Berikut Cara Menyimpan Ayam di Kulkas dengan Benar

Berikut Cara Menyimpan Ayam di Kulkas dengan Benar

Persoalan dalam menyimpan makanan di kulkas tidak selalu mudah. Pasalnya, kita kerap kali menyimpan bahan makanan dengan cara yang kurang tepat. Seperti halnya ketika menyimpan daging ayam yang ternyata memerlukan perhatian khusus agar tidak menyebabkan masalah di kemudian hari. Maka dari itu, yuk simak cara menyimpan ayam di kulkas berikut ini!

Kesalahan dalam Menyimpan Daging Ayam

Sebelum membahas cara menyimpan ayam di kulkas dengan benar, Sobat AQUA harus mengetahui beberapa kesalahan dalam menyimpan daging ayam yang dapat dihindari. Di antaranya adalah:

    Mencuci Daging Ayam

    Banyak dari kita berasumsi bahwa daging harus dimasukkan ke kulkas dalam keadaan bersih. Biasanya daging ayam dicuci dengan air mengalir sebelum dimasukkan ke kulkas. Padahal cara tersebut bisa menyebabkan masalah yang cukup fatal, lho!

    Kok bisa?

    Soalnya, proses pencucian daging ayam dengan air dapat memberikan media bagi bakteri untuk masuk dan menyebar pada daging ayam yang tentunya akan berdampak buruk pada kesehatan.

    Menyimpan dalam Kondisi Basah

    Kesalahan kedua ini masih berhubungan dengan kesalahan sebelumnya. Daging ayam yang disimpan di kulkas dalam kondisi basah bisa menyebabkan proses pembusukan terjadi lebih cepat. Ini diakibatkan oleh sisa-sisa air pada daging yang menyebabkan pertumbuhan bakteri.

    Menyimpan dengan Wadah yang Salah

    Menyimpan daging ayam di kantong plastik atau wadah terbuka adalah kesalahan ketiga. Daging yang dibungkus dengan plastik yang tidak steril sudah pasti bahaya dikonsumsi karena kebersihannya tidak terjamin.

    Begitu juga dengan penggunaan wadah terbuka yang dapat berimbas pada makanan lainnya karena rawan terkontaminasi.

    Menyatukannya dengan Makanan Lain

    Meletakan daging ayam mentah dengan makanan matang secara berdekatan sudah pasti harus dihindari. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesegaran makanan lain dan agar tidak terpapar aroma daging ayam yang masih mentah.

Cara Menyimpan Ayam di Kulkas dengan Benar

Untuk menghindari pertumbuhan bakteri dan kuman pada daging ayam, berikut cara menyimpan ayam di kulkas yang harus Sobat AQUA lakukan:

    Bersihkan Ayam dengan Tisu

    Kalau membersihkan ayam dengan air dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri, maka Sobat AQUA bisa membersihkan kotoran yang menempel dengan tisu dapur sebelum menyimpannya di dalam kulkas.

    Lalu, cara untuk menghilangkan kuman atau bakterinya gimana?

    Sobat AQUA nggak usah khawatir, karena kuman dan bakteri pada daging ayam akan mati ketika dimasak hingga matang, kok!

    Gunakan Wadah Tertutup

    Pilihlah wadah tertutup untuk menyimpan daging ayam mentah. Ini penting dilakukan untuk mencegah kontaminasi ke makanan lain. Menggunakan wadah tertutup atau plastik wrap juga bisa menghindari penyebaran aroma khas daging mentah di kulkas.

    Letakan di Lokasi yang Tepat

    Usahakan untuk meletakan daging di lokasi yang tepat, misalnya di bagian bawah kulkas atau freezer. Dengan begitu, makanan lain tidak akan terkena tetesan sari daging ayam.

    Simpan pada Suhu di Bawah 5 Derajat Celcius

    Menyimpan daging ayam di suhu yang tepat dapat membuatnya menjadi lebih awet. Sobat AQUA bisa menyimpan daging ayam pada freezer atau lebih tepatnya pada suhu di bawah 5 derajat celcius.

    Suhu dingin akan menghambat pertumbuhan bakteri dan kuman sehingga dapat memperlambat proses kerusakan atau pembusukan pada daging ayam. Jadi, daging ayam akan lebih tahan lama.

Fitur Kulkas AQR-405IG(BK) untuk Menjaga Kesegaran Daging Ayam

Guna menjaga kesegaran bahan makanan milik Sobat AQUA, kini telah hadir kulkas AQR-405IG(BK) dengan berbagai fitur fantastisnya!

Fitur pertama adalah Magic Room. Dengan fitur ini, Sobat AQUA bisa menyimpan daging ayam tanpa takut tercampur dengan makanan lain. Selain itu, di Magic Room terdapat pengaturan suhu variatif dari 5 derajat celcius hingga -18 derajat celcius yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik makanan.

Selanjutnya adalah fitur Soft Freeze (-7 derajat celcius) yang bisa membuat daging beku lebih mudah dipotong sebelum diolah. Nggak hanya itu, di kulkas AQR-405IG(BK) ini terdapat fitur DEO Fresh & HCS yang bisa menjaga kesegaran makanan dengan cara mencegah serta menyerap aroma tidak sedap dan menjaga kelembapan makanan.

Yuk, kunjungi www.aquajapanid.com atau klik di sini untuk informasi lebih lengkap mengenai kulkas AQR-405IG(BK)!

AQUA JAPAN PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA JAPAN Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003

EMAIL

custcare@haier.co.id