Mengenal Karakteristik dan Ukuran Mesin Cuci 1 dan 2 Tabung

Penggunaan barang-barang elektronik canggih sangat penting untuk meringankan aktivitas rumah tangga. Salah satu barang elektronik yang kini dibutuhkan mayoritas masyarakat modern adalah mesin cuci. Banyak sekali varian mesin cuci yang dilengkapi dengan fitur-fitur berteknologi canggih. Oleh sebab itu, Anda patut memilih secara cermat dengan mempertimbangkan berbagai hal, seperti ukuran mesin cuci, konsumsi listrik, perawatan, dan lainnya.

Secara garis besar, ada dua jenis mesin cuci yang beredar di pasaran, yaitu mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung. Sayangnya, masih banyak orang yang belum memahami perbedaan antara dua jenis mesin cuci tersebut hingga bingung menentukan pilihan. Jika Anda sedang bingung memilih mesin cuci 1 tabung atau 2 tabung, sebaiknya Anda menyimak ulasan berikut ini terlebih dahulu agar mantap menentukan pilihan.

Karakteristik Mesin Cuci 2 Tabung

  • Konsep mesin cuci 2 tabung: secara sederhana, mesin cuci 2 tabung dapat didefinisikan sebagai mesin cuci bak tunggal yang dilengkapi dengan mesin pengering terpisah. Proses pencucian dan pembilasan dilakukan pada bak cuci, sedangkan proses pengeringan mesti dilakukan pada bak pengering.
  • Ukuran: mesin cuci 2 tabung jelas lebih besar daripada ukuran mesin cuci 1 tabung karena terdiri dari bak cuci dan bak pengering yang terpisah. Anda harus menyiapkan kapasitas tempat yang lebih luas bila ingin menggunakan mesin cuci 2 tabung.
  • Kapasitas: jenis mesin cuci ini dapat menampung cucian sebanyak 6,5 kg hingga 20 kg.
  • Harga: mesin cuci 2 tabung dibanderol dengan harga terjangkau mulai dari 700 ribuan hingga 2 juta rupiah.
  • Cara Pemakaian: ketika memakai mesin cuci 2 tabung, Anda wajib melakukan pengaturan knob pencucian secara manual, termasuk saat membilas. Bila cucian sudah bersih dari busa, Anda harus memindahkan cucian tersebut ke bak pengering lalu mengatur durasi pengeringan.
  • Pemakaian air: dari segi pemakaian air, mesin cuci 2 tabung terbilang fleksibel karena Anda tak harus mengalirkan air langsung ke mesin cuci melalui selang. Jadi, Anda dapat menampung air di ember lalu memasukkannya ke bak cuci saat persediaan air sedang terbatas. Karakteristik pemakaian air pada mesin cuci 2 tabung sangat cocok bagi Anda yang kerap mengalami keterbatasan pasokan air bersih untuk kebutuhan Mandi Cuci Kakus (MCK).
  • Pemakaian listrilk: daya listrik yang dibutuhkan untuk pengoperasian mesin cuci 2 tabung lebih hemat dibandingkan mesin cuci 1 tabung karena fitur-fiturnya terbatas.

Karakteristik Mesin Cuci 1 Tabung

  • Jenis: mesin cuci ini terdiri dari dua jenis, yaitu mesin cuci bukaan atas (top load) dan mesin cuci bukaan depan (front load). Mesin cuci 1 tabung bukaan atas lebih konvensional dibandingkan mesin cuci 1 tabung bukaan depan jika ditinjau dari segi teknologi.
  • Konsep mesin cuci 1 tabung: jenis mesin cuci ini memiliki bak tunggal yang berfungsi untuk merendam, mencuci, membilas, sekaligus mengeringkan pakaian.
  • Ukuran mesin cuci: ukuran mesin cuci 1 tabung lebih mungil dibandingkan mesin cuci 2 tabung karena hanya terdiri dari bak tunggal. Itulah sebabnya jenis mesin cuci ini cocok untuk lahan rumah yang terbatas.
  • Kapasitas: pada umumnya mesin cuci 1 tabung dapat menampung cucian sebanyak 6 kg hingga 15 kg.
  • Harga: mesin cuci 1 tabung dibanderol dengan kisaran harga 1 jutaan rupiah hingga 10 juta rupiah. Perbedaan dipengaruhi kapasitas serta fitur-fitur yang terdapat dalam mesin cuci tersebut.
  • Cara pemakaian: ketika memakai mesin cuci 1 tabung, Anda hanya perlu melakukan satu kali pengaturan di awal berdasarkan durasi pencucian, jenis pakaian atau level air yang Anda inginkan. Selanjutnya, mesin cuci ini akan beroperasi secara otomatis hingga baju selesai dikeringkan.
  • Pemakaian air: jumlah air yang dibutuhkan mesin cuci 1 tabung lebih hemat karena pengaturannya dilakukan secara otomatis. Kendati demikian, jenis mesin cuci ini membutuhkan aliran air yang kencang supaya proses pencucian berlangsung lancar.
  • Pemakaian listrilk: daya listrik yang dibutuhkan untuk pengoperasian mesin cuci 1 tabung lebih besar dibandingkan mesin cuci 2 tabung karena fitur-fiturnya canggih, contohnya fitur perendaman, pemanas air, atau pembersih bak cuci.

Berapa Rata-Rata Ukuran Mesin Cuci yang Dibutuhkan Masyarakat?

Penentuan ukuran mesin cuci dapat dilakukan berdasarkan tujuan penggunaan dan jumlah anggota keluarga. Penggunaan rumah tangga tentu butuh kapasitas mesin cuci lebih kecil daripada penggunaan pada bisnis laundry. Biasanya bisnis laundry butuh mesin cuci dengan kapasitas 15 hingga 20 kg supaya proses pencucian berlangsung lebih efisien dalam satu kali cuci.

Jika diperuntukkan bagi kebutuhan rumah tangga, ukuran mesin cuci berkisar antara 6 kg hingga 8 kg sudah cukup untuk keluarga kecil. Sedangkan rumah tangga dengan anggota keluarga berjumlah banyak membutuhkan kapasitas mesin cuci yang lebih besar dari 8 kg.

Saat ini, Aqua Japan menghadirkan solusi bagi kebutuhan rumah tangga modern berupa Mesin Cuci Aqua Japan Front Load FQW-850829QD 8.5kg ECO Wash Series. Varian produk Aqua Japan yang satu ini dilengkapi berbagai fitur canggih untuk cucian yang lebih bersih. Beberapa fitur unggulan yang terdapat pada Mesin Cuci Aqua Japan Front Load FQW-850829QD 8.5kg ECO Wash Series, antara lain:

  • Teknologi Eco Inverter yang membuat suara motor lebih halus sehingga Anda merasa nyaman saat mencuci.
  • Auto Weight yang mampu menghitung beban pakaian secara optimal sehingga menghemat air dan listrik.
  • Anti-Bacteria Treatment (ABT) yang ampuh menghilangkan 99,9% bakteri dan kuman sehingga siklus cucian lebih higienis.
  • Quick Wash untuk menyelesaikan pencucian dalam waktu singkat.
  • Wave Drum yang meningkatkan kinerja pencucian agar pakaian bersih maksimal sekaligus tetap lembut dan halus.

Jangan sampai salah memilih mesin cuci malah menghambat aktivitas mencuci pakaian di rumah. Cermati ukuran mesin cuci, fitur, dan hal-hal penting lainnya supaya bisa mendapatkan mesin cuci terbaik yang Anda butuhkan.

Referensi:

  • 99.co/blog/indonesia/perbandingan-mesin-cuci-1-tabung-vs-2-tabung/
  • hot.liputan6.com/read/4369307/8-perbedaan-mesin-cuci-top-load-dan-front-load-ketahui-mana-yang-terbaik
  • momsmoney.id/news/kelebihan-dan-kekurangan-mesin-cuci-1-tabung-dan-2-tabung-wajib-tahu-sebelum-beli
  • selka.id/news/article/pilihan-antara-mesin-cuci-2-tabung-dan-mesin-cuci-1-tabung/165

Diakses pada: 4 April 2022

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003