Ketahui Penyebab TV Tidak Bisa Menangkap Siaran Digital

Meski format siaran TV saat ini sudah mulai beralih ke digital, namun, kadang masih muncul gangguan sinyal. TV sudah menyala, tapi ada beberapa channel tidak bisa dibuka dan yang muncul di layar adalah tulisan “tidak ada sinyal”. Kira-kira apa penyebab TV tidak bisa menangkap siaran?

Keluhan tidak ada sinyal itu dialami oleh banyak orang. Jadi, Anda tak perlu khawatir bila pernah mengalaminya.

Walaupun pada praktiknya sudah menggunakan set top box (STB) untuk menangkap sinyal, gangguan sinyal yang membuat TV tidak bisa menangkap siaran digital tetap bisa terjadi.

Penyebab TV Tidak Bisa Menangkap Siaran Digital

Sebelum mengetahui cara memperbaiki TV tidak ada siaran, yuk, simak dulu beberapa hal yang kerap jadi penyebab TV tidak bisa menangkap siaran.

Posisi antena tidak mampu menjangkau sinyal

Perlu diketahui, penggunaan TV digital tetap menggunakan antena. Posisi antena juga bisa menentukan kuat atau lemahnya jangkauan sinyal. Jika posisi atau arah antena belum tepat, maka sinyal yang ditangkap pun tidak kuat.

Kualitas antena kurang mendukung

Kalau antena yang Anda gunakan sudah lama atau usang, kemampuannya menangkap sinyal bisa jadi lemah. Begitu pula dengan antena yang berukuran kecil atau antena dalam.

Ada masalah pada jack

Jack adalah penghubung antara antena dengan STB. Jika rusak—entah karena kotor, berkarat, atau penyok—jack tidak bisa menempel sempurna. Akibatnya, sinyal yang dikirimkan ke STB atau TV digital tidak maksimal sehingga tidak bisa memunculkan gambar di TV.

Selain disebabkan oleh perangkat pendukung yang tidak maksimal, ada lagi penyebab TV tidak bisa menangkap siaran. Gangguan sinyal TV digital bisa juga terjadi karena suatu wilayah belum termasuk ke dalam daerah yang sudah mulai migrasi ke siaran TV digital.

Cara Memperbaiki Siaran TV yang Tidak Ada Sinyal

Migrasi dari siaran TV analog ke digital dimulai pada 30 April dan diharapkan akan tuntas pada 2 November 2022. Selama proses peralihan ini berlangsung, memang diperlukan pemahaman oleh masyarakat mengenai penggunaan perangkat pendukung TV digital.

Selain itu, bisa juga muncul kendala teknis dalam siaran TV digital, seperti pengaruh cuaca, suhu, kontur wilayah, hingga alat dan daya pancar sebaran repeater. Hal ini karena siaran TV digital dipancarkan melalui frekuensi.

Apakah ini artinya kegiatan menonton siaran TV digital akan selalu bermasalah? Tentu tidak! Supaya Anda dapat menikmati tayangan TV digital secara maksimal, lakukan cara memperbaiki siaran TV yang tidak ada sinyal seperti berikut ini.

Cari arah antena yang paling bagus

Anda bisa memutar-mutar antena untuk mengetahui arah antena paling bagus untuk menangkap sinyal. Selain itu, hindari meletakkan atau memasang antena di dekat antena digital lainnya. Hal ini bisa menyebabkan salah satu antena kesulitan atau gagal menangkap sinyal karena kalah kuat dengan antena lainnya.

Gunakan antena yang berkualitas baik

Cara memperbaiki TV tidak ada siaran yang kedua adalah dengan menggunakan antena yang memang secara khusus dapat mendukung siaran digital. Pastikan juga kabel antena yang digunakan masih dalam kondisi baik dan tidak ada kerusakan.

Selain itu, jika di sekitar rumah Anda terdapat bangunan atau pohon tinggi, dianjurkan untuk menggunakan antena luar (antena PF). Antena jenis ini disebut memiliki kualitas dan kemampuan menangkap sinyal TV digital lebih baik.

Televisi LE32AQT9200M: Kepuasan Menonton TV Tanpa Batas

Guna bersiap menghadapi peralihan siaran TV dari analog ke digital, mau tak mau, Anda harus menggunakan TV digital. Pastikan Anda membeli smart TV yang bisa memberikan kepuasan menonton TV tanpa batas, seperti Televisi LE32AQT9200M persembahan dari AQUA Elektronik.

Televisi LE32AQT9200M sangat cocok untuk mendapatkan pengalaman menonton siaran digital yang optimal. Televisi ini dilengkapi Digital Satelit Tuner (DVB-T/C+T2+S2) yang akan memudahkan Anda menikmati berbagai siaran televisi melalui jaringan digital satelit.

TV layar datar 32 inci ini memiliki resolusi HD (1280 x 720)P sehingga dapat menampilkan gambar lebih tajam dan jernih agar mata Anda tidak cepat letih. Televisi LE32AQT9200M juga memiliki berbagai fitur berkualitas, seperti Miracast yang dapat menghubungkan smartphone dengan TV melalui smart view/smart connect tanpa sambungan kabel atau koneksi internet. Ada juga HDMI Port 2 untuk menghubungkan TV dengan berbagai perangkat elektronik lain yang Anda miliki.

Kunjungi Official Store AQUA Elektronik dan segera miliki televisi LE32AQT9200M untuk kepuasan menonton siaran digital tanpa batas!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003