Kenali Ciri Freon Kulkas Bocor, Bahaya Jika Terhirup

Kehidupan keluarga yang bahagia dimulai dari dapur yang sehat. Karena dapur yang sehat dapat menghasilkan makanan bergizi sehingga keluarga senantiasa sehat dan bahagia. Oleh sebab itu, Anda harus telaten menjaga kesegaran bahan makanan. Salah satu caranya yaitu dengan mengandalkan kulkas untuk menyimpan berbagai macam bahan makanan. Masalah kulkas pun tidak boleh disepelekan dan harus segera diatasi agar tidak mengganggu persediaan bahan makanan Anda, termasuk urusan freon kulkas bocor yang tak boleh dianggap remeh karena dapat berbahaya bagi kesehatan keluarga.

Mengenal Freon dan Tekanan Freon Kulkas yang Ideal

Freon atau refrigerant merupakan senyawa kimia yang berfungsi menyerap panas sehingga membuat suhu (ruangan maupun bagian dalam kulkas) menjadi lebih dingin. Pada umumnya, kulkas menggunakan freon jenis R134a yang bersifat stabil, tidak berbau, dan tidak mudah terbakar.

Pada umumnya, tekanan freon kulkas 1 pintu pada batas normal sama dengan tekanan freon kulkas 2 pintu, yaitu 10 psi. Kondisi kulkas yang mati biasanya membuat tekanan freon menjadi lebih rendah. Pemeriksaan tekanan freon membutuhkan peralatan khusus dan hanya bisa dilakukan oleh teknisi profesional.

Mengenal Ciri-Ciri Freon Kulkas Bocor

Meskipun freon adalah gas yang tidak berbau dan tidak berwarna, kebocoran freon kulkas biasanya dapat diketahui dan diwaspadai melalui beberapa ciri seperti berikut ini:

  • Kulkas menjadi tidak dingin bahkan isinya terasa hangat.
  • Isi kulkas berbau tidak sedap.
  • Freezer jadi tidak dingin dan isinya mencair.
  • Kulkas mengeluarkan suara berisik.
  • Fan atau dinamo kulkas berputar terus-menerus karena temperatur kulkas tidak stabil.
  • Kompresor kulkas cepat panas dan mati. Biasanya ciri ini disebabkan relay PTC putus atau overload agar kompresor terlindung dari panas berlebihan.
  • Tagihan listrik membengkak karena komponen kulkas bekerja lebih keras untuk mendinginkan temperaturnya saat freon bocor.

Penyebab Freon Kulkas Bocor

Hal utama yang menjadi penyebab freon kulkas bocor adalah kerusakan pada evaporator sehingga fungsinya terganggu. Evaporator merupakan komponen kulkas yang melapisi bagian dalam freezer pada kulkas satu pintu. Biasanya kerusakan evaporator rentan terjadi bila Anda sering membersihkan kulkas menggunakan benda tajam. Jika evaporator rusak, freon akan bocor dan mengalir keluar. Tekanan freon dalam kulkas akan berkurang sehingga tidak mampu mendinginkan temperatur kulkas secara maksimal.

Selain kerusakan evaporator, penyumbatan saluran juga bisa menjadi penyebab freon kulkas bocor. Akibatnya, freon tidak dapat membuat temperatur kulkas jadi dingin meskipun sudah lama dinyalakan. Sama seperti gangguan pada evaporator, penyumbatan saluran freon juga wajib segera diatasi agar tidak menimbulkan kerusakan kulkas yang lebih parah.

Bahaya Freon Kulkas Bagi Kesehatan

Masalah freon kulkas bocor ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan bahkan bisa berakibat fatal. Wujud freon yang tidak berbau dan tidak berwarna membuat kebocorannya jadi sulit dideteksi. Anda harus ekstra waspada bila kulkas sudah menunjukkan ciri-ciri kebocoran freon diiringi dengan beberapa gejala berikut ini:

Gejala Keracunan Freon Tingkat Ringan:
  • Sakit kepala.
  • Mual dan muntah.
  • Mata, telinga, dan tenggorokan mengalami iritasi.
  • Radang dingin (frostbite) yang menyebabkan kulit memerah, terasa keras, melepuh, dan mati rasa.
  • Timbul luka bakar pada kulit.
Gejala Keracunan Freon Tingkat Parah:
  • Sensasi terbakar pada kerongkongan.
  • Sulit bernapas.
  • Detak jantung tidak teratur.
  • Kejang.
  • Terjadi penumpukan cairan dan pendarahan pada paru-paru.
  • Muntah darah.
  • Penurunan kesadaran.

Orang yang mengalami keracunan freon membutuhkan pertolongan pertama berupa pemberian oksigen melalui tabung pernapasan. Selain itu, masalah keracunan juga membutuhkan obat-obatan untuk meringankan gejala, tindakan lavage lambung (memasukkan tabung ke dalam perut untuk membilas dan mengosongkannya), dan operasi pengangkatan jaringan kulit yang rusak.

Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Freon Kulkas Bocor?

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah freon kulkas bocor adalah menemukan penyebabnya terlebih dahulu. Gunakan jasa teknisi profesional untuk mengidentifikasi penyebab freon kulkas bocor, misalnya akibat kerusakan evaporator atau saluran tersumbat.

Kerusakan komponen kulkas tersebut harus diatasi sebelum melakukan pengisian freon sehingga kebocoran tidak terjadi lagi. Selanjutnya, Anda harus sigap mengenali gejala kerusakan kulkas sekecil apapun supaya bisa lekas ditanggulangi secara cepat, termasuk jika kebocoran freon kembali terjadi.

Jika Anda berniat mengganti kulkas dalam waktu dekat agar tak kerepotan lagi mengatasi masalah freon bocor, kulkas Side By Side AQR-605IM(GB) dari Aqua Japan bisa jadi pilihan terbaik. Tipe kulkas modern ini memiliki beberapa fitur unggulan yang bermanfaat bagi Anda sekeluarga, yaitu:

Anti Bacterial Metal Odor: terbuat dari bahan khusus sehingga bakteri sulit berkembang bahkan hilang meskipun pintu kulkas dipegang berulang-ulang.

HCS – Humidity & Dry Zone: membran tanaman ekologis di Moist Zone yang dapat mengontrol 90% kelembaban laci kulkas sehingga kelembapan alami sayuran buah-buahan tetap terjaga dan kesegarannya bertahan lebih lama. Sementara itu, Dry Zone memiliki saluran keluar udara independen yang dapat menghilangkan kelebihan uap air sehingga kelembapan terkontrol 45% lebih baik membuat penyimpanan makanan kering makin tahan lama.

Deo Fresh: menyerap aroma tidak sedap sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri sehingga kesegaran makanan tetap terjaga dan aman dikonsumsi.

Precise Multi Flow: mendeteksi dan mendistribusikan udara dingin dengan tepat ke setiap lapisan lemari es sekaligus menghemat konsumsi energi.

900 Auto Suspension: pintu lemari es dapat dibuka hingga 900 tanpa perlu dipegang sehingga tangan bebas mengambil makanan.

Digital Temperature Control: Anda dapat mengatur suhu pada layar sentuh dengan mudah melalui panel LED.

Big Capacity: kapasitas kulkas cukup untuk menyimpan persediaan makanan untuk keluarga hingga satu minggu.

Adjustable Shelves: rak dapat disesuaikan dengan mudah untuk memuat barang berukuran besar.

Cold LED: penerangan dingin yang menghasilkan sedikit panas tanpa variasi suhu saat menyala. Teknologi ini juga sangat efektif menerangi setiap sudut kulkas.

Twist Ice Maker: mesin pembuat es batu yang tersedia sepanjang waktu sehingga Anda bisa menikmati minuman dingin sesering mungkin.

Twin Inverter: membuat kecepatan pendinginan akan lebih optimal sehingga pemakaian listrik lebih stabil dan makin irit.

Seluruh kelebihan kulkas Side By Side AQR-605IM(GB) dari Aqua Japan pasti membuat Anda tak ragu memilihnya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Kulkas berkualitas di rumah akan membuat pemakaian lebih awet dan aman serta mendukung penyimpanan aneka makanan agar tetap segar dan tahan lama.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003