Bikin Tak Nyaman, Ini Cara Menghilangkan Semut di TV LED

Sedang asyik menonton TV, tiba-tiba layar jadi bersemut? Rasanya tentu mengganggu dan tidak nyaman. Keseruan menonton TV jadi terganggu. Sebelum mengetahui cara menghilangkan semut di TV LED, Anda perlu tahu dulu kenapa layar TV LED bisa jadi bersemut.

Sebenarnya, masalah TV bersemut bukan hal baru. Pada pemakaian TV analog pun, masalah ini juga bisa muncul.

Lalu, mengapa gangguan semut bisa terjadi juga pada TV LED? Berikut beberapa kemungkinan penyebabnya.

  • Sinyal yang diterima oleh TV kurang kuat, sehingga kualitas gambar yang ditampilkan pun tidak bagus.
  • Pemasangan kabel HDMI tidak pas atau kualitas kabel sudah jelek. Hal ini bisa berakibat pada visual yang ditampilkan ke TV digital jadi tidak jernih.
  • Kondisi TV LED kurang baik. Kalau usia TV Anda sudah cukup lama, bisa saja menyebabkan masalah layar TV yang buram bersemut. Untuk mengecek kondisi TV LED, Anda dapat memanggil teknisi atau membawa TV ke tempat servis TV.

Begini Cara Menghilangkan Semut di TV LED

Munculnya semut pada layar TV tidak hanya mengganggu pandangan, tapi juga suara yang berisik. Jika suatu saat Anda mengalami masalah muncul semut di TV LED, lakukan langkah-langkah berikut untuk mengatasinya.

Cek sambungan kabel HDMI

Jika layar terlihat buram ketika Anda tengah menghubungkan laptop ke TV, kemungkinan ada masalah pada sambungan kabel HDMI. Kadang, pemasangan kabel HDMI bisa jadi tidak pas atau longgar sehingga menyebabkan gambar di layar TV jadi buram dan tidak jernih. Selain mengecek sambungan HDMI ke TV, Anda juga perlu mengecek sambungan HDMI ke laptop dan pastikan kabelnya sudah terpasang dengan benar.

Ganti kabel HDMI

Bila kabel HDMI sudah terpasang dengan benar, tapi layar TV LED masih buram, kemungkinan besar kabel tersebut bermasalah. Mungkin kabel sudah lama atau muncul karat sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik lagi. Bila ini yang terjadi, cara menghilangkan semut di TV LED adalah dengan mengganti kabel HDMI lama dengan yang baru.

Cek sambungan antena

Anda menggunakan sambungan antena untuk menampilkan gambar di TV LED? Coba cek apakah sambungan antena sudah terpasang dengan baik dan tidak longgar. Jika sambungan antena sudah kencang, semestinya gambar yang muncul di layar TV sudah jernih.

Pindah posisi antena

Posisi antena luar juga turut menentukan kualitas gambar TV digital. Kadang, antena tidak bisa menangkap sinyal dengan baik karena terhalang tembok tinggi di sekitarnya. Jika layar TV bersemut, coba pindahkan antena ke lokasi yang lebih tinggi dan arahkan menghadap ke tower BTS (Base Transceiver Station) agar mampu menangkap sinyal dengan lebih baik.

Tambah penguat sinyal

Anda sudah melakukan berbagai cara mengatasi TV bersemut, tapi layar TV tetap buram? Mungkin masalahnya terletak pada sinyal yang ditangkap memang kurang bagus. Sebagian besar penyebab layar TV bersemut adalah sinyal yang lemah.

Jika keadaannya seperti itu, Anda bisa menggunakan penguat sinyal seperti booster. Alat ini mampu memperkuat jangkauan antena agar dapat menangkap sinyal dengan mudah, meski terhalang tembok. Booster bisa digunakan untuk TV digital maupun analog.

Itulah beberapa cara yang bisa dicoba untuk menghilangkan semut di layar TV LED. Setelah mengetahui tips cara mengatasi tv bersemut, Anda tidak perlu cemas lagi dengan terganggunya kenyamanan menonton dengan TV LED.

Televisi LE40AQT6300FA Dilengkapi Fitur Khusus untuk Kenyamanan Menonton Siaran TV Digital

Bagi Anda yang sudah saatnya mengganti TV, Anda bisa memilih Smart TV terbaik yang bisa memberikan Anda pengalaman menonton yang nyaman. Terlebih, saat ini telah memasuki era TV digital.

Salah satu yang bisa Anda pilih adalah Smart TV LE40AQT6300FA persembahan dari AQUA Elektronik yang dilengkapi fitur khusus untuk mendukung kenyamanan menonton siaran TV digital. TV 40 inci ini memiliki fitur pintar yang hadir untuk menemani momen-momen berharga di ruang keluarga.

Dengan fitur Digital Terrestrial Tuner (DVB T/C+T2), TV akan menampilkan siaran digital dengan gambar tanpa bintik dan bayangan sehingga Anda dapat menonton dengan lebih nyaman. Ada juga fitur Auto Volume Leveler (AVL) yang akan menyesuaikan volume suara TV Anda ke volume yang pas.

TV ini mempunyai beragam konten dan aplikasi yang Anda bisa nikmati, sekaligus berbagai tayangan stasiun TV yang menerapkan siaran digital. Full High Definition resolution (1920 x 1080)P mampu menampilkan gambar dengan tingkat ketajaman yang membuat Anda menonton lebih nyaman.

Ayo, kunjungi Official Store AQUA Elektronik untuk mendapatkan TV LE40AQT6300FA sekarang juga!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003