Apa Bedanya Resolusi Layar UHD dan FHD?

Penggunaan TV layar datar semakin populer. Selain kecanggihan teknologi yang terpasang di TV layar datar, keunggulan lain dari TV layar datar terletak pada tampilan gambarnya. Hal ini karena TV layar datar dilengkapi dengan teknologi yang bisa menghasilkan gambar dengan resolusi tinggi (high definition/HD). Ada macam-macam jenis HD pada layar TV, di antaranya UHD dan FHD. Tahukah Anda perbedaan UHD dan FHD?

Mengenal Keunggulan TV LED

Kualitas gambar yang dihasilkan TV layar datar memang jauh lebih bagus dibandingkan model televisi sebelumnya, seperti televisi tabung. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika semakin banyak masyarakat yang memilih TV layar datar guna mendapatkan pengalaman menonton yang maksimal.

Salah satu jenis TV layar datar yang cukup banyak diminati adalah TV LED (Light-Emitting Diode) yang mengandalkan lampu diode sebagai sumber pencahayaan. TV LED memiliki desain tipis (sekitar 25 mm) dan ringan karena menggunakan teknologi backlighting sehingga tidak butuh tempat yang besar untuk pencahayaan.

TV LED memiliki massa yang ringan sehingga TV jenis ini dapat digantung di tembok, alih-alih ditaruh di atas meja. Dengan demikian, TV LED dapat membantu menghemat tempat di dalam rumah. Selain itu, penggunaan TV LED juga lebih ekonomis dari segi biaya karena dapat menghemat listrik di rumah hingga sekitar 30 persen dibandingkan dengan TV layar datar jenis lain.

Jenis-jenis TV

Banyak orang masih menganggap TV LCD dan TV LED sebagai jenis yang sama. Padahal, mekanisme kerja keduanya saja sudah berbeda. Selain itu, layar TV LED juga terdiri dari beberapa jenis. Namun, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengenali berbagai jenis TV lainnya terlebih dahulu selain TV LED dan TV LCD berikut ini.

TV LCD

TV LCD (Liquid Crystal Display) menggunakan lapisan larutan kristal tipis yang diapit di antara dua panel kaca. Sistem ini membuat TV LCD dapat menghasilkan lebih banyak warna daripada TV tabung CRT. LCD terdiri dari dua komponen penting, yaitu TFT (Thin Film Resistor) yang berfungsi sebagai layar dan neon katoda sebagai sumber cahaya. Untuk sumber cahaya di belakang, TV LCD menggunakan CCFL (Cold Cathode Fluorescent Lamp).

TV LED

TV LED sebenarnya sama dengan LCD, tetapi mengandalkan lampu diode sebagai sumber pencahayaan. Cahaya dihasilkan ketika partikel yang membawa arus bergabung bersama di dalam bahan semikonduktor.

TV AMOLED

AMOLED singkatan dari Active Matrix Organic LED, yaitu layar yang semua titik pikselnya dapat menghasilkan cahaya sendiri. TV ini memiliki kemampuan memancarkan cahaya yang kemudian ditangkap oleh lapisan film dari bahan organik. Bahan organik tersimpan dalam baris dan kolom yang akan membentuk matriks yang menampilkan warna berbeda untuk setiap piksel.

TV OLED

OLED adalah singkatan dari Organic Light Emitting Diode, yaitu jenis teknologi layar yang terdiri dari film berbasis karbon. Di TV ini terdapat dua konduktor yang bertugas mengalirkan arus dan dapat memancarkan cahaya berdasarkan piksel demi piksel. Teknologi OLED dapat menampilkan warna hitam dengan lebih mendalam dan lebih terang daripada layar LCD. Bahkan, dalam kondisi ruangan yang gelap, layar OLED dapat mencapai rasio kontras lebih tinggi dari pada LCD.

Panel OLED cenderung lebih ringan dan tipis daripada LCD/LED biasa. Sudut pandangnya cenderung jauh lebih lebar dan waktu responsnya pun bisa sangat cepat. Dengan segala keunggulan itu, TV OLED dibanderol dengan harga yang cukup mahal dibandingkan layar TV lain. Ukuran TV OLED rata-rata selebar 55 inci.

TV QLED

TV QLED (Quantum dot Light-Emitting Diode) bisa dibilang termasuk jenis LCD karena memancarkan cahayanya sendiri. Karakteristik utama TV QLED adalah filter titik kuantum, yaitu film molekul kecil yang memancarkan cahaya berwarna berbeda saat terkena cahaya.

Titik-titik kuantum ini yang menghasilkan gambar dengan warna yang sangat cerah, hidup, dan beragam–bahkan bahkan melebihi OLED. Berkat lampu latar berwarna biru terangnya, titik-titik kuantum biasanya berwarna hijau dan merah. Layar TV QLED mampu mencapai kecerahan dan warna tertinggi antara 1.500 hingga 2.000 nit. Layar TV QLED lebih tipis dibandingkan TV LED biasa.

Pentingnya Resolusi Layar pada TV LED

Setiap perangkat elektronik yang dilengkapi layar memiliki resolusi yang beragam. Resolusi layar grafis menunjukkan dimensi lebar dan tinggi layar pada monitor komputer atau laptop, ponsel, serta televisi yang ditampilkan dalam bentuk piksel. Kombinasi lebar dan tinggi layar tersebut distandarisasi dan diberi istilah khusus. Semakin tinggi resolusi layar, maka semakin jernih pula gambar yang ditampilkan.

Ada beberapa tipe resolusi layar televisi maupun monitor. Yuk, kenali tipe-tipenya, serta perbedaan UHD dan FHD!

Apa itu HD?

HD adalah singkatan dari High Definition. Layar dengan resolusi HD memiliki resolusi 1280 x 720 piksel. Layar HD biasanya digunakan pada perangkat televisi kelas menengah.

Rasio standar yang digunakan pada layar HD adalah 16:9. Jika resolusi HD ditampilkan pada layar dengan rasio yang lebih besar atau kecil dari 16:9, bentuk layar akan tampak kurang pas. Layar dengan resolusi HD disebut juga resolusi layar 720p atau HD Ready.

Apa itu FHD?

FHD adalah singkatan dari Full High Definition. Resolusi pada layar FHD lebih besar daripada HD, yaitu 1920 x 1080 piksel. Gambar yang dihasilkan di layar FHD pun lebih jernih dan tajam dibandingkan yang tampak di layar HD. Layar dengan resolusi FHD disebut juga resolusi layar 1080p atau Full HD.

Layar dengan resolusi FHD banyak diminati oleh para gamers profesional. Bahkan, tak sedikit yang menggunakan layar dengan resolusi lebih tinggi dari FHD.

Apa itu QHD?

QHD adalah singkatan dari Quad High Definition. Layar dengan resolusi QHD memiliki total piksel 4 kali lebih banyak daripada yang terdapat di resolusi HD, yaitu 2560 x 1440 piksel dengan rasio layar 16:9. Kualitas gambarnya tak diragukan lagi, lebih jernih dan tajam dibandingkan layar resolusi tipe HD dan FHD.

Layar dengan resolusi QHD disebut juga dengan layar 2K resolution atau Wide QHD (WQHD). Layar tipe ini sekarang banyak digunakan di perangkat ponsel pintar flagship.

Apa itu qHD?

Layar dengan resolusi qHD (dengan huruf q kecil) artinya memiliki resolusi seperempat (quarter) dari resolusi Full HD, yaitu 960 x 540 pixel dengan rasio layar 16:9. Layar dengan resolusi qHD berbeda dengan QHD layar 2K resolution.

Apa itu UHD?

Ultra High Definition (UHD) merujuk kepada layar dengan resolusi 3840 x 2160 piksel. Resolusi ini 4 kali lebih besar dari resolusi FHD, atau sedikit di bawah layar bioskop. Anda dapat membayangkan setajam apa kualitas gambar yang ditampilkan oleh TV dengan resolusi UHD. Dari besaran pikselnya pun sudah jelas terlihat perbedaan UHD dan FHD.

Layar dengan resolusi UHD sering juga disebut resolusi 4K. Walaupun sebenarnya, resolusi UHD tidak benar-benar 4K (4096 x 2160), tetapi hanya mendekati. TV yang menggunakan layar UHD bisa dianggap sebagai TV berkategori premium karena menampilkan kualitas gambar yang sangat memanjakan mata.

Produk smart TV yang sudah menggunakan resolusi UHD adalah TV LCD, LED, QLED, dan OLED. Selain itu, kini banyak bermunculan tayangan konten yang diproduksi pada resolusi ini. Bila menggunakan TV dengan layar UHD, konten-konten tersebut bisa Anda nikmati secara optimal.

Apa itu Resolusi 8K?

Teknologi resolusi layar 8K ini merupakan yang paling canggih dibandingkan yang lain. Dengan resolusi 7680 x 4320 piksel, gambar yang ditampilkan di layar sungguh tampak sangat nyata, tajam, dan jernih. Tak ada lagi kasus di mana gambar terlihat buram atau terlalu gelap.

Namun, layar dengan resolusi 8K masih sangat sedikit. Selain itu, konten yang dibuat dengan resolusi 8K juga masih sangat jarang ditemukan

Kualitas Tontonan Seperti Layar Bioskop

Kualitas gambar merupakan pertimbangan dalam memilih jenis dan layar TV. Saat ini, TV LED sudah mampu menampilkan gambar dengan tingkat ketajaman dan kejernihan yang tinggi mendekati layar bioskop. Seperti yang ditawarkan oleh TV LE43AQT6600FG Android Smart TV 43 inch. persembahan dari AQUA Japan.

Android Smart TV dengan resolusi full HD ini menampilkan kualitas gambar dengan detail yang lebih tajam dan jernih daripada TV HD. Dengan layar selebar 43 inci, Anda bisa menikmati tayangan, gambar, foto, dan konten lain secara optimal dan memuaskan.

TV LE43AQT6600FG dilengkapi teknologi Smart AI (kecerdasan buatan) yang membuat pengalaman menonton Anda kian nyaman. Integrasi fitur Intelligent Voice Control, Android Device IoT Hub, dan Chromecast Built-in menyatukan berbagai keunggulan fitur ponsel pintar ke dalam layar TV yang lebih besar.

Anda dapat menemukan film favorit dengan cepat menggunakan AI Smart Voice oleh Google Assistant. Cukup tekan tombol mic pada remote lalu sebutkan film yang Anda cari. Film tersebut langsung tampil di layar TV Anda. Fitur AI Smart Voice ini juga bisa Anda gunakan untuk memeriksa skor pertandingan olahraga hingga mematikan lampu rumah. Ini karena Smart TV Android dari AQUA Japan ini dapat dijadikan pusat ekosistem digital di rumah Anda. Semua perangkat pintar di rumah pun dapat dikontrol dengan mudah.

Saat ini, aplikasi jarak jauh Android TV tersedia di Ios Android. Anda dapat menggunakan D-pad atau touchpad untuk mengontrol TV Android. Alternatif lainnya, Anda bisa mengetik teks di keyboard dari ponsel untuk memberi perintah kepada TV Android.

Anda juga bisa mendapatkan pengalaman menonton seperti sedang di bioskop melalui TV LE55AQT6600UG Android Smart TV 55 inch. TV dengan resolusi layar 4K HDR ini menghadirkan resolusi warna yang lebih tajam serta detail gambar yang semakin jelas dan hidup! Sama seperti LE43AQT6600FG, TV LE55AQT6600UG juga bisa dijadikan pusat ekosistem digital di rumah. Integrasi fitur Intelligent Voice Control, Android Device IoT Hub, dan Chromecast Built-in menyatukan berbagai keunggulan fitur ponsel pintar ke dalam layar TV yang lebih besar, apalagi TV LE55AQT6600UG ini memiliki layar dengan lebar 55 inci.

Tunggu apa lagi? Segera dapatkan Android Smart TV LE43AQT6600FG sekarang juga! Atau, miliki pengalaman menonton ala bioskop dengan LE55AQT6600UG! Cek Official Store AQUA Japan untuk melihat pilihan smart TV lainnya.

AQUA JAPAN PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA JAPAN Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003

EMAIL

custcare@haier.co.id