Inilah Cara Menyimpan Bahan Makanan yang Tepat!

Inilah Cara Menyimpan Bahan Makanan yang Tepat!

Bagi Sobat AQUA yang suka masak sendiri, pastinya sering membeli dan menyimpan bahan makanan di dalam kulkas untuk beberapa hari ke depan kan? Cara ini memang lebih praktis, karena tidak perlu berbelanja setiap harinya. Tapi, tak jarang yang ada sayur-mayur malah layu atau bahkan busuk. Makanya dalam menyimpan bahan makanan ada tips tersendirinya, lho! Yuk, simak cara menyimpan bahan makanan selengkapnya!

Kesalahan dalam Menyimpan Bahan Makanan

Mencampur bahan makanan yang berbeda jenisnya ketika menyimpannya adalah sebuah kesalahan yang masih kerap kita lakukan. Padahal cara tersebut bisa membuat bahan makanan saling terkontaminasi. Alih-alih makanan tahan lama yang ada malah lebih cepat busuk atau malah menimbulkan bau tidak sedap.

Makanya penting bagi Sobat AQUA untuk membedakan penyimpanan bahan makanan tersebut sesuai karakteristiknya. Apalagi setiap bahan makanan memiliki karakteristik yang berbeda.

Karakteristik bahan makanan sendiri terbagi menjadi tiga, yaitu basah, semi basah, dan kering. Untuk bahan makanan yang cenderung kering seperti beras, tepung, atau kacang-kacangan, Sobat AQUA bisa menyimpannya di suhu ruang. Sedangkan bahan makanan yang basah atau semi basah seperti daging, ayam, seafood, sayuran, atau buah-buahan, Sobat AQUA bisa menyimpannya di dalam kulkas dan di freezer.

Tips Menyimpan Daging dan Sayur Agar Tahan Lama

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa tips menyimpan bahan makanan agar lebih tahan lama:

Potong dan Pisahkan Daging Menjadi Beberapa Porsi

Jika Sobat AQUA ingin memasak daging 3 kali dalam seminggu, potong daging tersebut menjadi 3 porsi, kemudian pisahkan di wadah kedap udara yang berbeda dan simpan di freezer. Cara ini menjadi lebih praktis ketika saat akan memasak. Selain itu, cara ini juga akan meminimalisir Sobat AQUA dalam bolak-balik mengeluarkan daging dari freezer. Karena apabila daging terlalu sering dikeluarkan dan terkena suhu ruang, nantinya daging akan memiliki risiko kontaminasi yang tinggi.

Sesuaikan Jenis Sayuran Ketika Menyimpannya di Kulkas

Cuci sayuran sebelum memasukkan sayuran ke kulkas dengan air mengalir. Jangan lupa untuk tiriskan dan keringkan sayuran. Kemudian bungkus sayur tersebut menggunakan tisu dapur dan simpan di wadah.

Namun, dalam menyimpan sayur tersebut juga perlu disesuaikan dengan jenis sayurannya. Misalnya, ketika menyimpan cabai di kulkas, sebaiknya cabai dicuci kemudian dikeringkan menggunakan tisu dapur, lepaskan tangkainya, kemudian masukan ke dalam wadah kedap udara. Sedangkan untuk sayuran yang mudah layu atau busuk, sebaiknya bungkus dengan tisu dapur dan ikat dengan karet saja, agar kelembaban dapat terjaga.

Pisahkan Penyimpanan Sayuran dengan Buah-buahan

Buah-buahan dapat menghasilkan etilen, zat yang dapat mempercepat kematangan sayuran. Makanya sayuran dan buah-buahan tidak dapat disimpan berdekatan, karena bisa membuat sayuran lebih cepat mengalami pembusukan.

Sobat AQUA bisa menyimpan sayuran di bagian rak paling bawah kulkas, karena pada bagian ini kelembaban sayuran akan lebih terkontrol, jadi sayuran tidak mudah busuk.

Fitur Kulkas AQUA Japan yang Menjaga Ketahanan Bahan Makanan

Bagian yang tak kalah penting dalam menjaga ketahanan bahan makanan adalah dengan menggunakan kulkas yang mempunyai fitur-fitur pendukung yang tepat. Sobat AQUA bisa menjatuhkan pilihan untuk menggunakan kulkas dari AQUA Japan!

Fitur DEO Fresh & HCS yang ada di kulkas AQUA Japan dapat menjaga kesegaran makanan agar tidak timbul bakteri, dengan mencegah, menyerap aroma tidak sedap dan menjaga kelembaban pada bahan makanan. Yups, fitur ini sangat cocok sekali untuk menjaga kesegaran sayuran.

Fitur terbaik selanjutnya dari kulkas AQUA Japan adalah Magic Room! Yakni sebuah kompartemen khusus bersuhu 5°C ~ -18°C yang berguna untuk menyimpan bahan makanan seperti daging agar tetap segar walaupun Sobat AQUA sering membuka tutup pintunya.

Kedua fitur canggih tersebut bisa ditemukan di kulkas AQUA Japan series AQR-385IG. Nah dengan canggihnya teknologi yang ada di kulkas tersebut, jadi Sobat AQUA tak perlu khawatir lagi dengan cara menyimpan bahan makanan yang tepat. Yuk, kunjungi www.aquajapanid.com atau Official Store AQUA Japan di marketplace kesayangan untuk membelinya!

AQUA JAPAN PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA JAPAN Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003

EMAIL

custcare@haier.co.id