INI DIA CARA MEMBERSIHKAN MESIN CUCI YANG BENAR!

Tahukah sobat AQUA Japan bahwa mesin cuci juga perlu dicuci? Mungkin yang kamu pikirkan, kenapa alat pembersih perlu dibersihkan, kan sabun nya sudah membersihkannya. Meskipun demikian, mesin cuci tetap berisiko menjadi sarang jamur yang dapat membahayakan kesehatan. Berikut ini adalah panduan bertahap dan beberapa saran berguna untuk menjaga mesin cuci kamu selalu dalam kondisi prima dan tidak menyebabkan alergi. Selalu cek buku panduan mesin cuci sebelum mulai dibersihkan dan pastikan kamu mengenakan sarung tangan saat menggunakan produk pembersih. Berikut adalah cara bersihkan masing-masing jenis mesin cuci.

Cara membersihkan mesin cuci front loading

  1. Pada mesin cuci yang telah kamu kosongkan, jalankan program pencucian menggunakan air panas. Proses ini guna membersihkan sisa-sisa deterjen yang menumpuk di dalam drum mesin cuci.
  2. Untuk menghilangkan bau tuangkan dua cangkir cuka putih ke dalam laci deterjen lalu jalankan program pencucian.
  3. Apabila mesin cucimu memiliki laci deterjen, lepas dan rendam di dalam wastafel atau ember. Jika sangat kotor, rendam dalam campuran air panas dan karbol secukupnya. Pastikan kamu Ikuti petunjuk pemakaian pada produk karbol.
  4. Sambil menunggu laci deterjen yang sedang direndam, basuh kain dengan air panas untuk mengelap seluruh bagian pintu mesin cuci. Tarik pinggiran karet penyegel pintu mesin cuci dengan perlahan untuk membersihkan lapisan kerak sabun dan kotoran di bawahnya.
  5. Bersihkan juga saluran yang menghubungkan laci deterjen dan tabung mesin cuci.
  6. Gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan sisa-sisa residu sabun pada laci deterjen yang direndam.
  7. Bilas, lalu keringkan, dan pasang laci deterjen kembali.


Baca Juga : 5 Cara Menggunakan Mesin Cuci Otomatis dengan Benar

Cara membersihkan mesin cuci Top Load

Proses membersihkan mesin cuci bukaan atas sedikit berbeda dibanding membersihkan mesin cuci bukaan depan:

  1. Mulai dengan menjalankan program pencucian menggunakan sedikit air panas. Pastikan mesin cuci telah dikosongkan.
  2. Ulangi kembali program pencucian menggunakan air panas. Pada saat mesin cuci telah penuh terisi air dan mulai berputar, tambahkan sekitar 750 ml cuka putih dicampur 60 gram bubuk soda kue.
  3. Biarkan larutan ini teraduk-aduk selama 30 detik, lalu matikan mesin cuci. Diamkan selama setengah jam hingga satu jam.
  4. Setelah dinding tabung mesin cuci benar-benar terendam, nyalakan kembali dan biarkan program pencuciannya tuntas.
  5. Matikan mesin cuci dan bersihkan sisa air pada bagian dalamnya memakai kain yang telah direndam dalam campuran air panas dan cuka dengan komposisi satu banding satu. Pastikan telah dibersihkan secara menyeluruh, termasuk bagian pinggiran dan langit-langit tabungnya.

Cara membersihkan mesin pengering pada mesin cuci dua tabung atau semi otomatis

Membersihkan tabung utama dari mesin cuci dua tabung sama dengan mesin cuci top loader. Berikut adalah cara membersihkan tabung pengering baju:

  1. Noda berwarna akibat pakaian luntur yang menempel pada permukaan tabung pada umumnya dapat dibersihkan menggunakan obat pembersih berkualitas dan kain lap. Untuk noda yang agak membandel, setelah coba membersihkannya, jalankan program pengering selama 15 menit dengan tabungnya berisi beberapa lembar kain lap atau handuk. Jangan lupa untuk baca petunjuk pemakaian produk pembersih.
  2. Pastikan semua ventilasi mesin pengering tidak tersumbat.
  3. Pastikan penyaring serat dibersihkan paling sedikit sebulan sekali. Bilas di bawah air keran untuk mengeluarkan kotoran, lalu angini sampai kering sebelum dipasang kembali.
  4. Mesin penyedot debu dapat membantu pekerjaan kamu untuk membersihkan serat-serat yang menempel pada penyaring dan bagian-bagian lain pada mesin.

Semoga dengan rajin membersihkan mesin cuci, Sobat AQUA Japan akan mendapatkan hasil cucian yang lebih maksimal dan bebas jamur.

FQW-1010QD

Anti Bacterial

Wool Care

Express Wash

SEE MORE

FQW-1600TD

Product Design Award 2007

Anti Bacterial

Smart Drive Motor

SEE MORE
CALL CENTER BEBAS PULSA | 0800 1 003 003 | JAM OPERASIONAL SENIN - JUMAT : 08:00 - 18:00, SABTU: 08:00 - 17:00