Mengapa Layar TV LED Muncul Garis?

Perkembangan televisi (TV) dari tahun ke tahun semakin pesat. Sebagai manusia yang hidup di zaman modern, Anda mungkin merasa beruntung hidup di era TV layar datar. TV LED (Light-Emitting Diode), misalnya, bisa menghadirkan kualitas gambar dan suara yang jauh lebih bagus dibandingkan model televisi-televisi sebelumnya. Selain itu, TV LED sekarang sudah dilengkapi dengan smart technology yang membuat performanya semakin optimal. Dengan segala keunggulan itu, TV LED masih bisa mengalami masalah, seperti TV LED bergaris yang muncul secara tiba-tiba.

Apa Itu TV LED?

TV LED adalah TV layar datar dengan desain tipis (sekitar 25 mm) dan ringan. Desain TV LED lebih ringan jika dibandingkan dengan TV layar datar lainnya karena menggunakan teknologi backlighting sehingga tidak butuh tempat yang besar untuk pencahayaan. TV LED mengandalkan lampu diode sebagai sumber pencahayaan.

Penggunaan TV LED dapat membantu menghemat listrik di rumah hingga sekitar 30 persen. Tak heran bila TV ini semakin banyak diminati oleh masyarakat. Namun, Anda juga perlu tahu mengenai persoalan yang kadang muncul pada TV LED, misalnya layar TV LED bergaris.

Kenapa Layar TV LED Bergaris?

Pernahkah Anda mengalami hal berikut? Ketika sedang asyik menonton TV, tiba-tiba muncul garis-garis horizontal pada layar TV LED Anda yang tentu saja mengurangi kualitas gambar yang ditampilkan.

Ternyata, ada beberapa hal yang bisa jadi penyebab layar TV bergaris horizontal, di antaranya sebagai berikut.

Kabel connector longgar

T-Con singkatan dari timing control, yaitu salah satu komponen TV LED yang berfungsi menghidupkan panel atau layar TV LED sehingga menghasilkan kualitas gambar yang baik. Anda bisa mengecek T-Con dengan mengetuk bagian belakang televisi. Jika saat diketuk garis yang terdapat di gambar hilang, berarti kabel pada panel T-Con hanya mengalami kelonggaran.

Namun, bila setelah bagian belakang televisi diketuk garis pada layar tidak juga hilang, kemungkinan besar kabel flat yang menyambungkan T-Con ke panel LED bermasalah. Kabel bisa jadi kotor atau berkarat

Cara perbaiki: Ganti kabel flat dengan yang baru.

Frame TV berkarat

Frame TV terbuat dari logam yang tentunya berkarat. Bila ini terjadi, karat bisa menjalar ke bagian lain, seperti kabel flat atau panel T-Con.

Cara perbaiki: Ganti frame TV LED dengan yang baru.

Mengusap layar TV LED dengan lap basah

Cara membersihkan TV LED yang tidak tepat bisa jadi penyebab layar TV LED bergaris horizontal. Aktivitas seperti mengelap layar TV LED dengan lap basah dapat mengakibatkan lapisan air menguap ke bagian dalam TV dan menimbulkan korsleting, apalagi bila TV dilap dalam keadaan menyala.

Cara perbaiki: Matikan TV LED lalu diamkan beberapa saat hingga semua komponen yang terkena air mengering. Jika setelahnya layar TV LED masih tetap bergaris, maka harus dilakukan pengecekan lebih lanjut. Kemungkinan ada komponen yang perlu diganti.

Layar TV LED rusak

Panel atau layar TV LED yang rusak akan menyebabkan distorsi (garis putus-putus) atau TV LED bergaris. Hal ini bisa terjadi akibat TV terbentur benda keras atau terjatuh.

Cara perbaiki: Ganti panel LED dengan yang baru.

Cara Merawat TV LED Agar Awet

Setiap perangkat elektronik perlu dirawat dengan baik agar awet. Berikut tips merawat TV LED yang perlu Anda perhatikan untuk menghindari layar TV LED bergaris.

  • Letakkan TV LED di ruangan bersuhu normal agar kualitas gambar yang ditampilkan terjaga dengan baik.
  • Hindari meletakkan TV LED di ruangan dengan kelembapan tinggi. Sebab, uap air di udara dapat memengaruhi komponen elektronik TV dan mempercepat terjadinya korosi. Bahkan, dalam keadaan tertentu, uap air yang terkumpul dan mengembun dapat meningkatkan risiko korsleting.
  • Jauhkan TV LED dari wadah cairan, seperti akuarium, dispenser, atau AC untuk mengurangi risiko ketumpahan air.
  • Bersihkan TV LED dengan kain yang lembut dan dengan gerakan perlahan secara rutin.
  • Jauhkan TV LED dari perangkat yang mengandung elektromagnetik atau listrik statis karena dapat mengganggu gambar dan memori flash TV.

Maksimalkan pengalaman menonton di rumah dengan Smart TV. Anda bisa mendapatkan pengalaman tersebut dari LE43AQT6600FG Android Smart TV 43 inch persembahan AQUA Japan. LE43AQT6600FG Andorid Smart TV dilengkapi teknologi smart AI (kecerdasan buatan) yang menjadikan pengalaman menonton di rumah menjadi lebih seru dan menyenangkan!

LE43AQT6600FG adalah Android TV Smart AI yang menghadirkan kualitas gambar dengan resolusi full HD dengan suara yang makin jernih, lengkap dengan fitur operasional yang juga makin canggih. Bagaimana tidak? Televisi ini dirancang untuk menjadi televisi cerdas yang dapat menjadi pusat ekosistem digital di rumah. Semua perangkat pintar di rumah dapat Anda kontrol secara optimal melalui televisi Android Smart TV ini.

Anda juga dapat melakukan perintah suara pada televisi yang dilengkapi fitur Intelligent Voice Control ini. Segala informasi, video, hingga foto yang terdapat di ponsel pintar dapat Anda tampilkan di layar Android Smart TV dengan layar lebar 43 inci ini.

Segera miliki televisi LE43AQT6600FG, Android TV dengan resolusi full HD yang menampilkan kualitas gambar dengan detail lebih tajam dan jernih. Kunjungi Official Store Aqua Japan untuk dapatkan info detailnya!

AQUA JAPAN PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA JAPAN Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003

EMAIL

custcare@haier.co.id