Jenis AC Berdasarkan Bentuknya yang Perlu Anda Tahu!

Kehidupan masyarakat modern di kota besar yang berlokasi di wilayah dengan udara panas tentu tak bisa lepas dari Air Conditioner (AC). Peranan produk elektronik ini memang penting untuk menjaga kestabilan suhu ruangan dan tentunya untuk mendinginkan ruangan. Tidak mengherankan jika jenis-jenis AC apa pun selalu laris manis di Indonesia.

Sebelum mengenal jenis-jenis AC dan menentukan pilihan terbaik bagi Anda, sebaiknya Anda mengenal fungsi dan manfaat penggunaan AC terlebih dahulu berikut ini.

Fungsi dan Manfaat Penggunaan AC

Manfaat yang bisa diperoleh dari penggunaan AC adalah sebagai berikut.

  • Meningkatkan kualitas udara karena salah satu fungsi utama AC adalah menyaring udara kotor dalam ruangan. Dengan demikian, penggunaan AC membuat udara dalam ruangan menjadi lebih bersih dan bebas dari mikroorganisme penyebab penyakit (bakteri, virus, dan jamur).
  • Membantu mengatasi gangguan tidur karena suhu ruangan yang nyaman bisa membuat siapa pun tidur lebih mudah dan lelap.
  • Memperkecil risiko gangguan kesehatan, seperti asma dan alergi debu.
  • Membuat tubuh merasa lebih rileks karena kondisi suhu ruangan yang tepat dapat menciptakan rasa nyaman. Tak mengherankan jika manfaat AC juga membuat sebagian besar orang menjadi lebih produktif.
  • Mengurangi risiko heat stroke atau peningkatan suhu tubuh secara drastis hingga melebihi 40 derajat Celsius. Heat stroke rentan terjadi apabila seseorang terkena sinar matahari dalam waktu lama ketika beraktivitas di luar ruangan. Beberapa gejala heat stroke yang patut diwaspadai di antaranya adalah pusing, sakit kepala, kulit memerah, jantung berdebar kencang, tidak berkeringat meskipun suhu tubuh sedang tinggi, dan bahkan kehilangan kesadaran.

Mengenal Jenis-Jenis AC dan Karakteristiknya

Jika ditinjau berdasarkan karakteristiknya, jenis-jenis AC dapat diklasifikasikan sebagai berikut.

  • AC Split : jika dibandingkan dengan jenis AC lainnya, AC split adalah jenis yang paling umum digunakan di Indonesia. Komponennya terdiri dari bagian indoor dan outdoor. Komponen indoor berfungsi mengalirkan udara dingin, sedangkan komponen outdoor berupa mesin AC yang melakukan proses sirkulasi udara. Daya listrik yang dibutuhkan untuk AC ini terbilang kecil, yaitu sekitar 800 watt saja.
  • AC Inverter : bila dilihat sekilas, tak ada perbedaan signifikan antara AC Split dan AC Inverter. Perbedaan utamanya terletak pada teknologi yang disematkan. AC Inverter memiliki sensor pintar untuk mengatur arus listrik dan putaran kompresor secara otomatis. Bila kondisi ruangan sudah cukup dingin, putaran kompresor akan melambat dan arus listrik yang digunakan pun ikut berkurang. Banyak orang tertarik menggunakan AC Inverter karena lebih efektif menghemat listrik dibandingkan AC Split.
  • AC Sentral : sesuai dengan namanya, AC Sentral dikendalikan oleh suatu sistem khusus dengan komponen cooling plant yang berada di luar bangunan. Jenis AC ini biasanya digunakan untuk mendinginkan bangunan berkapasitas besar, seperti mall, hotel, gedung perkantoran, atau aula.
  • AC Cassette : AC ini biasanya dipasang pada langit-langit ruangan dengan letak komponen outdoor yang terbilang jauh supaya tidak mengganggu aliran udara. Dari segi estetika, AC Cassette jauh lebih baik daripada AC Split atau AC Inverter karena hanya berupa komponen grill berukuran minimalis yang terpasang di atas ruangan. Jenis AC estetik ini paling cocok digunakan di ruangan berbentuk melebar dengan ketinggian tak lebih dari 4 meter.
  • AC Standing Floor : di antara jenis AC lainnya, AC Standing Floor merupakan yang paling fleksibel karena komponen outdoor-nya dapat dipindahkan ke mana saja secara praktis. Sistem pendinginnya terletak di bagian dasar mesin dan udara panasnya mengalir melalui ventilasi pada dinding paling luar. Sifat fleksibel AC Standing Floor membuatnya sering digunakan di berbagai acara, seperti pernikahan dan pameran.

Apa Jenis AC yang Paling Cocok untuk Digunakan di Rumah?

Hingga saat ini, AC Inverter menjadi jenis AC yang paling cocok digunakan di rumah karena harganya terjangkau dan teknologinya mumpuni untuk menghemat energi. AC Inverter mampu menyesuaikan suhu dengan ukuran ruangan sehingga ruangan menjadi sejuk tanpa menyebabkan pemborosan listrik. Selain AC Inverter, Anda juga bisa menyiapkan AC Standing Floor bila rutin mengadakan berbagai kegiatan di rumah yang melibatkan banyak orang. Penggunaan AC Standing Floor juga sangat praktis karena dapat dipindahkan ke ruangan mana pun di dalam rumah.

Sebagai salah satu produsen peralatan elektronik terkemuka di tanah air, Aqua Japan senantiasa berkomitmen menghadirkan produk terbaik untuk kebutuhan Anda, termasuk produk AC. Salah satu produk AC Aqua Japan yang cocok untuk penggunaan skala rumah tangga adalah AC 1 PK seri AQA-KCRV10WP. Tipe AC Aqua Japan yang satu ini dibekali beberapa fitur canggih sebagai berikut:

  • Eco Mode: 4 mode penggunaan energi yang dapat mengontrol penggunaan daya hingga 40% atau 160 watt untuk ½ pk.
  • Aqua Fresh: teknologi yang mampu membekukan evaporator dan kotoran yang menempel. Tenaga ekspansi dan hembusan kipas akan membuat kotoran hilang melalui kondensasi air es sehingga menghasilkan udara yang bersih bebas virus dan bakteri.
  • Inverter Plus: dapat mengontrol perubahan suhu secara presisi dengan penghematan listrik hingga 63%.
  • Anti Corrosion: tembaga murni berlapis blue fin untuk evaporator dan kondensor yang dapat mencegah timbulnya karat pada unit indoor maupun outdoor.
  • Hyper PCB: Papan sirkuit lolos uji ketahanan yang berat dan terbukti andal, mampu bertahan hingga 10 tahun dengan pemakaian normal.
  • Big Blade: desain kipas blower lebih Panjang dan besar sehingga mampu menghembuskan udara hingga 12 meter.

Pemilihan AC yang tepat sangat penting untuk mendukung kenyamanan ruangan di rumah tanpa menyebabkan pemborosan listrik. Pilihlah jenis AC secara cermat agar mendapatkan produk berteknologi canggih yang tahan lama.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003