Berikut Cara Merawat Kulkas yang Wajib Anda Ketahui

Kulkas merupakan alat elektronik yang dianggap vital, karena menyimpan berbagai bahan makanan yang akan menjadi sumber nutrisi. Oleh karena itu, sangat penting untuk membersihkan kulkas agar dapat menjaga kualitas makanan yang kita simpan. Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui cara merawat kulkas!

Cara Merawat Kulkas yang Wajib Anda Ketahui


4 Alasan Pentingnya Membersihkan Kulkas

Meskipun terdengar sepele, namun sangat penting untuk membersihkan kulkas secara rutin. Academy of Nutrition and Dietetics juga menyarankan untuk rutin dalam membersihkan kulkas secara ringan, paling tidak seminggu sekali. Berikut ini, 4 alasan kenapa Sobat AQUA harus membersihkan kulkas secara berkala, yaitu

  • Menjaga Kebersihan Kulkas

Alasan pertama membersihkan kulkas tentunya karena faktor kebersihan. Terkadang, tanpa sadar makanan atau minuman yang disimpan di kulkas tumpah ketika Sobat AQUA mengambil atau menyimpannya.Oleh sebab itu, sangat penting untuk membersihkan kulkas secara berkala agar kebersihan kulkas dapat terus terjaga.

  • Kestabilan Suhu Kulkas Lebih Terjaga

Rajin membersihkan kulkas, membuat ruang penyimpanan di dalam kulkas akan menjadi rapi. Jika terdapat banyak makanan yang menumpuk pada rak penyimpanan kulkas, hal tersebut menyebabkan suhu kulkas menjadi tidak stabil. Oleh sebab itu, ketika Sobat AQUA membersihkan kulkas pastikan juga untuk mengolah makanan, agar tidak menumpuk di dalam kulkas.

  • Terhindar dari Penyebab Penyakit

Alasan yang tidak kalah penting bagi Sobat AQUA untuk membersihkan kulkas adalah supaya terhindar dari penyakit. Pasalnya, kuman atau bakteri yang berasal dari makanan segar dapat mengendap di dalam kulkas. Hal tersebut juga bisa menyebabkan makanan lain terkontaminasi.

  • Terhindar dari Kemungkinan Membuang Makanan

Hal yang harus disadari ketika Sobat AQUA membersihkan kulkas adalah terhindar dari kemungkinan untuk membuang makanan. Ketika membersihkan kulkas, tentunya Sobat AQUA akan mengecek kondisi makanan yang tersimpan. Dimulai dari melihat tanggal kadaluarsa maupun mencicipi makanan yang tersimpan di dalam kulkas.



Cara Membersihkan Kulkas

Berikut ini cara membersihkan kulkas secara menyeluruh agar kulkas Sobat AQUA terhindar dari aroma tidak sedap serta pertumbuhan bakteri, yaitu

  • Mengosongkan Isi Kulkas

Langkah awal untuk membersihkan kulkas secara menyeluruh adalah dengan mengosongkan isi kulkas terlebih dahulu. Karena sangat tidak mungkin untuk membersihkan kulkas apabila masih terdapat makanan di dalamnya. Sobat AQUA bisa mematikan kulkas dan mengeluarkan isi kulkas untuk dipindahkan ke dalam kantong atau wadah yang terisolasi, agar kondisi suhu makanan tetap dingin.

  • Melepaskan Rak dan Membersihkannya

Kemudian Sobat AQUA melepaskan rak bagian dalam dan rak yang terdapat pada pintu kulkas. Sobat AQUA dapat menggunakan air sabun untuk membersihkan rak-rak kulkas serta seluruh bagian dalam kulkas yang tidak keluar. Hal yang tidak kalah penting adalah pastikan seluruh rak yang telah dibersihkan dalam keadaan kering, sebelum memasukkannya kembali ke kulkas.

  • Membersihkan Saluran Pembuangan

Sobat AQUA juga perlu membersihkan saluran kondensasi atau pembuangan. Bisa ditemukan pada bagian belakang kulkas, tepatnya di bagian bawah dinding belakang kulkas.

Pastikan saluran tersebut dalam keadaan bersih, karena saluran tersebut rawan tersumbat. Jika tersumbat, kelebihan air akan menumpuk di saluran pembuangan serta pada dinding kulkas.

  • Bersihkan Bagian Luar Kulkas

Tentunya tidak lengkap jika membersihkan kulkas hanya bagian dalamnya saja. Membersihkan bagian luar kulkas juga sama pentingnya dengan membersihkan bagian dalam. Pasalnya, kuman dapat berkumpul pada gagang pintu serta bagian luar kulkas lainnya yang sering disentuh. Untuk membersihkannya, sebaiknya gunakan sabun anti bakteri.



Kulkas dari AQUA Elektronik

Demi memudahkan Sobat AQUA dalam menjaga kebersihan kulkas. Sobat AQUA dapat menggunakan kulkas dari AQUA Elektronik dengan seri multidoor tipe AQR-605IG. Kulkas tersebut telah dilengkapi dengan fitur Deo Fresh.

Adanya fitur Deo Fresh membuat kulkas dapat menjaga kesegaran makanan dengan menyerap aroma tidak sedap. Fitur Deo Fresh pada dasarnya merupakan sterilisasi DEO. Fitur tersebut bekerja dengan cara melepaskan anion alami dengan anti bakteri, sehingga dapat menghilangkan bau dan proteksi terhadap kualitas bahan makanan juga semakin maksimal.

Selain dilengkapi dengan fitur Deo Fresh, untuk memudahkan Sobat AQUA dalam menyimpan makanan, kulkas dari AQUA Elektronik juga dilengkapi dengan fitur the separation of dry and wet compartment. Berguna untuk menyimpan bahan makanan segar yang memerlukan kelembaban tinggi atau bahan makanan kering.


Cara merawat kulkas jadi lebih sederhana, jika Sobat AQUA menggunakan kulkas AQR-605IG(GB). Fitur-fitur yang dimiliki kulkas AQR-605IG(GB) mampu menjaga kualitas makanan agar tetap segar dan yang terpenting adalah terhindar dari bakteri. Tunggu apa lagi? Dapatkan segera di official store AQUA Elektronik!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003