Mengapa TV LED Ada Suara tapi Tidak Muncul Gambar?

Berkat perkembangan teknologi, kini ada begitu banyak jenis televisi yang bisa menyajikan gambar indah dengan resolusi tinggi. Salah satunya TV LED (Light-Emitting Diode). Meski termasuk TV dengan teknologi terbaru, TV LED kadang juga bisa mengalami masalah, seperti gambarnya tidak muncul, padahal suaranya masih terdengar. Pernahkan Anda mengalami kejadian di mana TV LED tidak ada gambar?

Apa itu TV LED?

TV LED sering dianggap sama dengan TV LCD (Liquid Crystal Display). Padahal, keduanya berbeda meskipun sama-sama menggunakan layar datar. Layar TV LED biasanya lebih tipis dibandingkan layar TV LCD dan beratnya pun lebih ringan.

TV LED adalah hasil perkembangan dari TV LCD. Bisa dibilang, TV LED adalah TV LCD yang mengandalkan lampu diode sebagai sumber pencahayaan. Sistem LED membuat TV ini lebih hemat listrik sekitar 20-30 persen daripada TV LCD. Usia pemakaian TV LED pun umumnya lebih lama dibandingkan TV LCD.

Kenapa TV LED Ada Suara Tidak Ada Gambar?

TV yang dirancang dengan teknologi terkini memang tidak gampang mengalami masalah. Namun, ada kalanya muncul masalah yang tak terduga, seperti tiba-tiba TV LED tidak ada gambar. Berikut beberapa hal yang dapat jadi penyebab TV LED tidak menghasilkan gambar, sedangkan suaranya masih terdengar jelas.

Lampu backlight mati

Jika lampu backlight yang terletak di belakang lapisan panel TV ada yang mati, maka gambar tidak akan muncul. Ini karena lampu backlight dirangkai dengan rangkaian seri sehingga semua lampu akan mati dan gambar yang muncul pun menjadi gelap.

Kerusakan pada T-Con

T-Con singkatan dari timing control. Pada TV LED dan LCD, T-Con berfungsi sebagai perangkat pengatur yang menghidupkan panel sehingga bisa menghasilkan kualitas gambar yang baik.

Kerusakan pada IC Gamma AS-15

Ini adalah perangkat yang letaknya dekat dengan T-Con. Tanda perangkat ini rusak adalah gambar TV menjadi buram dan blur atau tidak fokus.

Kerusakan pada software

TV pintar dilengkapi sejumlah software. Terkadang, penyebab TV LED tidak ada gambarnya tapi ada suaranya adalah kerusakan pada software yang terpasang pada TV.

Kerusakan pada panel atau layar TV

Jika layar TV rusak, sudah pasti gambar tidak akan muncul. Biasanya, penyebab panel atau layar TV rusak adalah panel fleksibel yang putus atau IC COF yang terbakar.

Cara Mengatasi TV LED Tidak Ada Gambar

Periksa TV LED yang hanya menghasilkan suara dalam kondisi menyala. Berikut beberapa langkah pengecekan yang bisa Anda lakukan.

Cek lampu backlight

Soroti bagian panel TV dengan senter. Bila backlight mati, akan terlihat titik-titik raster. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu mengganti lampu backlight dengan yang baru.

Cek IC dekat T-Con

Tancapkan jack power TV ke stopkontak lalu hidupkan. Bila terasa panas saat disentuh, maka IC perlu diganti.

Periksa tegangan pada power supply untuk melihat apakah dalam kondisi normal.

Cek IC driver

Ukur tegangannya menggunakan multitester. Jika multitester menunjukkan angka 50 Volt, berarti IC driver rusak. Jika Anda merasa tidak yakin untuk melakukan pengecekan sendiri, hubungi saja teknisi untuk memeriksa penyebab TV LED yang hanya menghasilkan suara tanpa menghasilkan gambar.

Cara Merawat TV LED Agar Tidak Cepat Rusak

Supaya TV LED dapat berumur panjang meski sering digunakan, lakukan tips perawatan berikut.

  • Letakkan TV LED di ruangan bersuhu normal agar kualitas gambar yang ditampilkan terjaga dengan baik.
  • Hindari meletakkan TV LED di ruangan dengan kelembapan tinggi. Sebab, uap air di udara dapat memengaruhi komponen elektronik TV dan mempercepat terjadinya korosi. Bahkan, dalam keadaan tertentu, uap air yang terkumpul dan mengembun dapat meningkatkan risiko korsleting.
  • Jauhkan TV LED dari wadah cairan, seperti akuarium, dispenser, atau AC untuk mengurangi risiko ketumpahan air.
  • Bersihkan TV LED dengan kain yang lembut dan dengan gerakan perlahan secara rutin.
  • Jauhkan TV LED dari perangkat yang mengandung elektromagnetik atau listrik statis karena dapat mengganggu gambar dan memori flash TV.

TV LED memang sangat memanjakan penggunanya, apalagi jika sudah dilengkapi dengan teknologi Smart TV. Smart TV LE58AQT6600UG persembahan AQUA Japan ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

Dengan layar Smart TV sebesar 58 inci, LE58AQT6600UG Android Smart TV menghadirkan kualitas warna, tingkat kecerahan, dan kontras yang semakin jelas. Fitur 4K HDR dari TV ini memberikan resolusi warna lebih tajam, serta detail gambar semakin jelas dan hidup.

Kecanggihan TV ini juga tampak dari fitur smart AI (kecerdasan buatan) yang mencakup Intelligent Voice Control, Android Device IoT Hub, dan Chromecast Built-In. Lebih dari sekadar media untuk menonton, Smart TV LE58AQT6600UG dapat berfungsi sebagai pusat ekosistem digital karena semua perangkat pintar di rumah dapat Anda kontrol secara optimal.

Segala keunggulan fitur ponsel pintar terintegrasi dengan apik dan dapat dipindahkan ke layar televisi pintar ini. Berbagai tampilan video, foto, atau gambar di ponsel pintar dapat ditayangkan di layar TV yang lebih besar. Pengalaman menonton di rumah pun tak lagi monoton!

Tunggu apa lagi? Segera lengkapi hunian Anda dengan Smart TV LE58AQT6600UG! Cek ke Official Store AQUA Japan untuk info lebih lengkapnya!

AQUA JAPAN PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA JAPAN Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003

EMAIL

custcare@haier.co.id