Cara Merawat TV LED agar Tidak Mudah Rusak

Menikmati quality time bersama keluarga tidak harus dilakukan di luar rumah atau membuat Anda merogoh kocek dalam-dalam. Menonton TV di rumah bisa menjadi cara terbaik menikmati kehangatan bersama keluarga tanpa menguras isi kantong. TV LED adalah salah satu perangkat elektronik yang wajib ada di rumah sebagai sarana hiburan utama keluarga. Jika Anda memiliki TV LED, maka Anda wajib memahami cara merawat TV LED agar tidak cepat rusak.

Sebelum mempelajari tips merawat TV LED agar awet, sebaiknya Anda mengenal karakteristik TV LED dan berbagai hal yang membuatnya rentan rusak.

Kenali Karakteristik TV LED

Istilah LED pada jenis TV ini merupakan singkatan dari Light Emitting Diode. Dengan kata lain, TV LED menggunakan teknologi partikel yang akan memancarkan cahaya ketika dialiri listrik. Ciri khas TV ini terletak pada bentuknya yang tipis dan ramping sehingga terkesan lebih estetik.

Jika dibandingkan dengan TV LCD atau generasi TV pendahulu lainnya, TV LED lebih ramah lingkungan karena konsumsi listriknya jauh lebih hemat. Di samping itu, teknologi penghemat listrik pada TV ini membuatnya tidak mudah panas ketika digunakan.

Penyebab Kerusakan TV LED

Jika ingin melakukan berbagai cara agar TV LED awet, tentu saja Anda harus memahami penyebab kerusakannya terlebih dahulu. Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kerusakan TV LED, antara lain:

  • Sirkulasi udara yang buruk karena TV LED diletakkan di tempat yang sempit.
  • Kondisi tempat meletakkan TV LED yang lembap sehingga membuat komponen TV rentan berkarat sekaligus memicu kemunculan serangga yang dapat menyebabkan korsleting.
  • Arus listrik tidak stabil sehingga membuat risiko kerusakan TV LED semakin besar dalam waktu singkat.
  • Antena TV tersambar petir hingga menyebabkan mati total.
  • Tidak pernah mencabut kabel TV LED dari stopkontak saat TV tidak sedang digunakan.
  • Menyalakan TV terus-menerus bahkan ketika tidak sedang ditonton sehingga suhunya meningkat drastis.
  • Unit TV LED terkena air dari berbagai sumber, misalnya cipratan, tumpahan air minum, atau air dari atap yang bocor.

Cara Merawat TV LED agar Tidak Cepat Rusak

Anda tak perlu ragu merealisasikan niat membeli TV LED baru dalam waktu dekat bila sudah mengetahui tips merawat TV LED agar awet berikut ini.

  • Mengangkat dan memindahkan TV LED dengan hati-hati. Bentuk TV yang tipis membuatnya rentan terhadap benturan atau gesekan ketika dipindahkan.
  • Meletakkan TV LED di tempat yang bersuhu normal, tidak terlalu panas atau tidak terlalu dingin agar tidak mengganggu kinerja komponen TV. Suhu terlalu panas berisiko mengurangi usia pakai TV, sedangkan suhu terlalu dingin dapat memengaruhi kualitas dan kecerahan gambar.
  • Memastikan bahwa TV LED diletakkan di tempat kering tetapi tidak terkena sinar matahari langsung. Kelembapan udara yang tinggi terdiri dari uap air yang rentan memengaruhi komponen alat elektronik sekaligus menyebabkan korosi. Uap air yang terkumpul dan mengembun bisa meningkatkan risiko korsleting TV. Jadi, sebaiknya Anda tidak meletakkan TV LED di sekitar wadah cairan, dekat akuarium, dekat tempat air minum, atau dekat AC.
  • Membersihkan TV LED secara hati-hati dan teratur. Jangan menekan permukaan TV LED terlalu kencang karena bagian tersebut terdiri dari kaca film yang tipis. Proses pembersihan TV harus menggunakan kain bersih berbahan lembut. Lakukan gerakan menyeka satu arah dan hindari gerakan maju mundur atau memutar. Bila ada noda membandel pada permukaan layar TV, Anda bisa mematikan TV dan mencabut kabelnya dari sumber listrik sebelum membersihkannya dengan sedikit alkohol. Usai membersihkan TV LED, diamkan beberapa saat untuk memastikan bahwa permukaannya benar-benar kering sebelum Anda kembali menyalakannya.
  • Menjauhkan TV LED dari benda-benda yang mengandung gelombang elektromagnetik, seperti smartphone, kipas angin, GPS, atau peralatan elektronik lainnya. Selain memengaruhi gambar, gelombang elektromagnetik juga memengaruhi memori flash TV.
  • Memasang alat penstabil tegangan (stabilizer) untuk menjaga kestabilan arus listrik pada TV LED. Penggunaan stabilizer bisa mengurangi risiko kerusakan TV akibat gangguan arus listrik.
  • Mematikan TV LED ketika sedang tidak digunakan dan mencabut kabelnya dari sumber listrik supaya masa pakainya jadi lebih lama.

Kalau Anda ingin merasakan kepuasan nonton TV tanpa batas, maka Anda wajib memilih TV LED berkualitas secara cermat. Salah satu referensi TV LED yang tepat bagi Anda adalah seri LE43AQT8500MF 43 inci dari Aqua Japan.

Selain dilengkapi garansi sparepart, jasa 1 tahun dan garansi panel 5 tahun, tipe TV LED Aqua Japan tersebut juga unggul karena dilengkapi beberapa fitur canggih berikut ini.

  • Miracast: Menghubungkan smartphone dengan TV melalui smart view atau smart connect tanpa sambungan kabel atau koneksi internet.
  • Full HD (1920 x 1080) P:Resolusi tinggi untuk menampilkan gambar lebih tajam dan jernih sehingga mata Anda tidak cepat letih.
  • Auto Volume Leveler (AVL): Kemampuan menyesuaikan volume suara TV Anda pada tingkatan yang pas.
  • USB Movie: Fitur untuk memutar berbagai film, foto, dan lagu favorit dari USB flash drive secara langsung tanpa proses yang rumit.
  • Narrow bezel: Bingkai tipis pada unit TV ini memungkinkan Anda untuk menonton tayangan TV tanpa gangguan dan dengan sensasi yang lebih nyata.

TV LED LE43AQT8500MF 43 inci dari Aqua Japan siap memberikan pengalaman hiburan yang menakjubkan bagi Anda sekeluarga. Bersantai bersama keluarga di rumah sambil menonton tayangan favorit akan menjadi momen indah yang tak terlupakan.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003