suplai yang ada, maka akan mengakibatkan masalah dalam fungsi AC. Bagian yang paling terdampak adalah bagian yang ada pada motor kompresor AC.

Kompresor Kekurangan Oli

Eits, ternyata bukan hanya kendaraan saja yang membutuhkan oli, lho! Kompresor AC juga membutuhkan oli! Adanya oli pada kompresor berguna untuk menjadi pelumas. Oli yang kurang atau bahkan habis akan menimbulkan kebocoran pada pipa, kondensor, atau evaporator.

Kebocoran pada bisa berakibat buruk pada kompresor. Hal ini karena kompresor menjadi mudah panas yang bisa menyebabkan kumparan motor terbakar hingga rusak. Oleh karena itu, selalu lakukan pengisian oli untuk kompresor dan gunakanlah oli yang standarnya sesuai dengan pabrik.

Adanya Sumbatan

Sumbatan pada aliran freon akan memperberat kinerja kompresor. Sumbatan akan membuat sistem pompa pada kompresor menjadi makin berat dan tidak efektif. Beban berat ini terjadi karena sumbatan kotoran membuat aliran yang dipompa kompresor menjadi tidak berimbang. Jadinya kompresor dipaksa untuk menambah beban tekanan supaya aliran bisa sesuai, sehingga terjadi tekanan berlebihan pada kompresor.

Sumbatan pada kompresor dapat ditangani dengan melakukan flushing. Yang dimaksud dengan flushing adalah pengaliran suatu cairan nitrogen ke dalam AC atau saluran yang tersumbat. Tindakan ini akan sangat efektif untuk mengeluarkan kotoran dari aliran. Apabila hal ini tidak efektif, ada kemungkinan diperlukan penggantian pada bagian yang mengalami sumbatan.

Kompresor Sudah Terlalu Lama

Kebanyakan benda atau komponen elektronik biasanya akan berkurang kemampuannya bila sudah lama digunakan. Kompresor AC akan mengalami penurunan fungsi ketika sudah berusia antara 5-10 tahun. Kompresor AC yang sudah lama dipakai akan mengalami aus pada bagian piston. Hal ini bisa diketahui dari bagian evaporator yang sudah tidak dingin, arus yang kecil, dan tekanan freon yang berkurang.

Selain dari masalah aus, usia kompresor yang sudah lama juga bisa memunculkan karat pada kompresor. Adanya karat pada kompresor jelas akan mengurangi fungsi kerjanya. Karat pada kompresor AC akan menimbulkan kebocoran yang berakibat pada rusaknya AC.

Kesalahan dalam Pengisian

Salah dalam mengisi oli atau refrigeran dapat menjadi penyebab rusaknya kompresor. Hal ini dikarenakan pengisian kedua bahan tersebut haruslah sesuai dengan standar dari pabrik. Kesalahan pengisian oli dan refrigeran akan menjadikan komponen pada kompresor rusak karena tidak cocok dengan bahan yang digunakan.

Kini AC Standard dari AQUA Elektronik dengan seri AQA-KCR5ANR dan AQA-KCR9ANR telah dilengkapi dengan garansi pada kompresor dengan lama garansi 10 tahun, lho! Sobat AQUA tidak perlu khawatir jika terjadi kerusakan pada kompresor, Anda bisa melakukan pengklaimannya. Eits, tapi jangan lupakan untuk melakukan servis secara berkala juga, ya!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003