Cari Tau Kerusakan yang Sering Terjadi pada AC di Rumah Anda

Cari Tau Kerusakan yang Sering Terjadi pada AC di Rumah Anda

Sejak aktivitas lebih banyak dilakukan di rumah saja, seringkali timbul rasa suntuk dan tidak semangat terutama pada saat Work From Home (WFH). Dalam menyiasati WFH, diperlukan tempat bekerja yang nyaman agar tetap produktif. Namun, kenyamanan tersebut bisa buyar saat tiba-tiba terjadi kerusakan pada AC di rumah, membuat mood langsung menurun drastis.

Masalah pada AC bisa menimbulkan kerusakan dalam berbagai bentuk, seperti AC berisik, bocor, atau bahkan AC tidak mengeluarkan udara dingin sama sekali. Tiap masalah juga memiliki penyebab yang berbeda, sehingga penting bagi pemilik AC untuk mengetahui penyebab di balik terjadinya masalah tersebut.

Apabila AC di rumah bermasalah, segera lakukan pengecekan secara menyeluruh, ya. Karena jika ditunda-tunda, masalah pada AC bisa menyebar bahkan hingga membuat AC rusak total, lho. Untuk itu, cari tahu apa saja jenis kerusakan pada AC yang sering terjadi dan cara mengatasinya di sini!

Jenis Kerusakan yang Sering Ditemukan pada AC di Rumah

Berikut ini jenis-jenis kerusakan pada AC yang sering terjadi terutama di rumah beserta cara mengatasinya, yaitu

Kebocoran pada AC

Jika AC yang Sobat AQUA miliki sudah mulai mengeluarkan air yang tak kunjung berhenti menetes, maka Sobat AQUA perlu memberikan perhatian khusus pada AC tersebut. Bunyi air menetes pada AC bocor ini tentunya sangat mengganggu produktivitas Sobat AQUA saat beraktivitas dari rumah.

Biasanya, kebocoran terjadi akibat penyumbatan pada saluran pembuangan atau evaporator AC yang membuat aliran air menjadi tidak lancar, kemudian menumpuk dan dibuang ke luar. Namun, jika tidak terdapat kotoran yang menyumbat, berarti AC tersebut kekurangan freon, sehingga Sobat AQUA perlu menambahkan freon lagi.

AC Tidak Dingin

Problematika yang satu ini juga seringkali menimpa banyak orang. Pasalnya, AC yang tidak dingin bertolak belakang dengan fungsi AC, yaitu membuat ruangan menjadi sejuk dan nyaman. Banyak hal yang bisa menyebabkan AC tidak dingin, seperti ukuran AC indoor yang terlalu kecil (PK), kebocoran pipa, kekurangan freon, dan kerusakan lainnya.

Dalam menyikapi permasalahan tersebut, Sobat AQUA perlu memeriksa kebersihan dan mengecek apakah terdapat komponen yang rusak pada AC. Selain itu, Sobat AQUA juga harus melihat apakah luas ruangan terlalu besar untuk ukuran dan tenaga AC indoor yang dimiliki.

Timbul Aroma Tidak Sedap pada AC

Bau tidak sedap yang dikeluarkan oleh AC tentunya sangat mengganggu, karena secara otomatis akan terus-menerus terhirup oleh tiap orang yang berada di dalam ruangan. Jika hal ini terjadi pada AC milik Sobat AQUA, maka sudah saatnya untuk memeriksa komponen AC karena kemungkinan besar sudah terjadi kerusakan.

Selain komponen yang rusak seperti kabel internal yang terbakar, bau tersebut juga bisa disebabkan oleh jamur maupun bakteri yang menumpuk pada filter AC. Dalam menghadapinya, Sobat AQUA dapat mencuci unit AC secara menyeluruh dan menggunakan alat pembunuh bakteri.

AC Berisik

Pernahkah Sobat AQUA tiba-tiba mendengar suara berisik dari AC yang baru saja dinyalakan? Jika pernah, pastinya hal tersebut sangat mengganggu. Ternyata, munculnya suara yang keras dari AC bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya AC yang sudah lelah karena bekerja terlalu keras. Sobat AQUA dapat mematikan AC sejenak untuk memberikan waktu istirahat.

Akan tetapi, AC berisik juga dapat menandakan adanya masalah yang lebih serius pada AC, misalnya sekrup yang longgar, sparepart yang patah, penyangga yang salah posisi, ataupun kompresor yang sudah mulai tidak bekerja dengan baik sehingga perlu dilakukan penggantian.

Hindari Kerusakan pada AC dengan AC AQUA Japan

Kerusakan pada AC yang sering dialami banyak orang di rumah tentunya jangan dibiarkan begitu saja. Untuk mengetahui secara pasti, lebih baik dilakukan konsultasi dengan teknisi reparasi AC langganan, ya. Nah, agar lebih tenang dalam mempersiapkan biaya tidak terduga untuk reparasi, AC 1PK tipe AQA-KCRV9WGW dari AQUA Japan bisa menjadi pilihan!

Keutamaan dari tipe AC satu ini yaitu sudah dilengkapi dengan garansi kompresor selama 10 tahun serta garansi sparepart dan jasa selama 2 tahun. Garansi ini sangat bermanfaat, karena mayoritas masalah pada AC disebabkan oleh kompresor. Oh, iya, garansi ini merupakan garansi resmi AQUA Japan sehingga kualitasnya tetap terjamin, karena menggunakan suku cadang asli dari AQUA Japan.

Selain garansi, tipe ini memiliki fitur Aqua Fresh, di mana evaporator dan kotoran pada AC dapat dibekukan untuk kemudian dihembuskan dan ikut hilang lewat proses kondensasi es. Berkat hilangnya kotoran tersebut, angin yang dihembuskan oleh AC dapat dipastikan bersih dari kuman & virus dan membuat udara ruangan menjadi tetap segar.

Fitur Air Fragrance juga melengkapi tipe AC satu ini bagi Sobat AQUA yang menyukai aromaterapi atau pengharum ruangan. Sobat AQUA hanya perlu meneteskan pengharum favorit di bagian saringan AC. Dengan demikian, ruangan akan menjadi wangi tanpa harus menggantung pewangi tambahan.

Terdapat beberapa fitur lainnya yang membantu AC agar tetap awet dan terhindar dari kerusakan, seperti Inverter+ untuk penghematan energi, Strong Airflow yang memberikan lebih banyak volume udara, serta Long Life PCB yang membuat PCB awet sehingga dapat terus digunakan selama kurang lebih 10 tahun.

Kini, Sobat AQUA tidak perlu khawatir akan kerusakan pada AC jika menggunakan AC dari AQUA Japan yang sudah berteknologi tinggi dan berkualitas. Apabila Sobat AQUA masih penasaran dengan informasi lebih lengkap soal produk AC unggulan ini, kunjungi http://www.aquajapan.id sekarang!

AQUA JAPAN PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA JAPAN Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003

EMAIL

custcare@haier.co.id