Mengenal Komponen Kulkas: Bagaimana Bisa Menghasilkan Dingin?

Kulkas telah menjadi perangkat elektronik yang wajib ada di setiap rumah tangga saat ini. Dengan adanya kulkas, makanan dan minuman bisa disimpan lebih lama dan kesegarannya terjaga. Hal ini dapat terjadi karena kulkas berfungsi untuk mendinginkan makanan dan minuman yang disimpan di dalamnya sehingga umur makanan dan minuman tersebut menjadi lebih panjang. Namun, perlu diingat bahwa kulkas tidak dapat memperpanjang tanggal kadaluarsa dari makanan dan minuman. Terlepas dari itu, pernahkah Anda penasaran bagaimana kulkas dapat menghasilkan dingin? Apa saja komponen kulkas?

Pada dasarnya, kulkas bekerja menggunakan sistem kompresor. Prinsip utama kerja kulkas adalah mendinginkan (cooling) dan mencairkan es di evaporator (defrost). Proses pendinginan kulkas berhubungan erat dengan aliran bahan pendingin atau refrigerant. Selama ini, Anda mungkin belum terlalu tahu tentang cara kerja kulkas beserta komponennya. Dengan memahami hal ini, Anda akan memiliki wawasan lebih dalam tentang komponen kulkas beserta cara merawat kulkas.

Berbagai Komponen Kulkas

Kulkas dapat bekerja dengan optimal bila seluruh komponennya berfungsi dengan baik. Tahukah Anda apa saja komponen kulkas 2? Apakah komponen kulkas 2 pintu dan komponen kulkas 1 pintu berbeda? Berikut penjelasannya.

1. Kompresor

Kompresor adalah komponen kulkas yang paling utama. Kompresor memompa refrigerant atau freon ke seluruh bagian kulkas. Fungsi utamanya yaitu memproses refrigerant dari tekanan rendah menjadi tekanan tinggi sehingga timbul suhu dingin di dalam kulkas.

2. Evaporator

Komponen kulkas ini berfungsi menyerap panas dari benda yang ada di dalam kulkas serta menguapkan bahan pendingin. Makanan dan minuman yang tadinya panas pun menjadi dingin ketika disimpan di dalam kulkas.

3. Kondensor

Kondensor berfungsi mengubah gas refrigerant pada suhu dan tekanan tinggi menjadi refrigerant berwujud cair. Pada model kulkas terbaru, kondensor biasanya terletak di dalam body, yaitu di samping kanan dan kiri.

4. Pipa kapiler

Pipa kapiler terdiri dari saluran pipa yang terbuat dari tembaga dan memiliki diameter yang sangat kecil. Fungsi utamanya adalah mengatur refrigerant cair yang masuk ke evaporator serta menjaga perbedaan tekanan antara tekanan kondensasi dan tekanan evaporasi agar tetap konstan.

5. Heater kulkas

Heater adalah komponen kulkas yang posisinya berdekatan dengan evaporator. Fungsi heater pada kulkas bukanlah untuk memanaskan makanan atau minuman yang disimpan di dalam kulkas, melainkan sebagai pemanas agar tidak ada bunga es pada evaporator.

6. Filter

Filter kulkas berfungsi menyaring kotoran atau karat ketika sirkulasi sedang berlangsung.

7. Overload

Komponen kulkas ini berfungsi memutus aliran arus listrik secara otomatis jika terjadi peningkatan suhu panas yang tinggi di dalam kulkas.

8. Thermostat

Thermostat pada kulkas berfungsi mengatur kerja kompresor secara otomatis berdasarkan batasan suhu pada setiap bagian kulkas.

9. Lampu kulkas

Lampu kulkas merupakan salah satu komponen kulkas yang tidak kalah penting fungsinya. Fungsi dari lampu kulkas adalah tentunya memberikan cahaya pada bagian dalam kulkas. Mati dan nyala lampu kulkas dikendalikan oleh pergerakan pintu kulkas. Lampu kulkas akan otomatis mati ketika kulkas tertutup dan akan menyala ketika pintu kulkas dibuka. Dengan adanya lampu kulkas, Anda dapat dengan mudah melihat makanan dan minuman yang disimpan di bagian belakang rak kulkas.

Cara Merawat Kulkas agar Tidak Mudah Rusak

Supaya kulkas di rumah awet dan tidak mudah rusak, Anda bisa mengikuti tips berikut ini.

1. Isi kulkas secukupnya

Kulkas yang terlalu penuh atau melebihi kapasitas bisa menyebabkan beban yang terlalu berat dan juga rentan terkontaminasi. Rak kulkas dapat patah apabila terlalu sering menahan beban yang berlebihan. Selain itu, makanan dan minuman juga akan susah dingin karena padatnya isi kulkas.

2. Hindari memasukkan benda panas ke dalam kulkas

Memasukkan makanan atau minuman panas ke dalam kulkas dapat mengacaukan suhu di dalamnya. Tunggu sampai makanan atau minuman dingin, baru masukkan ke dalam kulkas.

3. Pastikan pintu kulkas selalu tertutup rapat

Menutup rapat pintu kulkas sangat penting agar suhu dingin di dalam kulkas selalu terjaga dan kotoran dari luar tidak masuk ke dalam kulkas.

4. Bersihkan kulkas, freezer, dan kondensor

Anda perlu membersihkan kulkas secara rutin. Untuk bagian dalamnya, bersihkan menggunakan air yang dicampur sabun antiseptik untuk menghilangkan noda dan bau. Jangan lupa untuk juga membersihkan area freezer, terutama bila ada es yang sudah mengeras. Selain itu, bersihkan juga kondensor kulkas dari debu dan kotoran agar proses pembuangan panas tidak terhambat.

5. Beri ruang antara kulkas dengan dinding

Jangan tempatkan kulkas menempel dengan dinding. Beri ruang antara kulkas dengan dinding di samping atau di belakangnya sejauh 15 hingga 20 cm. Hal ini penting agar ada ruang untuk panas yang dikeluarkan oleh kondensor.

Selain melakukan perawatan agar kulkas lebih awet, sebaiknya juga perlu memperhatikan bagaimana tanda-tanda kulkas Anda rusak dan perlu diganti. Ini penting diketahui agar dapat segera melakukan penanganan yang tepat.

Kulkas Side By Side AQR-565IM: Kulkas Premium dengan Kapasitas Maksimum

Fungsi utama kulkas adalah menjaga kesegaran makanan dan minuman. Namun, kulkas saat ini dilengkapi fitur-fitur lain yang menambah keunggulannya. Untuk produk kulkas unggulan, Kulkas Kulkas Side by Side AQR-565IM AQR-565IM persembahan dari AQUA Elektronik merupakan jawaban bagi Anda. Kulkas ini memiliki kapasitas yang cukup besar, yakni hingga 480 liter. Kulkas ini dapat Anda gunakan untuk menyimpan stok makanan untuk keluarga hingga satu minggu.

Kulkas ini dilengkapi dengan teknologi Twin Inverter yang dapat mengoptimalkan pendinginan dengan double compressor dan fan. Hal ini membuat kulkas cepat dingin, stabil, dan hemat listrik.

Kelebihan lain dari kulkas side by side AQR-565IM adalah fitur Anti-Bacterial Metal Door. Berkat fitur ini, bakteri sulit berkembang, bahkan hilang meskipun handle pintu kulkas sering dipegang berulang-ulang.

Fitur 900 Auto Suspension juga memudahkan Anda ketika akan menyimpan atau mengambil sesuatu di atau dari dalam kulkas. Saat pintu kulkas dibuka hingga membentuk sudut 900, pintu akan tetap terbuka tanpa perlu dipegang terus-menerus. Tangan Anda pun dapat bebas mengambil makanan di dalam kulkas.

Ingin tahu lebih jauh soal fitur dari Kulkas Kulkas Side by Side AQR-565IM AQR-565IM? Segera kunjungi Official Store AQUA Elektronik dan miliki kulkas premium dengan kapasitas maksimum sekarang juga!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003