Hindari Freezer Burn pada Kulkas Anda dengan 3 Cara Berikut!

Hindari Freezer Burn pada Kulkas Anda dengan 3 Cara Berikut!

Menyimpan makanan di dalam freezer memanglah bertujuan untuk membuatnya lebih awet. Terlebih memang ada beberapa makanan yang memang harus disimpan di suhu yang rendah, seperti daging sapi, daging ayam, atau makanan beku untuk memperlambat pertumbuhan bakteri. Tapi pernahkah Anda sadar, daging yang disimpan di dalam freezer tak jarang tertutupi es? Nah, kondisi makanan ini dinamakan freezer burn.

Apa, sih, penyebab freezer burn?

Freezer burn disebabkan karena masuknya udara ke dalam kemasan makanan dan mengenai permukaan daging. Selain itu, kondisi ini juga dapat disebabkan suhu freezer yang berubah-ubah. Biasanya daging yang mengalami kondisi ini akan berubah warna. Pada daging sapi bisa ditemui kondisi daging yang warnanya akan berubah menjadi lebih gelap atau coklat tua. Sedangkan pada daging ayam, kondisi daging akan menjadi lebih terang dan tulangnya akan lebih pucat.

Lalu, apakah bahan makanan tersebut tetap aman dikonsumsi?

Dilansir dari Hello Sehat yang mengutip penelitian dari United States Department of Agriculture, bahan makanan dengan freezer burn tidak berisiko foodborne disease atau gangguan kesehatan yang ditularkan melalui makanan.

Terakhir, bagaimana pencairan es pada bahan makanan yang terkena freezer burn?

Nah, bahan makanan yang terkena freezer burn tentunya tak bisa dimasak. Untuk itu, Anda harus mencairkannya terlebih dahulu. Adapun cara yang aman menurut United States Department of Agriculture adalah dengan memindahkan bahan makanan tersebut ke dalam wadah yang terisi air dingin. Lalu, ganti air secara berulang tiap 30 menit sampai freezer burn tersebut mencair. Hindari melakukan pencairan dengan cara didiamkan pada suhu ruangan, karena hal ini bisa memungkinkan bahan makanan terkontaminasi bakteri dari luar.

Cara Mencegah Freezer Burn

Walaupun demikian, freezer burn bisa mempengaruhi rasa dari bahan makanan tersebut. Makanya penting buat Anda mengetahui pencegahannya. Berikut adalah beberapa cara mencegah bahan makanan yang tertutupi es:

    Tutup Segel Makanan dengan Rapat

    Kebiasaan menyimpan bahan makanan yang tidak ditutup dengan benar adalah salah satu penyebab yang paling sering terjadi. Bahan makanan yang tak tertutup rapat memungkinkan molekul air yang ada berpindah ke tempat-tempat yang terisi udara. Oleh sebab itu, pastikan Anda menutup atau membungkus bahan makanan dengan rapat untuk menghindari banyaknya paparan udara yang masuk ke dalam wadah bahan makanan.

    Tambahkan Pembungkus Ekstra

    Selain cara di atas, jika Anda membeli bahan makanan tersebut dengan kondisi yang sudah terbungkus, Anda bisa menambahkan alumunium foil atau plastic wrap. Sekali lagi pastikan jika bahan makanan sudah tertutup rapat, ya.

    Perhatikan Waktu Penyimpanan Makanan

    Faktor lain yang kerap menjadi penyebabnya adalah terlalu lamanya menyimpan bahan makanan tersebut di dalam kulkas. Semakin lama waktu penyimpanannya maka akan semakin besar kemungkinan terjadinya freezer burn. Untuk itu, Anda bisa memberi label tanggal penyimpanan di kemasan atau wadahnya agar hal ini bisa terorganisir dengan baik.

Kulkas AQUA Japan yang Bisa Mencegah Freezer Burn

Dengan teknologi canggih khas teknologi Jepang, AQUA Japan menghadirkan kulkas 2 pintu type AQR-405IG(BK) dan AQR-290RBG(BK) yang bisa mengurangi hadirnya freezer burn. Kedua kulkas ini sama-sama memiliki fitur Magic Room yang terletak di bagian pendinginnya. Fitur ini merupakan compartment terpisah yang memungkinkan Anda mempunyai ruang khusus untuk menyimpan daging beku Anda. Sehingga Anda tak perlu mencampurnya dengan jenis makanan lain.

Selain itu, kedua kulkas ini juga memiliki fitur 360Air Flow yang di mana fitur ini dapat mengalirkan udara dingin secara merata. Sehingga suhu kulkas yang ada pada tiap compartment akan stabil. Anda tak perlu khawatir suhu akan berubah-ubah. Jadi, Anda tak perlu khawatir freezer burn akan muncul di makanan Anda.

Ingin segera mempunyai kulkas AQR-450IG(BK) dan AQR-290RBG dari AQUA Japan ini? Yuk, kunjungi laman resmi AQUA Japan untuk informasi lengkapnya! Kalau ada pertanyaan, Anda juga bisa melakukan live chat dan kami siap membantu, lho!

AQUA JAPAN PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA JAPAN Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003

EMAIL

custcare@haier.co.id