Hobi Olahraga? Simak Cara Mencuci Baju Olahraga yang Benar!

Hobi Olahraga? Simak Cara Mencuci Baju Olahraga yang Benar!

Sejak dunia dilanda pandemi dalam dua tahun terakhir, terjadi peningkatan tren olahraga di kalangan masyarakat. Hal ini ditandai dengan maraknya masyarakat yang menjajaki olahraga terutama sepeda dan home workout, lengkap dengan pakaian dan perlengkapannya. Meski begitu, tidak sedikit yang masih mengabaikan cara mencuci baju olahraga, sehingga sering terjadi kerusakan dan malah menimbulkan pemborosan karena terus berbelanja.

Anda tidak ingin, kan, baju olahraga Anda mudah rusak dan harus kembali mengeluarkan biaya yang tidak murah untuk membeli yang baru? Lalu, bagaimana cara mencuci baju olahraga yang benar agar tetap awet? Yuk, ikuti caranya berikut ini!

Cara Mencuci Baju Olahraga yang Benar

    Perhatikan label baju

    Cara pertama adalah dengan memperhatikan label petunjuk yang terdapat pada baju olahraga Anda. Dengan melihat label, Anda menjadi lebih paham bagaimana perawatan yang harus dilakukan terhadap baju tersebut. Umumnya, label pada baju olahraga tidak menyarankan untuk dicuci dengan air panas dan disetrika.

    Gantung dahulu sebelum dicuci

    Selanjutnya adalah menggantung baju olahraga yang baru dipakai terlebih dahulu dan tidak langsung dicuci. Cara satu ini seringkali terlewat, padahal baju olahraga harus sedikit kering dan terkena angin sebelum dimasukkan ke mesin cuci.

    Sebab, cara ini harus dilakukan agar bakteri yang menempel pada baju tidak menyebar, salah satunya adalah bakteri penyebab bau. Setelah sedikit kering, baju harus langsung dicuci dan tidak ditumpuk terlalu lama karena hal tersebut juga memicu penyebaran bakteri.

    Gunakan deterjen secukupnya & tanpa pelembut

    Berbeda dengan baju biasa, dalam mencuci baju olahraga disarankan untuk tidak terlalu banyak menggunakan deterjen. Hal ini dikarenakan deterjen yang terlalu banyak bisa merusak serat baju. Selain itu, sisa deterjen akan menempel pada baju. Alih-alih menghilangkan bakteri, justru bakteri malah terus mengendap.

    Juga, penting bagi Anda untuk tidak menggunakan pelembut pakaian. Baju olahraga memiliki bahan yang berbeda dengan baju biasa, di mana bahan tersebut dibuat agar lebih cepat menyerap keringat. Pelembut pakaian bisa membuat baju olahraga menjadi melar dan juga membuat bakteri penyebab bau terus mengendap pada baju.

    Cuci terpisah dengan baju lain

    Setelah memasukkan deterjen secukupnya ke mesin cuci, saatnya mencuci baju olahraga tersebut. Satu hal yang wajib diperhatikan adalah untuk memisahkan baju olahraga dengan baju cucian yang lain. Kok, gitu?

    Bahan baju olahraga memiliki kecenderungan untuk lebih mudah robek, sehingga jika digabungkan bersama baju lain akan meningkatkan risiko baju robek. Namun apabila mendesak, Anda bisa kok memasukkan baju olahraga ke dalam kantong laundry berjaring dan mencucinya bersama dengan baju lain agar tetap terlindungi.

    Tidak memasukkan ke mesin pengering

    Setelah baju olahraga dicuci, Anda bisa jemur seperti biasa dan tidak memasukkannya ke dalam mesin pengering atau dryer. Dikarenakan baju olahraga memiliki bahan tertentu yang umumnya sensitif dengan suhu panas yang ditimbulkan oleh dryer. Itulah mengapa baju olahraga juga tidak disarankan untuk disetrika, karena bisa menyebabkan kerusakan.

Cuci Baju Olahraga Anda dengan Mesin Cuci AQUA Elektronik

Agar mencuci baju olahraga menjadi lebih mudah dan terjamin perawatannya, AQUA Elektronik hadir membawa solusinya yaitu Mesin Cuci Front Load tipe FQW-120876QD! Ragam fiturnya bisa menjaga baju olahraga Anda sehingga tidak cepat rusak.

Terdapat fitur 525 Drum yang menunjukkan ukuran drum yang luas yaitu 525mm, sehingga Anda bisa dengan mudah memasukkan dan mengeluarkan baju. Selain itu, dilengkapi juga dengan UV Protect yang bisa membunuh 99.99% bakteri dan kuman yang menempel di baju. Mesin cuci ini juga punya bantalan drum berkat fitur Pillow Drum, sehingga gesekan mesin cuci tidak akan mudah merusak serat baju olahraga Anda. Lengkap, bukan?

Nah, setelah mengetahui cara mencuci baju olahraga yang benar, Anda jangan lagi merawatnya dengan asal-asalan, ya. Terlebih dengan bantuan produk mesin cuci unggulan AQUA Elektronik dalam perawatan baju olahraga. Tunggu apalagi? Yuk, kepoin informasi lebih lengkapnya dengan mengunjungi Official Website AQUA Elektronik!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003