Simak Cara Menyimpan ASI di Kulkas yang Benar

Simak Cara Menyimpan ASI di Kulkas yang Benar

Kehadiran buah hati menjadi momen yang paling dinanti. Perlengkapan untuk si kecil pun sudah dipersiapkan, mulai dari baju, selimut, topi, dan sebagainya. Tidak hanya itu, para orang tua biasanya sudah menyiapkan peralatan untuk mendukung program ASI eksklusif, seperti pompa ASI, tempat penyimpanan ASI perah (ASIP) hingga pendingin untuk menyimpan ASIP. Nah, agar kualitas ASIP tetap terjaga, yuk simak cara menyimpan ASI di kulkas yang benar!

3 Hal yang Memengaruhi Kualitas ASI Perah

Tidak semua ibu bisa mendapat memberikan ASI secara langsung, terutama bagi ibu yang bekerja. Memompa ASI dan menyimpannya dalam wadah menjadi pilihan untuk tetap memberi nutrisi terbaik kepada bayi.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang dapat menurunkan kualitas ASIP. Di antaranya adalah:

  • Mendiamkan ASI terlalu lama di suhu ruang terlalu lama dapat menurunkan kualitasnya. CDC (Centers for Disease Control and Prevention) mengatakan jika Anda bisa menyimpan ASIP pada suhu ruang maksimal 4 jam setelah diperah
  • Hindari merendam ASIP ke dalam air panas sebelum disajikan kepada bayi. Suhu yang terlalu panas bisa menyebabkan kerusakan pada komponen susu.
  • Dilansir dari Honestdocs, beberapa ahli mengatakan untuk tidak membekukan kembali ASIP yang telah dicairkan sebelumnya karena hal tersebut dapat memengaruhi kualitas ASI dan berisiko untuk bayi.

Cara Menyimpan ASIP di Kulkas dengan Benar

Agar para ibu dapat memberikan ASI dengan kualitas terbaik, berikut ada beberapa cara menyimpan ASIP di kulkas dengan benar:

Gunakan Wadah Khusus ASIP

Untuk menampung ASIP, Anda bisa menggunakan storage bag khusus ASIP atau wadah dengan label food grade yang memiliki tutup rapat. CDC juga memperingatkan untuk menghindari pemakaian plastik yang mengandung Bisphenol A dengan simbol recycle nomor 7 sebagai wadah untuk menampung ASIP.

Cuci Tangan

Pastikan Anda telah mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun untuk menghindari kontaminasi kuman pada peralatan yang digunakan untuk menampung ASIP. Begitu pula dengan kebersihan alat pompa ASI yang harus tetap Anda jaga.

Sertakan Waktu dan Tanggal Saat ASI Diperah

Setelah ASIP ditampung pada wadah, Anda harus menyertakan waktu dan tanggal kapan ASI diperah. Hal ini bertujuan untuk menginformasikan ASIP mana yang harus dihabiskan terlebih dahulu.

Perhatikan Waktu dan Lokasi Penyimpanan

ASIP bisa disimpan dalam suhu ruangan hingga 4 jam. Selain itu, berdasarkan arahan CDC, ASIP yang disimpan dalam kulkas biasa mampu bertahan hingga 4 hari dan bila disimpan dalam freezer bisa bertahan sampai 6 bulan lamanya.

Selain memperhatikan waktu penyimpanan, Anda juga harus memperhatikan lokasi penyimpanannya. ASIP harus dijauhkan dari daging, ikan, dan telur agar kualitasnya tetap terjaga. Kemudian tempatkan ASIP pada bagian dalam freezer untuk mendapatkan ketahanan yang lebih lama.

ASIP Lebih Tahan Lama dengan Kulkas 2 Pintu AQR-405IG(BK)

Nah, bagi Sobat AQUA yang memiliki bayi dan ingin memberikan nutrisi terbaik melalui ASIP, Sobat AQUA bisa menggunakan kulkas AQR-405IG(BK) dari AQUA Japan.

Dilengkapi dengan fitur Super Freeze khusus untuk menyimpan ASIP, Sobat AQUA nggak perlu khawatir lagi karena suhu pada fitur Super Freeze yang berkisar -18 derajat celcius hingga -24 derajat celcius dapat membuat ASIP bertahan lama.

Fitur selanjutnya adalah Magic Room, yaitu kompartemen terpisah yang terdapat pada bagian pendingin dengan suhu variatif (5 derajat celcius hingga -18 derajat celcius) akan menjaga kesegaran makanan hingga ASIP karena tidak tercampur oleh makanan lainnya yang berada pada freezer atau fridge.

Itulah beberapa cara menyimpan ASI di kulkas. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi https://aquajapanid.com/ atau klik di sini, ya!

AQUA JAPAN PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA JAPAN Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003

EMAIL

custcare@haier.co.id