Yuk, Hindari Bakteri yang Merugikan dengan Kulkas AQUA Japan!

Yuk, Hindari Bakteri yang Merugikan dengan Kulkas AQUA Japan!

Tidak dapat dipungkiri kulkas yang ada di rumah Anda memang memiliki peranan penting dalam menyimpan bahan makanan dan minuman agar lebih awet. Tapi, siapa sangka jika kulkas tersebut bisa menjadi sumber bakteri yang merugikan, lho!

Kesalahan dalam menyimpan bahan makanan pada kulkas bisa menyebabkan bakteri tersebut tumbuh dan berkembang. Lantas, kesalahan apa saja sih yang bisa menyebabkan tumbuhnya bakteri di kulkas? Simak penjelasan berikut, ya!

Kesalahan Saat Menyimpan Makanan di Kulkas

Inilah beberapa kesalahan yang kerap tidak disadari sebagai penyebab tumbuhnya nya bakteri yang merugikan di kulkas:

Penyimpan Daging Segar Tanpa Dibungkus

Penyimpanan daging segar biasanya di letakkan di bagian rak teratas. Untuk itu, penting bagi Anda untuk menempatkan daging tersebut pada wadah yang tertutup rapat sebelum menaruhnya. Karena jika ditaruh dalam plastik yang tidak rapat, dikhawatirkan ketika suhu kulkas tidak stabil, cairan daging beku tersebut bisa menetes ke bagian rak yang ada di bawahnya. Tetesan air ini akan menempel pada makanan lain dan hal inilah yang akan memicu munculnya bakteri.

Kulkas Penuh dengan Makanan

Isi kulkas yang menumpuk membuat Anda jadi tidak bisa melihat keseluruhan kulkas dengan baik, sehingga tak jarang membuat Anda tidak bisa tau mana makanan yang baru dimasukkan atau makanan yang sudah lama ada di kulkas. Tentunya dengan kondisi ini, makanan yang masih segar bisa tercampur dengan makanan lama yang terkadang sudah basi atau busuk.

Selain itu, isi kulkas yang menumpuk bisa membuat sirkulasi udara menjadi tidak lancar dan bisa berbahaya. Karena kulkas dalam mendinginkan atau membekukan makanan memerlukan sirkulasi udara yang lancar.

Menempatkan Sayur dan Buah dalam Wadah yang Sama

Bagi Anda yang suka menempatkan sayur dan buah dalam satu wada, kebiasaan ini harus ditinggalkan, lho! Karena buah-buahan sendiri menghasilkan etilen, yakni zat yang dapat mempercepat proses kematangan pada sayuran. Oleh sebab itu, Anda harus memisahkannya dari buah supaya sayuran yang ada di kulkas tidak cepat busuk.

Mengembalikan Karton Susu yang Sudah Dibuka di Tempatnya Semula

Minum susu langsung dari kartonnya dan kemudian menaruh sisanya kembali ke dalam kulkas adalah kebiasaan yang harus Anda tinggalkan. Karena bisa saja susu tersebut sudah terkontaminasi dengan kuman atau bakteri dari mulut Anda. Anda bisa menuang susu ke gelas secukupnya saja.

Oh iya, supaya susu bisa lebih awet, tempatkan susu yang masih dalam keadaan tersegel di bagian belakang kontainer kulkas. Karena tempat ini mempunyai suhu yang lebih dingin, sehingga susu bisa lebih awet.

Jarang Membersihkan Kulkas

Kebiasaan jarang membersihkan kulkas harus ditinggalkan, ya! Apalagi bila di kulkas terdapat tumpahan makanan, jika dibiarkan tentunya bisa menjadi jamur. Anda bisa membersihkan kulkas minimal seminggu sekali. Jangan lupa untuk mencabut kabel kulkas terlebih dahulu. Keluarkan rak serta wadah, cuci semuanya menggunakan sabun, dan keringkan. Nah untuk noda-noda tumpahan makanan yang membandel, gunakan air hangat yang sudah dicampurkan baking soda untuk membersihkannya.

Jenis-jenis Bakteri yang Bisa Hidup di Kulkas

Udara dingin yang ada di dalam kulkas memang membuat bakteri ataupun kuman sulit berkembang biak, tapi bukan berarti bakteri dan kuman tersebut mati, lho. Keduanya bisa bertahan hidup di dalam kulkas, dan menunggu waktu dan lingkungan yang tepat untuk berkembang.

Dilansir dari Idea.grid.id disebutkan dalam penelitian yang dilakukan oleh The Microban Europe di tahun 2011 menunjukkan, jika sebagian besar masyarakat hidup dengan 8000 koloni bakteri pada kulkasnya. Penelitian ini pun juga menunjukkan kalau ada sejumlah bakteri merugikan dan mematikan yang bisa bertahan dengan suhu kulkas, seperti E coli dan salmonella.

Saatnya Gunakan Kulkas AQUA Japan dengan Fitur Anti Bacteria

Kulkas dari AQUA Japan tipe AQR-565IM memiliki fitur utama anti bacteria. Dengan Antibacterial Door yang dibuat dari bahan khusus, sehingga dapat memungkinkan bakteri sulit untuk berkembang, meskipun handle pintu kulkas dipegang berulang-ulang.

Selain itu, kulkas ini pun dilengkapi fitur DEO Fresh yang berfungsi menjaga kesegaran makanan dengan mencegah dan menyerap aroma tidak sedap agar tidak menimbulkan bakteri. Sudah saatnya untuk Anda beralih menggunakan kulkas dari AQUA Japan tipe AQR-565IM agar kulkas terhindar dari bakteri yang merugikan! Kunjungi www.aquajapanid.com untuk membelinya, yaa!

AQUA JAPAN PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA JAPAN Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003

EMAIL

custcare@haier.co.id