5 Kebiasaan yang Menyebabkan AC Bocor

Kondisi AC bocor tentu mengganggu kenyamanan. Selain karena muncul tetesan air yang membasahi lantai, suhu yang dihasilkan AC bocor juga tidak sedingin biasanya. Maka, hindari kebiasaan yang bisa jadi penyebab AC bocor.

Tujuan memasang AC di rumah adalah memperoleh kenyamanan. Meskipun tinggal di negara tropis, tapi cuaca panas kadang bisa bikin tidak nyaman dan menghambat Anda melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar. Dengan memasang AC, udara di dalam ruangan jadi dingin dan segar sehingga membuat Anda fokus dan bersemangat dalam beraktivitas.

Kenali Komponen AC

Saat AC bermasalah, Sobat AQUA memang bisa memanggil teknisi untuk memperbaikinya. Namun, ada baiknya Anda memahami apa saja komponen AC agar bisa mengidentifikasi kemungkinan penyebab AC bocor atau bermasalah bila tiba-tiba AC tidak dingin dan ruangan tidak terasa sejuk lagi.

AC yang dipasang di rumah umumnya AC split yang terdiri dari dua bagian, yaitu unit indoor (yang terpasang di dalam ruangan dan unit outdoor (yang terpasang di luar ruangan). Berikut komponen dasar yang terdapat di AC:

  • Kompresor

Komponen ini berfungsi mengisap dan menekan uap freon atau refrigerant dari evaporator. Ketika kompresor menekan atau mengompresi uap tersebut, tekanannya akan naik dan suhunya akan turun.

  • Kondensor

Kondensor mengubah wujud refrigerant dari gas menjadi cair sekaligus menurunkan suhunya (proses pengembunan gas freon). Refrigerant yang telah berubah wujud menjadi zat cair kemudian mengalir ke pipa evaporator.

  • Evaporator

Evaporator menyerap udara panas dari dalam ruangan. Di dalam evaporator terjadi proses penguapan atau evaporasi. Udara yang masuk ke dalam evaporator melewati refrigerant yang mampu menurunkan panas dan menghasilkan udara yang lebih dingin.

  • Blower atau Fan

Blower pada unit indoor berfungsi mengembuskan udara dingin. Sementara, blower pada unit outdoor membuang udara panas dan mendinginkan refrigerant.

  • Freon

Fungsi utama freon adalah menyerap panas dari sekitarnya dan membuat suhu udara menjadi dingin. Itu sebabnya, saat freon habis, udara yang diembuskan unit indoor akan jadi tidak dingin.

Kebiasaan ini Sering Jadi Penyebab AC Bocor

1. Saluran pembuangan air penuh

Air dari unit indoor AC split akan mengalir ke saluran pembuangan. Bila saluran ini penuh maka proses pembuangan juga akan terhambat. Akibatnya, tetesan air keluar melalui unit indoor.

Cara mengatasi: Bersihkan saluran pembuangan talang belakang. Pipa sambungan di unit indoor dilepas, lalu talang pada pembuangan air disemprot sampai seluruh kotoran keluar dan pipa jadi bersih.

2. Tidak rutin melakukan perawatan AC

Pentingnya perawatan atau maintenance AC secara rutin antara lain untuk mengecek kondisi filter AC. Bila filter udara dalam AC kotor, aliran udara terhambat dan udara jadi sulit mencapai koil evaporator. Akibatnya, kumparan evaporator jadi terlalu dingin dan membeku. Saat meleleh, AC meneteskan air dalam jumlah berlebih. Masalah ini biasanya terjadi pada AC yang sudah dipakai selama lebih dari 5 tahun karena pembungkus pipa (armaflex) sudah saatnya diganti.

Cara mengatasi: Lakukan perawatan AC setiap 3 bulan sekali. Teknisi AC akan memeriksa apakah pembungkus pipa masih layak dipakai atau perlu diganti.

3. Saluran pembuangan air tak pernah dibersihkan

Selain bisa penuh, saluran pembuangan air AC juga bisa tersumbat oleh debu dan kotoran. Akibatnya, air mencari jalan lain untuk keluar dan menimbulkan tetesan di tempat yang tidak semestinya.

Cara mengatasi: Lakukan perawatan AC setiap 3 bulan sekali. Teknisi AC akan membersihkan saluran pembungan air maupun komponen unit indoor lainnya agar bebas dari debu dan kotoran.

4. Posisi AC Miring

Ini terjadi akibat kesalahan saat pemasangan atau instalasi. AC perlu dipasang agak miring ke belakang agar air bisa mengalir ke luar menuju saluran pembuangan. Bila sudut kemiringan AC kurang tepat, air akan menetes ke luar mesin dan menyebabkan kebocoran karena air tidak bisa menuju saluran pembuangan.

Cara mengatasi: Perlu dilakukan instalasi ulang dengan membuka unit indoor. Kemudian, AC dipasang kembali dengan kemiringan yang sesuai.

5. Freon Bocor

Penyebab AC bocor yang lain adalah freon yang bocor. Hal ini terjadi saat embusan udara AC terasa lebih hangat dari biasanya atau tidak sedingin sebelumnya. Selain itu, pada AC yang freon-nya bocor, akan muncul bunga es pada pipa unit outdoor saat AC dinyalakan.

Cara mengatasi: Hubungi teknisi AC untuk memeriksa saluran pipa freon dan kadar freon di unit outdoor.

Lebih Cepat Dingin, Lebih Segar

Ingin punya AC yang bisa membuat suhu ruangan dingin dalam waktu cepat? Ini jawabannya: AC Inverter AQA-KCRV9WGW persembahan dari AQUA Japan yang memiliki keunggulan Inverter+ technology yang mampu menghemat energi hingga 60% dan juga 43% lebih cepat dingin. AC ini juga dilengkapi fitur Aqua Fresh, yaitu mampu membersihkan sendiri kotoran yang menempel dan membuangnya bersama air es melalui saluran pembuangan. Udara yang diembuskan oleh AC ini pun selalu bersih dan bebas virus dan bakteri. Apalagi khusus AC Inverter AQUA Japan AQA-KCRV9WGW dilengkapi Nano Silver Ion Anti-Virus.

Rekomendasi produk: AC Inverter AQA-KCRV9WGW

References:

https://www.99.co/blog/indonesia/cara-mengatasi-ac...

https://www.merdeka.com/trending/penyebab-ac-bocor...

https://www.orami.co.id/magazine/penyebab-ac-bocor...

https://www.bhinneka.com/blog/penyebab-ac-bocor-da...

https://www.pinhome.id/pinhome-home-service/insigh...

https://www.kompas.com/homey/read/2020/11/10/13333...

AQUA JAPAN PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA JAPAN Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003

EMAIL

custcare@haier.co.id