Ada Baju yang Tidak Boleh Dicuci di Mesin Cuci, Apa Saja?

Pakaian favorit tentu akan membuat penggunanya merasa nyaman dan percaya diri. Namun, urusan memilih pakaian favorit bukan hanya tentang kegunaan, motif, warna, dan bahan saja. Ada hal lain yang harus Anda ketahui soal urusan merawat pakaian karena proses perawatan yang tepat akan membuat pakaian Anda senantiasa awet. Tahukah Anda kalau ternyata ada berbagai jenis baju yang tidak boleh dicuci di mesin cuci?

Penggunaan mesin cuci memang praktis karena menghemat waktu dan tenaga. Kendati demikian, ada jenis pakaian yang tidak boleh dicuci di mesin cuci supaya tidak cepat rusak. Mari kenali jenis-jenis pakaian tersebut melalui ulasan berikut ini supaya Anda makin cermat saat mencuci!

Setelan Jas

Setelan jas merupakan salah satu jenis pakaian yang tidak boleh dicuci di mesin cuci. Pada umumnya, jas terdiri dari lapisan padat yang rentan rusak akibat rotasi mesin cuci. Di samping itu, tekstur jas juga bisa kusut dan warnanya gampang memudar jika dicuci dengan mesin cuci. Oleh karenanya, setelan jas lebih baik dicuci secara manual dengan tangan atau teknik dry cleaning sehingga bentuk dan warnanya tetap terjaga.

Baju Berbahan Kulit

Jenis baju yang tidak boleh dicuci di mesin cuci berikutnya adalah pakaian berbahan kulit asli maupun sintetis, seperti jaket dan rok. Alasannya, tentu saja karena tekstur kulit gampang berubah dan warnanya cepat memudar bila terkena air secara berlebihan. Anda bisa menggunakan sedikit air untuk membersihkan bagian pakaian kulit yang bernoda. Sementara itu, proses pencucian baju berbahan kulit secara menyeluruh membutuhkan teknik dry clean untuk menjaga kualitas bahannya.

Baju Berpayet atau Berenda

Segala jenis baju berpayet dan atau berenda juga tidak boleh dicuci di mesin cuci. Rotasi mesin cuci akan membuat renda rentan robek dan payet terlepas dari baju. Lebih parahnya lagi, payet yang terlepas berisiko menghambat kinerja mesin cuci. Sebaiknya baju berpayet dan berenda dicuci dengan tangan agar kondisinya lebih awet dan tidak cepat rusak.

Baju Bahan Wol

Pakaian yang tidak boleh dicuci di mesin cuci berikutnya adalah baju berbahan wol. Mencuci baju bahan wol menggunakan mesin cuci berisiko membuat teksturnya mengalami penyusutan atau melar. Kalau Anda ingin pakaian wol kesayangan senantiasa awet, luangkan waktu untuk mencucinya dengan tangan lalu keringkan di tempat teduh tanpa digantung.

Pakaian Olahraga

Beberapa jenis pakaian olahraga seperti baju renang dan jersey juga tergolong baju yang tidak boleh dicuci di mesin cuci. Rotasi mesin cuci bisa menyebabkan tekstur baju mudah melar. Bahkan, baju olahraga dengan warna mencolok juga rentan luntur bila dicuci menggunakan mesin cuci. Solusinya, pakaian olahraga wajib dicuci dengan tangan sesaat setelah digunakan supaya kembali bersih dan tekstur serta warnanya tahan lama.

Baju yang Terkena Bulu Hewan

Bulu hewan yang menempel pada baju hingga sulit dibersihkan memang menyebalkan. Namun, bukan berarti Anda boleh langsung memasukkan baju tersebut ke mesin cuci. Sebab bulu hewan yang basah dan menggumpal rentan mengotori pakaian lain, menempel di drum mesin cuci, atau menyumbat saluran pembuangan mesin cuci. Anda patut membersihkan bulu-bulu hewan yang menempel pada pakaian sebelum mencucinya dengan mesin cuci.

Pakaian Dalam (Bra)

Jika hingga saat ini Anda masih terbiasa mencuci bra menggunakan mesin cuci, sebaiknya Anda segera menghilangkan kebiasaan tersebut. Mencuci bra dengan mesin cuci dapat membuatnya cepat melar dan rusak. Selain itu, kaitan bra juga berisiko merobek pakaian lain atau merusak bagian dalam drum mesin cuci. Anda hanya perlu mencuci bra dengan tangan untuk membuatnya bersih maksimal.

Sebaiknya Anda teliti membaca label pada pakaian sebelum mencucinya dengan mesin cuci. Kecermatan Anda akan membuat setiap jenis baju tetap awet dan tahan lama karena dicuci dengan metode yang tepat. Kalau saat ini Anda sedang mencari mesin cuci berkualitas untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, seri mesin cuci bukaan atas (top load) AQW-810DD(G) dari Aqua Japan bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

Tipe mesin cuci top load Aqua Japan ini memiliki beberapa fitur istimewa sebagai berikut:

Pillow Drum: Drum kreatif berbentuk bantal yang berfungsi merawat kain dan menghindari keausan pakaian. Lubang kecil berdiameter 2.2mm di antara tonjolan bantal juga mengurangi abrasi dan memberikan perawatan untuk pakaian yang paling lembut.

Tempered Glass Lid: desain tutup kaca berkualitas tinggi yang dikeraskan yang membuat penampilan dan daya tahan mesin cuci jadi sangat baik dan masa pakainya lebih lama.

Soft Closing Door: Tutup atas menutup perlahan dan lembut mendukung perawatan terbaik bagi mesin cuci sekaligus mengurangi potensi risiko jari terjepit secara tidak sengaja.

Low Water Pressure: proses pencucian tidak berhenti karena tekanan air rendah karena mesin cuci ini dilengkapi teknologi Near Zero Pressure yang bekerja hingga tekanan air 0,01 Mpa. Fitur ini merupakan solusi ideal untuk orang yang tinggal di apartemen bertingkat tinggi dengan tekanan air rendah atau di rumah dengan ketinggian tangki penyimpanan rendah.

Power Off Memory: Saat proses pencucian berhenti karena listrik mati, nantinya mesin cuci akan menyala kembali secara otomatis dari posisi berhenti dan menyesuaikan proses selanjutnya.

Rekomendasi mesin cuci top load AQW-810DD(G) dari Aqua Japan siap meringankan pekerjaan rumah tangga sehingga Anda lebih hemat waktu dan tenaga. Mencuci pakaian jadi makin mudah dan menyenangkan dengan mesin cuci berkualitas pilihan Anda.

AQUA JAPAN PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA JAPAN Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003

EMAIL

custcare@haier.co.id