SEBAIKNYA SEBERAPA SERING SIH HARUS BERSIHKAN BOTTLE COOLER?


cleaning.png

Jika Sobat AQUA Japan adalah pemilik usaha seperti cafe, restoran, supermarket atau mini-market kemungkinan besar kamu pasti punya yang namanya Bottle Cooler untuk menunjukkan dagangan yang sebaiknya disajikan secara dingin. Bottle Cooler memang sangat menunjang penjualan karena selain mendinginkan minuman, Bottle Cooler juga dapat berfungsi sebagai etalase yang dapat mempercantik tampilan dagangan apabila ditata secara benar. Karena Bottle Cooler sangat berguna untuk menunjang usaha kamu, alat ini harus dirawat dengan benar agar tidak rusak dan awet. Cara merawat Bottle Cooler tidak jauh berbeda dengan merawat kulkas 2 pintu atau jenis kulkas laiinnya, yaitu untuk mengoptimalkan fungsi mesin, menjaga mesin agar selalu beroperasi dengan normal, memperpanjang umur mesin, dan yang terakhir mengurangi risiko kerusakan mesin.

Ini beberapa tips untuk merawat mesin pendingin minuman atau Bottle Cooler :

  • Membersihkan unit kondensor

Sebaiknya unit kondensor dibersihkan dari debu yang menempel sebulan sekali. Apabila unit kondensor dibantu oleh kipas kondensor, jangan lupa dibersihkan juga tiap 6 bulan sekali. Unit kondensor sangat berpengaruh besar dalam proses pendinginan mesin pendingin Bottle Cooler. Jika kondensor kotor maka proses pendinginan melambat dan akan boros energi serta akan mengakibatkan kerusakan pada unit kompresor.

  • Membersihkan unit evaporator

Pada bagian evaporator sebaiknya dibersihkan menggunakan sebuah sikat atau kuas minimal sebulan sekali. Jika unit evaporator banyak bunga es, cairkan terlebih dahulu dengan mematikan mesin dan biarkan mencair sendiri. Jangan dibersihkan dengan cara memukul dengan benda tajam karena dapat merusak unit evaporator. Jika kondensor kotor maka proses pendinginan melambat dan bahkan tidak dingin sama sekali.

Baca juga: Hal yang Diperhatikan Ketika Memilih AC Low Watt

  • Periksa control listrik

Pemeriksaan kontrol listrik pada Bottle Cooler sebaiknya hanya dilakukan oleh teknisi untuk mencegah kerusakan. Tujuan dari pemeriksaan ini adalah mengecek kekencangan sambungan kabel, serta monitor pemasukan tegangan listrik beserta arusnya.

  • Penyusunan barang dalam Bottle Cooler

Sobat AQUA Japan tahukah bahwa Bottle Cooler bekerja lebih maksimal jika diisi dengan padat, tanpa kelonggaran antar barangnya. Hanya saja barang yang disusun terlalu rapat akan sulit untuk didinginkan dan tak menarik untuk dilihat. Kamu harus pertimbangkan jarak antar barang sebagai etalase agar tak hanya terlihat menarik tapi juga agar udara dingin terdistribusi dengan baik.

hagoromo.png

Merawat Bottle Cooler sebenarnya tak semudah banyak orang pikir karena sirkulasi udara pada ruangan dimana Bottle Cooler berada maupun lokasi ditempatkan berpengaruh besar pada kinerjanya. Jika ruangan sekitarnya terlalu panas, Bottle Cooler akan berkerja keras untuk mendinginkan isinya yang dapat menyebabkan kerusakan pada kompresornya. Jika Sobat AQUA Japan melakukan perawatan yang telah dijelaskan di atas secara rutin, risiko kerusakan kompresor dapat dicegah, serta dapat memaksimalkan fungsi Bottle Cooler itu sendiri.

AQB-250

Anti Fog & Dew

Low Voltage Starting

Business/Home Use

SEE MORE

AQB-340

Anti Fog & Dew

Low Voltage Starting

Business/Home Use

SEE MORE
CALL CENTER BEBAS PULSA | 0800 1 003 003 | JAM OPERASIONAL SENIN - JUMAT : 08:00 - 18:00, SABTU: 08:00 - 17:00