Yuk, Cari Tau Jenis-jenis TV AQUA Elektronik yang Punya Sistem Digital!

Yuk, Cari Tau Jenis-jenis TV AQUA Elektronik yang Punya Sistem Digital!

Beberapa waktu lalu, pemerintah berwacana menghentikan siaran TV analog dan menggantinya dengan siaran TV digital. Namun, perpindahan tersebut terpaksa ditunda hingga tahun 2022. Sambil menunggu waktunya tiba, jenis-jenis TV dari AQUA Elektronik yang punya sistem digital bisa jadi alternatif bagi Sobat AQUA yang berencana mengganti ke TV digital. Cari tahu informasi selengkapnya lewat artikel ini!

Migrasi Penyiaran Analog ke Digital dan Apa Itu TV Digital

Wacana program migrasi penyiaran analog ke digital yang disebut dengan Analog-Switch-Off (ASO) ini telah digagas jauh hari oleh Pemerintah Indonesia. Program ini tadinya akan mulai dijalankan pada tanggal 17 Agustus 2021 lalu, tetapi dilakukan penundaan hingga 31 April 2022. Penundaan ini disebabkan oleh pemerintah yang masih berfokus pada penanganan pandemi, juga kurangnya kesiapan secara teknis.

Program ASO sendiri didasari oleh Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, di mana program ini harus terlaksana dalam periode 2 tahun ke depan setelah regulasi dibuat. Sesuai dengan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 6 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penyiaran, ASO akan dibagi ke dalam 5 fase. Namun, sejak adanya penundaan ini maka ASO akan dipersingkat menjadi 3 fase.

Perpindahan siaran analog ke digital ini dilakukan karena saat menggunakan siaran analog, jarak TV dengan stasiun pemancar sangat menentukan. Apabila jaraknya jauh, maka gambar di TV akan kesemutan atau berbayang dan berbintik. Lain halnya jika menggunakan siaran digital yang jernih dan jelas, baik gambar maupun suara. Tak heran, banyak perusahaan secara perlahan mulai mengeluarkan produk TV digital.

Lalu, apa itu TV digital? Ialah pesawat TV yang dilengkapi dengan chip digital, sehingga secara otomatis mampu menangkap siaran TV digital tanpa harus disambungkan dengan perangkat lain seperti set top box. Sistem pemancar yang dimiliki TV digital bernama DVB-T/T2 (Digital Video Broadcasting-Terrestrial 2). Sistem ini digunakan sebagai standar TV digital di Indonesia.

Dalam mengetahui apakah TV yang Sobat AQUA miliki di rumah sudah tergolong TV digital, Sobat AQUA hanya perlu melihat apakah terdapat chip DVB-T/T2 di pesawat TV. Pasalnya, standar TV digital di seluruh dunia berbeda-beda, tidak selalu menggunakan jenis chip ini. Kelebihan dari TV digital sendiri adalah gambar dan suara yang ditampilkan memiliki kualitas yang lebih baik dari pada TV analog.

Untuk itu, AQUA Elektronik hadir dengan beberapa pilihan jenis TV yang sudah memiliki sistem digital dan disertai fitur yang lengkap dan beragam, yaitu tipe LE58AQT6600UG, LE32AQT6600G, dan LE40AQT8550. Yuk, simak kelengkapan fitur yang terdapat pada ketiga tipe TV digital dari AQUA Elektronik tersebut!

Kenalan dengan Kelengkapan Fitur TV Digital dari AQUA Elektronik

Dari ketiga tipe TV digital milik AQUA Elektronik, ketahui lebih dalam mengenai fitur dan benefit apa saja yang terdapat pada masing-masing tipe, yaitu

Tipe LE58AQT6600UG

Sebagai salah satu pilihan jenis TV unggulan keluaran AQUA Elektronik, tipe ini digolongkan sebagai Android TV yang memiliki ukuran sebesar 58 inci. Sobat AQUA akan sangat dimanjakan oleh ukuran TV yang besar dengan kualitas tayangan yang sudah 4K HDR. Dengan kualitas yang amat tinggi, gambar akan terasa lebih hidup dan detail.

Selain itu, tipe ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Android Devices IoT Hub dan AI Smart Voice, di mana TV dapat menjadi pusat yang menghubungkan seluruh smart device di rumah. Fitur ini juga memudahkan Sobat AQUA dalam mengontrol segala perangkat tersebut, seperti misalnya menyalakan AC, meredupkan lampu, dan lainnya.

Sobat AQUA juga dipermudah dengan fitur Chromecast Built-In, di mana Sobat AQUA dapat menampilkan video, foto, atau tayangan lain yang berasal dari aplikasi pada smartphone ke layar kaca untuk dinikmati bersama. Aplikasi YouTube dan Netflix pun dapat diakses secara lebih cepat, karena tersedia tombolnya pada remote.

Tipe LE32AQT6600G

Tipe ini juga digolongkan sebagai Android TV yang dilengkapi dengan AI, ditandai dengan fitur AI Smart Voice dan Android Devices IoT Hub. Fitur ini berguna untuk mengontrol smart device hanya dengan perintah suara. Sobat AQUA juga dapat memerintah TV untuk mengganti channel atau membuka aplikasi lewat suara.

Selain itu, terdapat juga fitur Chromecast Built-In yang memudahkan Sobat AQUA untuk menampilkan tayangan atau gambar dari smartphone yang sudah terkoneksi dengan Wi-Fi yang sama seperti koneksi Wi-Fi TV. Selain lewat Wi-Fi, Sobat AQUA juga dapat menyambungkan perangkat menggunakan Bluetooth.

Kualitas tayangan 4K UHD juga menjadi fitur unggulan dari tipe ini. Pasalnya, gambar akan terlihat lebih jelas dan jernih, dengan detail kontras yang sangat baik. Remote TV juga sudah dilengkapi dengan tombol aplikasi YouTube dan Netflix, sehingga memudahkan Sobat AQUA dalam mengakses kedua aplikasi tersebut. Tipe ini hampir serupa dengan tipe sebelumnya, bedanya adalah berukuran sedikit lebih kecil yaitu 32 inci.

Tipe LE40AQT8550

Jenis TV digital dari AQUA Elektronik yang satu ini memiliki ukuran sebesar 40 inci dengan resolusi HD (1280 x 720)p. Dengan resolusi yang sangat tinggi tersebut, kualitas gambar akan menjadi lebih tajam dan jernih, sehingga Sobat AQUA tidak akan cepat lelah setelah berlama-lama menatap layar TV.

Selain itu, tipe ini juga dilengkapi dengan fitur USB Movie yang memungkinkan Sobat AQUA untuk menyiarkan file film, foto, video, ataupun lagu melalui USB flash drive. Hanya tinggal mencolokkan USB ke port yang terdapat di TV, Sobat AQUA bisa langsung menikmatinya di TV.

Jika Sobat AQUA ingin menyambungkan perangkat lain ke TV, maka dapat langsung menyambungkannya lewat kabel HDMI. Tipe ini memiliki 2 HDMI port yang tentunya mempermudah Sobat AQUA apabila terdapat lebih dari satu perangkat yang ingin disambungkan ke TV.

Nikmati Siaran TV Digital dengan TV dari AQUA Elektronik

Sekarang, Sobat AQUA sudah tahu bahwa AQUA Elektronik juga menyediakan beragam jenis TV digital dan fitur-fitur yang berkualitas. Dalam menghadapi perpindahan siaran TV analog ke digital, pastikan Sobat AQUA menggunakan jenis-jenis TV digital dari AQUA Elektronik, ya. Yuk, kunjungi www.aquajapanid.com dan Official Store di berbagai marketplace sekarang!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003