Freezer Dingin tapi Tidak Beku? Kenali Penyebabnya!

Saat ini, rasanya tidak ada rumah tangga yang tidak menggunakan kulkas atau freezer. Hal tersebut tidak mengherankan lantaran kulkas atau freezer memiliki fungsi yang sangat bermanfaat bagi penyimpanan makanan. Kulkas dapat menjaga kesegaran makanan dan minuman sehingga tidak cepat basi. Sementara itu, freezer dapat membekukan makanan dan juga minuman sehingga bisa disimpan untuk digunakan beberapa minggu atau beberapa bulan lagi. Jika freezer tidak beku, manfaat kulkas tentu berkurang.

Namun, hal itu nyatanya kerap terjadi. Suhu kulkas tetap dingin seperti biasa, tapi makanan di dalam freezer tidak membeku. Kondisi kulkas dingin tapi tidak beku ini tentu tidak bisa dibiarkan jika Anda tidak ingin makanan dan minuman yang disimpan di dalamnya cepat rusak atau basi.

Tahukah Anda? Suhu standar kulkas dan freezer berbeda karena disesuaikan dengan fungsinya masing-masing. Suhu kulkas lebih tinggi daripada suhu freezer karena fungsinya adalah mendinginkan makanan dan minuman. Sementara itu, freezer memiliki suhu yang lebih rendah lagi agar bisa membekukan makanan dan minuman.

Suhu kulkas rata-rata di bawah 4 derajat Celsius. Untuk pendinginan yang optimal, dianjurkan untuk menyetel suhu kulkas pada suhu 1 derajat hingga 3 derajat Celsius. Bila suhu kulkas terlalu mendekati 4 derajat Celsius, bakteri mempunyai peluang untuk berkembang biak sehingga berpengaruh pada kualitas makanan yang disimpan di dalamnya. Sementara, suhu freezer sebaiknya paling tinggi -17 derajat Celsius. Lebih rendah dari itu maka akan lebih baik.

Penyebab Freezer Kulkas Tidak Beku dan Cara Memperbaikinya

Untuk menjaga kesegaran makanan, kulkas harus dinyalakan selama 24 jam nonstop. Bila sudah dipakai agak lama, kadang masalah akan mulai bermunculan pada kulkas, terutama bila kulkas jarang dibersihkan. Salah satu masalah umum pada kulkas adalah freezer tidak beku. Tanda freezer kulkas yang tidak beku di antaranya adalah bunga es yang mencair atau makanan dan minuman di dalamnya terasa lebih lunak, alih-alih membeku.

Jika freezer Anda mengalami masalah demikian, jangan dibiarkan begitu saja. Anda perlu segera mencari tahu penyebab freezer tidak beku. Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan freezer kulkas dingin tapi tidak beku.

Pengaturan suhu tidak tepat

Bisa jadi tombol pengaturan suhu di dalam freezer tersenggol produk-produk di dalamnya sehingga suhunya berubah menjadi lebih tinggi.

Cara perbaiki: Cek kembali tombolnya, lalu sesuaikan supaya suhunya di bawah -17 derajat Celsius. Kemungkinan butuh waktu hingga 24 jam agar suhu freezer dapat menyesuaikan dengan suhu yang baru.

Pintu kulkas terlalu sering dibuka

Hal ini mungkin terdengar sepele, tapi pintu kulkas yang terlalu sering dibuka kerap menjadi penyebab freezer kulkas tidak beku. Hal tersebut bisa diperparah jika isi kulkas padat karena terkadang ada makanan yang mengganjal pintu kulkas sehingga sulit untuk ditutup rapat.

Cara perbaiki: Rutin cek pintu kulkas untuk memastikan pintu sudah tertutup rapat.

Ventilasi freezer terblokir

Jika Anda kesulitan mencari lokasi ventilasi freezer, Anda bisa mengecek di buku manual yang Anda dapatkan ketika membeli kulkas untuk pertama kali. Ventilasi yang terblokir oleh tumpukan makanan tanpa disadari dapat membuat freezer tidak beku.

Cara perbaiki: Susun makanan dengan rapi, tapi jangan sampai menutupi ventilasi freezer.

Koil kondensor kotor

Hal ini biasanya terjadi pada koil kondensor yang terletak di bagian bawah atau belakang kulkas. Akibatnya, kondensor tidak bisa menyerap panas secara efektif. Kemampuan mendinginkan makanan pun menjadi berkurang.

Cara perbaiki: Bersihkan koil kondensor secara rutin tiap 6-12 bulan sekali.

Motor kipas evaporator bermasalah

Komponen ini berfungsi mengalirkan udara di atas koil evaporator ke seluruh bagian freezer. Jika motor ini bermasalah, freezer tidak bisa membekukan apa pun.

Cara perbaiki: cek motor kipas evaporator dengan membuka pintu freezer lalu aktifkan saklar pintu secara manual. Jika saklar sudah diaktifkan tapi motor tetap tidak bekerja, artinya kipas perlu diganti.

Kipas kondensor bermasalah

Komponen ini berfungsi menarik udara melalui kondensor. Jika kipas kondensor bermasalah, maka udara tidak bisa ditarik melalui kondensor. Akibatnya, freezer tidak beku.

Cara perbaiki: Cek apakah motor kipas sudah aus dan perlu diganti.

Salah satu kekhawatiran lainnya dalam menyimpan makanan beku di freezer kulkas adalah bila listrik padam. Makanan yang disimpan di dalamnya bisa mencair dan kehilangan kesegarannya. Lebih parahnya lagi, makanan bahkan jadi cepat membusuk.

Namun, hal itu tidak akan terjadi bila Anda menggunakan produk AQF-450EC Chest Freezer 429 persembahan dari AQUA Elektronik. Berikut ini merupakan fitur utama dari AQF-450 EC Chest Freezer 429.

  • Cooling Retention
    Freezer ini dilengkapi fitur Cooling Retention yang dapat menjaga makanan di dalamnya tetap beku hingga 48 jam, termasuk ketika freezer tidak berfungsi karena listrik padam. Jadi, Anda akan memiliki waktu selama beberapa jam untuk mengupayakan listrik agar menyala kembali tanpa cemas makanan di freezer akan rusak.
  • Super Fast Freezing
    Dalam kondisi normal, proses pembekuan makanan di dalam AQF-450EC Chest Freezer 429 berlangsung lebih cepat berkat fitur Super Fast Freezing. Alat ini juga bisa dibilang ramah lingkungan karena menggunakan freon khusus yang dapat menghemat energi hingga 25%. Dengan begitu, beban konsumsi listrik Anda pun menjadi lebih ringan.

Ingin tahu info lebih detail tentang Chest Freezer AQF-450EC atau chest freezer lainnya? Yuk, kunjungi Official Store AQUA Elektronik sekarang juga!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003