Bunga Es Menumpuk di Kulkas? Simak Penyebabnya!

Bunga Es Menumpuk di Kulkas? Simak Penyebabnya!

Apakah Anda pernah merasa jengkel ketika ingin memasukan makanan beku ke dalam freezer, namun freezer-nya penuh dengan bunga es? Hingga akhirnya tak jarang Anda memasukkannya secara paksa atau menyimpannya di bagian lain. Padahal seperti yang kita ketahui, ada beberapa makanan yang memang wajib untuk ditaruh di freezer.

Tapi, pernah nggak sih Anda bertanya-tanya sebenarnya bunga es itu terjadi karena apa, ya? Gimana sih cara mencegah menumpuknya bunga es pada kulkas?

Biar nggak penasaran, yuk, simak selengkapnya!

Penyebab Penumpukan Bunga Es di Kulkas

Berikut beberapa penyebab yang menimbulkan penumpukan bunga es di kulkas yang bisa Anda hindari:

Suhu Kulkas terlalu Rendah

Suhu kulkas yang terlalu rendah mempercepat munculnya bunga es pada freezer Anda. Adapun suhu ideal yang bisa Anda terapkan pada kulkas adalah 5 °C dan pada bagian freezer sebaiknya tidak diset di bawah 1,6 °C.

Terlalu Sering Buka Tutup Pintu Kulkas

Wah, siapa yang menyangka kebiasaan yang barangkali sering kita lakukan ini punya andil sebagai penyebab munculnya bunga es di kulkas. Karena dengan seringnya kita membuka pintu kulkas, hal ini akan membuat udara hangat yang ada di luar kulkas menjadi masuk ke dalam.

Fitur Defrosting yang Bermasalah

Bunga es yang menumpuk biasanya lebih sering terjadi pada kulkas satu pintu karena biasanya di kulkas ini tidak terdapat fitur self-defrosting. Defrosting adalah alat yang berfungsi untuk membantu dalam mempercepat pencairan bunga es yang terbentuk di dinding dan juga rak freezer. Nantinya, bunga es yang sudah berubah menjadi air ini akan dialirkan ke wadah pembuangan.

Namun, apabila bunga es juga menumpuk pada kulkas dua pintu ini bisa disebabkan karena adanya penyumbatan pada wadah pembuangan. Nah, hal inilah yang akhirnya akan menimbulkan masalah dengan pembentukan embun beku yang kemudian akan menyebabkan bunga es menjadi bertumpuk.

Tidak Menyimpan Makanan dengan Benar

Menyimpan makanan yang masih panas ke dalam kulkas ternyata juga menjadi salah satu penyebab hadirnya bunga es di dalam kulkas, lho! Uap panas yang datang dari makanan atau minuman tersebut menimbulkan pembentukan embun beku.

Selain itu, pastikan Anda memperhatikan wadah dari makanan atau minuman yang hendak Anda masukkan ke dalam kulkas, apakah sudah tertutup rapat atau belum. Karena wadah yang terbuka tersebut juga menyebabkan air yang ada pada wadah dapat menguap ke bagian kompartemen kulkas dan akhirnya akan mengembun di dinding dan juga rak kulkas.

Isi Kulkas yang Terlalu Kosong

Kulkas yang tak terisi juga menjadi salah satu penyebab timbulnya bunga es pada freezer Anda, lho! Karena semakin sedikit makanan yang ada di dalam kulkas, maka semakin banyak pula kesempatan bunga es menumpuk.

Tips Cegah Bunga Es pada Kulkas

Bunga es yang menumpuk ternyata menimbulkan dampak negatif, lho! Anda jadi tak leluasa dalam menyimpan makanan yang ada di dalam freezer. Selain itu, kebiasaan membiarkan bunga es menumpuk juga dapat menimbulkan kulkas Anda rusak.

Berikut tips cegah bunga es pada kulkas Anda:

  • Hindari untuk terlalu sering membuka dan menutup pintu kulkas. Apalagi kalo dibukanya dalam waktu lama. Hindari kebiasaan ini, ya!
  • Atur suhu kulkas di suhu yang ideal dan sesuaikan dengan isi kulkas. Oh iya, pengaturan suhu biasanya dapat Anda temukan di bagian dinding kompartemen freezer.
  • Hindari menyimpan minuman atau makanan yang terlalu panas. Anda bisa mendiamkannya terlebih dahulu agar suhu tidak terlalu panas.
  • Isi bagian freezer secukupnya. Setidaknya isi freezer harus terpenuhi ¾ bagiannya.

Keunggulan Fitur Kulkas AQUA Elektronik Tipe AQR-385 IG(BK)

Gunakan kulkas AQUA Elektronik Tipe AQR-385 IG(BK) untuk dapatkan pengalaman kulkas tanpa bunga es. Kulkas AQR-385 IG(BK) merupakan kulkas 2 pintu dengan bagian freezer yang terpisah. Sehingga Anda memiliki banyak ruang untuk fokus menyimpan makanan beku Anda. Selain itu, yang menjadikan kulkas AQR-385 IG(BK) ini spesial adalah ia memiliki fitur utama Magic Room.

Magic Room adalah kompartemen terpisah yang ada di bagian dalam kulkas. Di kompartemen ini Anda bisa mengatur suhu nya mulai dari 5°C hingga -18°C. Jadi, Anda nggak perlu khawatir akan kesegaran makanannya, karena bagian ini tak akan tercampur dengan makanan lainnya yang berada di freezer maupun di fridge. Dan hal ini nggak akan berpengaruh dengan seringnya Anda menutup ataupun membuka kulkas.

Nah, dengan kulkas AQR-385 IG(BK) ini, Anda nggak perlu khawatir kulkas akan penuh dengan bunga es! Yuk, dapatkan informasi lengkap kulkas AQUA Elektronik ini segera hanya di www.aquajapanid.com!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003