Ternyata Inilah Cara Membersihkan Karet Pintu Kulkas

Kulkas memiliki beberapa komponen yang tentunya memiliki fungsinya tersendiri. Salah satunya, dalam pintu kulkas terdapat bagian yang di dalamnya dilapisi oleh karet dan magnet yang sering disebut sebagai karet pintu kulkas. Mungkin banyak dari Sobat AQUA yang kerap tidak menyadari apa sih fungsi dari karet tersebut. Nah biar tidak penasaran, simak penjelasannya yuk!

Ternyata Inilah Cara Membersihkan Karet Pintu Kulkas

Fungsi Karet Pintu Kulkas

Karet pada pintu kulkas tersebut memiliki fungsi untuk meredam suara keras yang dihasilkan ketika menutup kulkas. Nah, lapisan karet dan magnet yang ada pada karet pintu kulkas tersebut lah yang berperan penting dalam meredam suara.

Selain itu, karet pada pintu kulkas memiliki fungsi penting dalam menjaga temperatur dingin yang ada di dalam kulkas. Ketika pintu kulkas tertutup rapat, maka secara otomatis temperatur dingin dari dalam dapat terjaga dan tidak terbuang keluar kulkas. Karena proses pendinginan dalam kulkas dapat terjadi lebih lama apabila karet tersebut tidak melekat baik dengan kulkas. Bahkan hal tersebut bisa membuat kulkas tidak mendapatkan suhu yang diinginkan, lho!

Terakhir, fungsi lainnya adalah menjaga agar udara di dalam kulkas tidak tertukar dengan udara luar. Karena jika udara tersebut tertukar, hal ini dapat menimbulkan uap air di dalam kulkas.

Cara Membersihkan Karet Pintu Kulkas

Tak jarang karet tersebut bisa kotor karena debu, noda atau bahkan jamur. Dengan begitu Sobat AQUA harus rutin membersihkannya agar kulkas terawat dan tahan lama. Sobat AQUA bisa dengan mudah membersihkannya, lho! Tapi jangan lupa untuk mematikan kulkas terlebih dahulu agar kinerja mesin tidak bekerja terlalu keras, ya. Nah, inilah beberapa cara membersihkan karet pintu kulkas!

Lap dengan Air Hangat

Cara mudah membersihkannya dari debu adalah dengan menggunakan air hangat. Sobat AQUA cukup mencelupkan lap lembut ke air hangat, kemudian usap kain tersebut ke bagian karet kulkas. Namun, cara satu ini tidak efektif untuk menghilangkan noda-noda membandel yang ditimbulkan kuman atau bakteri.

Bersihkan dengan Pasta Gigi

Pasta gigi bisa menjadi bahan pembersih yang ampuh menyingkirkan noda karet tersebut, lho! Pertama, Sobat AQUA cukup mengoleskan pasta gigi pada karet pintu kulkas yang kotor, khususnya pada bagian yang berjamur. Selanjutnya, tunggu selama 3 menit. Terakhir, usap atau bersihkan pasta gigi yang ada di karet pintu kulkas secara lembut dengan kain lap basah.

Bersihkan dengan Campuran Deterjen dan Cuka

Karet pada pintu kulkas Sobat AQUA memiliki noda yang membandel dan sulit untuk dibersihkan? Tenang, Sobat AQUA tidak perlu khawatir! Coba bersihkan karet tersebut menggunakan kombinasi antara deterjen dengan cuka. Masukkan sedikit cuka dan detergen ke dalam air sebanyak 200 ml, lalu aduk sampai keduanya tercampur. Kemudian tinggal seka atau usapkan kain yang sudah dicelupkan dengan campuran tersebut ke karet pintu kulkas yang kotor.

Bersihkan Menggunakan Bantuan Alkohol

Seperti yang kita ketahui, alkohol bisa menjadi bahan pembersih yang paling ampuh untuk menyingkirkan jamur serta mensterilkan bakteri dan kuman yang menempel di karet pintu kulkas. Nah pada bagian sela-sela karet yang sulit terjangkau, Sobat AQUA bisa menggunakan garpu yang dilapisi tisu yang juga telah dibasahi dengan alkohol.

Kenalan dengan Kulkas dari AQUA JAPAN

Dengan kulkas AQUA Elektronik type AQR-D270 dan AQR-D275R, Sobat AQUA tak perlu khawatir dengan kondisi karet pintu kulkas! Bahkan, Sobat AQUA tak perlu membutuhkan maintenance khusus bagi si kulkas.

Kedua kulkas tersebut memiliki fitur Full Insulation yang berguna dalam mempercepat proses pendinginan di dalam kulkas. Sehingga fitur ini juga melengkapi kinerja dari si karet pintu pada kulkas yang fungsinya juga sebagai penjaga temperatur dingin di dalam kulkas.

Selain itu, yang tak kalah penting adalah kedua kulkas tersebut juga memiliki fitur Anti Bacteria + Nano Ferrite, yang dimana dengan fitur ini dapat mencegah bakteri serta bau dan juga dapat mempertahankan kesegaran makanan secara optimal. Jadi, Sobat AQUA tak perlu khawatir dengan adanya bau yang ditimbulkan dari makanan-makanan ataupun sisa noda yang tertinggal pada karet pintu kulkasnya.


Nah, menjaga kebersihan karet pintu kulkas adalah keharusan, namun memiliki kulkas dengan fitur terbaik di kelasnya juga penting! Tunggu apa lagi? Segera kunjungi www.aquajapanid.com atau Official Store AQUA Elektronik di berbagai marketplace kesayangan untuk membelinya.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003