Cara Membersihkan Mesin Cuci 1 Tabung yang Mampet

Mesin cuci bisa dibersihkan? Tentu saja bisa. Dan memang perlu dibersihkan secara rutin supaya tidak cepat rusak. Cara menggunakan mesin cuci 1 tabung dan membersihkannya tidak serumit yang Anda bayangkan.

Mesin cuci 1 tabung adalah jenis mesin cuci yang dirancang untuk melakukan pencucian dan pengeringan di dalam satu tabung. Ada dua jenis mesin cuci 1 tabung, yaitu mesin cuci front load (bukaan depan) dan top load (bukaan atas).

Mesin cuci 1 tabung menggunakan air lebih sedikit daripada mesin cuci 2 tabung. Perbedaan lainnya, mesin cuci 1 tabung hanya bisa bekerja bila ada air yang terkoneksi secara langsung dari keran atau selang. Ini karena mesin cuci akan mengatur jumlah air yang dibutuhkan serta waktu pencucian secara otomatis.

Cara Menggunakan Mesin Cuci 1 Tabung yang Benar: Rajin Dibersihkan

Dengan segala keunggulannya, mesin cuci 1 tabung tetap memerlukan perawatan yang baik agar usia pakainya panjang. Sobat AQUA tentu tak ingin mengeluarkan biaya banyak untuk melakukan perbaikan bila suatu hari mesin cuci mendadak ngadat. Hal ini bisa terjadi, lho, bila mesin cuci jarang dibersihkan.

Penyebabnya? Bisa karena saluran pembuangan yang mampat karena tersumbat kotoran sehingga aliran air terhambat. Selain tersumbat kotoran, saluran pembuangan mesin cuci juga bisa tersumbat oleh koin atau benda lain yang terbawa di pakaian dan ikut tercuci.

Mesin cuci yang jarang dibersihkan juga bisa menimbulkan bau tak sedap. Bau itu bisa saja menempel di pakaian yang dicuci menggunakan mesin cuci tersebut. Pastikan Anda tahu cara menggunakan mesin cuci 1 tabung dan buat jadwal setiap dua bulan sekali untuk membersihkan mesin cuci.

Tips Membersihkan Mesin Cuci 1 Tabung

Cara menggunakan mesin cuci 1 tabung front load dan top load memang mudah. Hanya, cara membersihkan mesin cuci 1 tabung front load dan top load sedikit berbeda. Tenang, praktiknya tidak sulit, kok. Anda bahkan dapat memanfaatkan bahan-bahan dapur untuk membersihkan mesin cuci. Simak tipsnya berikut!

Cara membersihkan mesin cuci 1 tabung front load

  • Kosongkan tabung mesin cuci.
  • Lakukan siklus pembersihan pertama: Tuang air panas ke dalam tabung, lalu nyalakan mesin cuci seperti saat akan mencuci pakaian. Saat mesin mati, buang air.
  • Lakukan siklus pembersihan kedua: Tuang panas baru ke dalam tabung yang sudah dilarutkan dengan 2 cangkir cuka putih, lalu jalankan siklus pencucian. Saat mesin mati, buang air.
  • Bilas bagian dalam tabung dengan air biasa.
  • Setelah tabung kosong, bersihkan dengan kain lap atau handuk kering.
  • Bersihkan laci deterjen: Lepas laci, rendam dalam wadah berisi air, lalu sikat dengan sikat gigi bekas sampai bersih.

Cara membersihkan mesin cuci 1 tabung top load

  • Kosongkan tabung mesin cuci.
  • Lakukan siklus pembersihan pertama: Tuang air panas ke dalam tabung, lalu jalankan siklus pencucian pakaian seperti biasa. Saat mesin mati, buang air.
  • Lakukan siklus pembersihan kedua: Isi tabung dengan air biasa, 3,5 cangkir cuka putih, dan setengah cangkir soda kue. Jalankan siklus pencucian selama 30 detik, lalu biarkan air menggenang di mesin cuci selama 30–60 menit.
  • Lakukan siklus pembersihan ketiga: Dengan air siklus pencucian kedua, jalankan kembali siklus pencucian untuk menghapus residu deterjen atau kotoran yang masih melekat di tabung mesin cuci. Saat mesin mati, buang air.
  • Lap bagian dalam tabung dengan kain yang sudah dicelupkan ke dalam larutan air panas dan cuka.

Mesin Cuci 1 Tabung dengan Fitur Canggih untuk Cucian Lebih Bersih

Dengan segala keunggulannya, sulit untuk tidak menggunakan mesin cuci 1 tabung, seperti persembahan AQUA Elektronik ini: top load AQW-1051678QD dan front load FQW-700829QD.

Mesin cuci top load AQW-1051678QD 10.5kg Silent Wash Series memiliki tampilan yang elegan dengan desain tutup kaca berkualitas tinggi tempered glass lid. Mesin cuci ini juga dilengkapi berbagai fitur canggih untuk memudahkan Anda dalam mencuci pakaian.

Fitur Rear Control dengan desain panel ergonomis memungkinkan Anda untuk mengoperasikan mesin cuci tanpa membungkuk. Ditambah lagi teknologi Direct Motion Motor yang membuat proses pencucian lebih tenang dan hemat energi. Motor ini beroperasi tanpa sabuk, terpasang langsung pada drum, mampu mengurangi kebisingan dan minim getaran, meningkatkan daya tahan sekaligus mengurangi konsumsi energi dan air.

Cara menggunakan mesin cuci 1 tabung dengan suara motor yang halus juga bisa Anda dapatkan bila menggunakan front load FQW-700829QD yang dilengkapi teknologi Eco Inverter. Ditambah fitur Anti-Bacteria Treatment yang mampu menghilangkan 99,99% bakteri dan kuman dari pakaian dan mesin cuci. Laci deterjen dan gasket jendela mesin cuci tetap bersih sehingga siklus cucian jadi lebih higienis.

Yang pasti, Anda tak perlu bingung mengatur penggunaan air untuk mencuci. Mesin cuci AQUA front load FQW-700829QD mampu secara otomatis mengatur jumlah air dan waktu pencucian sesuai dengan berat pakaian yang akan dicuci. Hal ini tentu menghemat air dan listrik di rumah.

Tunggu apalagi? Intip informasi lebih lengkapnya dengan mengunjungi Official Website AQUA Elektronik!

References:

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003