Berikut Cara Mencuci Masker Kain yang Benar Agar Lebih Awet

Berikut Cara Mencuci Masker Kain yang Benar Agar Lebih Awet

Tidak dapat dipungkiri, masker menjadi barang esensial ketika beraktivitas di luar rumah sejak berlangsungnya pandemi Covid-19 selama hampir dua tahun ke belakang. Jika biasanya Sobat AQUA hanya menggunakan satu lapis masker, kini saatnya Sobat AQUA melakukan double masking. Dengan double masking, Sobat AQUA juga harus tahu bagaimana cara mencuci masker kain yang benar. Yuk, simak caranya di sini!

Kesalahan Umum Penggunaan Masker Kain saat Double Masking

Apa itu double masking? Dilansir dari portal berita cnet, Center for Disease Control and Prevention (CDC) menyatakan bahwa double masking berarti merangkap masker medis yang digunakan dengan masker kain di bagian luar. Bertujuan agar pencegahan penyebaran virus bisa dilakukan dengan lebih efektif. Hal lain yang perlu diperhatikan dalam menggunakan masker adalah seberapa cocok dengan bentuk wajah, filter udara, serta ketebalan lapisan.

Di Indonesia sendiri, pemerintah dan dokter juga sudah menyarankan untuk melakukan double masking. Walaupun begitu, masih banyak ditemukan kesalahan dalam penggunaan masker, terutama masker kain. Salah satunya membiarkan masker kain tanpa mencucinya setelah penggunaan, alasannya untuk berhemat dan agar tidak cepat rusak.

Sementara itu, CDC mewajibkan masker kain untuk selalu dicuci agar tetap higienis. Fungsi masker kain juga akan menurun bahkan hilang, apabila terus-menerus digunakan tanpa dicuci. Agar masker kain yang Sobat AQUA gunakan tidak menjadi sia-sia, ketahui cara mencuci masker kain yang benar lewat artikel ini!

Tips dalam Mencuci Masker Kain yang Benar

Ternyata, ada beberapa tips yang perlu diingat oleh Sobat AQUA dalam mencuci masker kain, agar masker tetap terjaga kebersihan sekaligus keawetannya, yaitu

Langsung Cuci Masker Kain Secara Rutin

Setelah menggunakan masker kain, biasakan untuk langsung mencucinya, ya, agar tidak terdapat sisa-sisa kotoran yang mengendap pada masker kain. Tetapi, jika masker tersebut belum kotor dan akan digunakan kembali dalam waktu dekat, Sobat AQUA dapat menyimpannya di kantong yang kering seperti paper bag.

Gabung Masker Kain dengan Cucian Lainnya

Masker kain yang baru digunakan dapat dicuci bersamaan dengan cucian lain milik Sobat AQUA di mesin cuci. Namun, detergen dan mode pencucia harus disesuaikan dengan jenis bahan dan kain dari masker kain yang akan dicuci, supaya masker kain bisa tetap awet.

Keringkan Masker Kain

Setelah selesai dicuci, jemur masker kain di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Jika Sobat AQUA tidak mendapat sinar matahari langsung, maka masker kain dapat digantung saja dan tunggu hingga kering. Selain itu, Sobat AQUA dapat menggunakan mesin pengering saat ingin mengeringkan masker kain dengan cepat, menggunakan temperatur panas atau hangat.

Cuci Tangan Sehabis Menyentuh Masker Kain

Tips yang satu ini tidak hanya untuk masker kain saja, tetapi juga untuk masker jenis lainnya yang baru selesai digunakan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kotoran yang menempel pada masker setelah beraktivitas di luar. Sehingga, Sobat AQUA harus selalu ingat untuk mencuci tangan dengan air sabun atau hand sanitizer tiap kali menyentuh masker yang baru digunakan, baik saat melepas maupun menggunakannya kembali.

Kemudahan Mencuci Masker Kain dengan Mesin Cuci AQUA Japan

Ternyata, dibutuhkan perhatian yang cukup dalam mencuci masker kain. Agar masker kain dapat menjadi terbebas dari kotoran seperti semula, Sobat AQUA juga harus menggunakan mesin cuci yang berkualitas. Kini, AQUA Japan hadir dengan Mesin Cuci Top Load AQW-1050R dan AQW-950R sebagai solusinya.

Dilengkapi dengan fitur Pillow Drum, mencuci masker kain dapat menjadi lebih bersih dan menyeluruh dengan mesin cuci AQUA Japan. Selain itu, fitur ini juga mampu mengurangi gesekan antar pakaian dengan dinding tabung. Dengan demikian, pakaian dengan serat yang halus seperti masker kain tidak akan rusak.

Kedua jenis mesin cuci AQUA Japan tersebut juga memiliki fitur Rear Panel Control, yaitu Rotary Knob dan Touch Control Panel terdapat pada bagian panel atas, sehingga Sobat AQUA dapat lebih mudah dan jelas dalam mengatur mode pencucian yang sesuai. Karena terletak di bagian atas, Sobat AQUA tidak perlu khawatir akan terkena cipratan air.

Selain itu, mesin cuci AQUA Japan juga hadir dengan fitur unggulan lainnya yaitu Hijab Mode. Fitur ini bermanfaat untuk mencuci pakaian yang berbahan lembut dan halus, termasuk masker kain. Serat-serat kain pada masker kain tidak akan rusak walaupun dicuci menggunakan mesin cuci dengan putaran yang kencang.

Sekarang, Sobat AQUA sudah tahu cara mencuci masker kain yang benar, kan? Jangan lupa gunakan mesin cuci berkualitas dari AQUA Japan agar masker kain terus bersih dan awet. Ingin tahu informasi lebih lengkap mengenai mesin cuci AQUA Japan? Kunjungi www.aquajapanid.com dan dapatkan produknya di Official Store AQUA Japan di marketplace kesayangan!

AQUA JAPAN PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA JAPAN Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003

EMAIL

custcare@haier.co.id